Google doodles Today

Status
Not open for further replies.
tadi pagi emang kaget juga liatin google yg beda dengan biasanya >8o

kira-kira, nada yg kita buat dalam piano 'portable' dalam om google bisa diliat gk ya hasilnya >:l
 
Hari ini Google memperingati ulang tahun Peter Carl Faberge yang ke 166 dengan memasang doodle dengan logo easter egg Faberge.

doodl10.jpg

Peter Carl Fabergé adalah pengrajin telur Paskah Faberge, yaitu telur Paskah (easter egg) yang terbuat dari logam mulia (emas) dan batu permata.

Easter Egg berasal dari tradisi kesuburan kaum Eropa dimana telur merupakan simbol musim semi. Di masa silam, di Persia, orang biasa saling menghadiahkan telur pada saat perayaan musim semi, yang bagi mereka juga menandakan dimulainya tahun yang baru.

Pada abad pertama kekristenan, tradisi ini sulit dihapus karena hari Paskah memang kebetulan jatuh pada setiap awal musim semi. Perayaan musim semi selalu dirayakan dengan meriah mengiringi kegembiraan meninggalkan musim dingin. Tumbuh-tumbuhan dan bunga mulai tumbuh dan bermekaran, dan suasana keceriaan seperti ini menjadi saat yang tepat untuk membagi-bagikan hadiah.

Membagikan telur pada hari Paskah akhirnya diterima oleh gereja selain untuk merayakan datangnya musim semi, juga karena telur memberikan gambaran/simbol akan adanya kehidupan. Dalam Kristen, telur mendapatkan makna religius, yaitu sebagai simbol makam batu dimana Yesus keluar menyongsong hidup baru melalui kebangkitan-Nya. Selain itu ada alasan yang sangat praktis menjadikan telur sebagai tanda istimewa Paskah, yaitu karena dulu telur merupakan salah satu makanan pantang selama Masa Prapaskah. Umat Kristen sejak awal telah mewarnai telur-telur Paskah dengan warna-warna cerah, meminta berkat atasnya, menyantapnya, serta memberikannya kepada teman dan sahabat sebagai hadiah Paskah.

Tradisi telur Paskah berkembang di antara bangsa Eropa Utara dan di Amerika Serikat. Namun di Eropa Selatan dan juga di Amerika Selatan, tradisi telur Paskah tidak pernah populer.


sumber: google/ideini
 
googl10.jpg

Mesin Turing Jadi Logo Google Doodle Hari Ini

Bila anda masih berkesempatan melihat di hari Sabtu ini (23/6), silahkan intip Google Doodle di google.com. Sebuah rangkaian animasi dengan kode binari 1 dan 0 membuatnya menjadi pusat perhatian, membuat orang malah tidak beranjak untuk melakukan pencarian.

Google hari ini menampilkan animasi dari mesin Turing, dalam penghormatan 100 tahun kelahiran Alan Turing, 23 Juni 1912, penemu mesin ini yang sekaligus matematikawan, ahli kriptologi dan ilmuwan komputer.

Mesin Turing merupakan model komputasi teoritis ideal yang diciptakan Alan Turinguntuk melakukan perhitungan matematis. Mesin ini membangun model ideal untuk menentukan apakah suatu fungsi dapat diselesaikan oleh komputer atau tidak, meskipun saat itu belum ada sebuah komputer

ini diperkenalkan sebelum komputer nyata dibangun, model ini tetap diterima kalangan ilmu komputer sebagai model komputer yang sesuai untuk menentukan apakah suatu fungsi dapat selesaikan oleh komputer atau tidak (menentukan computable function). Mesin Turing dikenal dengan ungkapan "Apapun yang bisa dilakukan oleh Mesin Turing pasti bisa dilakukan oleh komputer."

Seperti dalam animasi Google Doodle, mesin turing terdiri atas barisan sel atau kotak tersusun berupa pita yang dapat bergerak maju mundur, komponen aktif baca/tulis pita yang memiliki status perhitungan serta dapat mengubah/menulisi sel aktif yang ada di pita tadi, dan suatu kumpulan instruksi bagaimana komponen baca/tulis ini harus melakukan modifikasi terhadap sel aktif pada pita, serta bagaimana menggerakkan pita tersebut.

Pada setiap langkah dalam komputasi, mesin ini akan dapat mengubah isi dari sel yang aktif, mengubah status dari komponen baca/tulis, dan mengubah posisi pita kekiri atau kekanan.



source: rri.co.id
 
Gustav Klimt, Pelukis Simbolisme Wanita di Logo Google Hari Ini

googz10.jpg

Gustav Klimt's 150th Birthday - Hari ini Google kembali tampil dengan logo unik untuk memperingati 150 tahun kelahiran Pelukis Simbolisme Wanita Gustav Klimt.

Gustav Klimt (14 Juli 1862 - 6 Februari 1918) adalah seorang pelukis Austria beraliran simbolisme. Ia adalah salah satu anggota paling terkenal dari gerakan Art Nouveau Wina (Vienna Secession).

Karya-karya besarnya termasuk lukisan, mural, sketsa, dan obyek-obyek seni lainnya, sebagian besar dipajang di Vienna Secession gallery.

Subyek utama Klimt adalah tubuh wanita, dan karya-karyanya diwarnai erotisme. Gambar-gambarnya dengan pensil, yang berjumlah sangat banyak, dianggap sebagai peninggalan terbaiknya.

599px-Gustav_Klimt_046.jpg

Lukisan karya Gustav Klimt yang berjudul Adele Bloch-Bauer terjual seharga 135 juta dolar Amerika pada tahun 1996. Lukisan tersebut terbuat dari perpaduan cat minyak dan lapisan emas dengan kombinasi silver foil. Saat ini potret Adele Bloch-Bauer tersimpan di Neue Galerie kota New York.


sumber: google/servimg/amriawan.blogspot
 
kalo diliat sesaat, doodlenya om google malah gk keliatan seninya ...
yg ada malah seperti barcode alien jadinya :))
 
Arti Logo Google Hari Ini 24 Juli 2012

earhar10.jpg

Google Doodle merupakan sebuah apresiasi kepada para tokoh-tokoh dunia yang telah berjasa membuat sebuah penemuan atau melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang-orang tentunya berguna bagi kehidupan umat manusia. Biasanya Google Doodle merayakan tokoh-tokoh pada hari ulang tahunnya, biasanya ditempatkan di homepage Google. Gambar Google Doodle biasanya berkaitan dengan karya-karya tokoh yang dirayakan tersebut, seperti ulang tahun Amelia Earhart ini. Amelia Earhart merayakan ulang tahun ke 115 hari ini (24/7), dan ulang tahunnya juga dirayakan oleh Google di homepage Google. Di homepage Google pada hari ini, 24 Juli 2012, Google merayakan ulang tahun Amelia Earhart dengan gambar doodle sebuah pesawat terbang Lockheed Vega 5b yang disampingnya berdiri Amelia Earhart.

Siapa sih Amelia Earhart itu? Apakah dia seorang penerbang pesawat? Itu benar sekali. Amelia Earhart adalah seorang penerbang pesawat wanita pertama di dunia dan juga dia adalah penerbang wanita pertama yang melakukan terbang sendirian atau solo melewati Samudera Atlantik. Karena itulah ia juga adalah wanita pertama yang mendapatkan penghargaan Distinguished Flying Cross. Amelia Earhart lahir di Atchison, Kansas, Amerika Serikat pada tanggal 24 Juli 1897 dari pasangan Samuel "Edwin" Stanton Earhart dan Amelia Otis Earthart. Kematiannya tidak diketahui, dia diketahui menghilang pada tanggal 2 Juli 1937 di perairan Samudera Pasifik di dekat pulau Howland dan dinyatakan tewas pada tanggal 5 Januari 1939, apakah itu benar?

Karir penerbangan dirinya antara lain yaitu Trans-atlantik tahun 1928, penerbangan Transatlantik 1932, penerbangan Honolulu - Oakland dan penerbangan lainnya. Ia telah menginspirasi semua perempuan di seluruh dunia tentang penerbangan, membuktikan bahwa bukan hanya laki-laki saja yang mampu menerbangkan pesawat kaum perempuan juga bisa.

Hilangnya Earhart
Amelia Earhart dikabarkan menghilang ketika sedang melakukan penerbangan melintasi dunia dengan Fred Noonan di perairan Samudera Pasifik di dekat Pulau Howland pada tanggal 2 Juli 1937 dan dinyatakan tewas pada tanggal 5 Januari 1939, apakah benar Amelia dinyatakan tewas pada tanggal 5 Januari 1939? Itu masih menjadi perdebatan. Ada spekulasi tentang hilangnya Amelia Earhart, antara lain sebagai berikut:

Teori Jatuh dan Tenggelam
Banyak peneliti yang percaya bahwa pesawat Electra kehabisan bahan bakar saat sedang terbang dan jatuh.

Hipotesis Pulau Gardner
Mata-mata Untuk FDR
Konon Earhart melakukan pengintaian kala itu memata-matai Jepang di Kepulauan Pasifik atas permintaan Pemerintahan Franklin Roosevelt. Dan muncul desas desus palsu tentang hilangnya Earhart karena telah ditangkap oleh Jepang, benarkah itu?

Klaim Saipan
Rumor Tokyo Rose/Tokyo Rose Rumor
Rabaul
Menyamar Sebagai Identitas Lain
Belum tahu kebenarannya benar atau tidak bahwa Amelia Earhart selamat sampai ke Amerika Serikat, mengubah hidupnya dan mengganti nama.

Diculik benda Terbang Aneh (BETA)
Orang-orang percaya bahwa Benda Terbang Aneh (BETA) telah menculik Earhart, saat ini tidak tahu apakah itu benar atau cuma bohongan belaka.

Apapun yang terjadi dengan Amelia Earhart, ia telah menciptakan sejarah penerbangan. Yaitu ia adalah penerbang wanita pertama yang terbang sendiri melintasi Samudra Atlantik yang tentunya menginspirasi semua penerbang pesawat perempuan di seluruh dunia.



sumber: investigasiberita/google
 
agak kaget juga liat doodlenya om google >8o

kupikir itu wright bersaudara, ternyata wanita pertama yang mengendalikan pesawat toh :)(
 
Opening Ceremony 2012 July 27 Di Logo Google Hari Ini

openin10.jpg

Olimpiade London 2012 secara resmi dibuka hari ini, 27 Juli sampai 12 Agustus 2012. Google turut memperingati pembukaan Olimpiade 2012 dengan logo spesial Opening Ceremony 2012. Kota London di Inggris telah mengadakan Olimpiade modern sebanyak tiga kali, sebelumnya pada 1908 dan 1948.

London terpilih sebagai kota penyelenggara pada tanggal 6 Juli 2005 pada Pertemuan IOC ke-117 di Singapura, mengalahkan Moskow, New York, Madrid, dan Paris setelah empat putaran pemungutan suara. Pengundian London ini dipimpin oleh mantan juara Olimpiade Sebastian Coe.

Olimpiade ini mendorong dilaksanakannya pembangunan ulang beberapa daerah di London tempat diadakannya pertandingan dengan tema keberlanjutan lingkungan. Meski pertimbangan anggaran menuai sejumlah kritik, Olimpiade ini akan memanfaatkan gelanggang olahraga yang sudah dibangun sebelum undian, termasuk Stadion Wembley, Wembley Arena, Wimbledon All England Club, Lord’s Cricket Ground, The O2 Arena, Earls Court Exhibition Centre, Weymouth and Portland National Sailing Academy, dan Excel Centre.

[ame="http://www.youtube.com/watch?v=qcHJHZRw2VU&feature=player_embedded"]Get ready for the Opening Ceremony - London 2012 - YouTube[/ame]

Olimpiade London 2012 akan menjadi Olimpiade kesepuluh yang memanfaatkan teknologi digital sebagai format rekaman resmi sejak Olimpiade Barcelona 1992. Video internasional resmi akan diproduksi dan didistribusikan dari International Broadcast Centre (IBC) di London Olympic Park, dalam format 1080/50i High-Definition (HD) menggunakan perangkat Panasonic.

Di Indonesia, hak siar Olimpiade 2012 London sudah resmi dipegang oleh TVRI dan RRI. Media sosial juga akan memainkan peran penting dalam Olimpiade. Teknologi daring sedang dikembangkan untuk Olimpiade London 2012 dan YouTube akan menyiarkan Olimpiade ke seluruh dunia sebagai bagian dari persetujuan IOC.


sumber: google/sidomi/youtube
 
London 2012 Archery di Logo Google

olympi10.jpg

London 2012 Archery merupakan olahraga panahan Olimpiade London 2012 yang saat ini sedang berlangsung. Olahraga panahan Olimpiade London 2012 yang dijadwalkan akan diadakan selama jangka waktu delapan hari dari 27 Juli-3 Agustus dimana 128 Atlet akan bersaing memperebutkan medali dalam 4 kategori yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri ini telah mencatatkan sebuah rekor baru.

Atlit Korea Selatan Im Dong-hyun memecahkan dua rekor dunia menakjubkan di babak panahan peringkat pria ini. Im Dong-hyun memecahkan rekornya sendiri dengan 3 poin lebih tinggi (699) dari poin sebelumnya yang ia cetak pada pertandingan 72 anak panah.

Dan rekor kedua dicetak Im Dong-hyun bersama rekan satu timnya, Kim Bubmin dan Oh Jin-Hyek, mereka mendapatkan nilai 2.087, yang menjadi rekor baru bagi tim Korea Selatan pada pertandingan 216 anak panah. Selengkapnya dapat dilihat di sini dan di sini.

Dengan pecahnya rekor panahan Olimpiade London 2012 ini, hari ini Google juga turut merayakannya dengan menampilkan logo atau Google Doodle London 2012 Archery.


sumber: google/peltedabo
 
London 2012 Diving: Olimpiade Loncat Indah Di Google Hari Ini

renang10.jpg

Olimpiade London 2012 diving atau loncat indah dan menyelam menjadi logo google hari ini. Cabang diving akan dilaksanakan mulai hari Minggu 29 Juli sampai dengan 11 Agustus 2012 bertempat di Olympic Park, Aquatics Centre.

Ada empat cabang yang akan dipertandingkan untuk tiap kelas putra dan putri: 3m springboard, platform 10m, springboard beregu 3m dan platform beregu 10m.

Peserta yang akan mengikuti Olimpiade London 2012 Diving berjumlah 136 atlet, terdiri atas 68 putra dan 68 putri. Setiap negara bisa mengikutkan dua atletnya di setiap kelas individu dan satu tim (dua atlet) untuk kelas beregu.

Peserta mengajukan jenis loncatan yang akan diperagakan. Semakin sulit tekniknya, semakin tinggi potensi nilai yang akan diperoleh, apabila dieksekusi dengan benar.

Juri memberikan skor maksimal 10 untuk setiap loncatan, yang akan dikalikan dengan tingkat kesulitan. Dalam kelas beregu, kedua pasangan atlet melakukan loncatan secara bersama-sama yang kemudian dinilai untuk eksekusi dan sinkronisasi / kekompakan mereka.

Ada tujuh orang juri untuk kelas individu dan 11 untuk beregu, masing-masing menilai semua tahap loncatan, termasuk tingkat sinkronisasi. Setiap juri bisa memberikan skor antara 1-10.

Diving dibagi menjadi empat tahap, yaitu posisi awal, lepas landas, teknik penyelaman itu sendiri dan teknik saat masuk ke dalam air. Masing-masing tahap dinilai dengan kriteria tertentu dan pemenangnya adalah yang melakukan loncatan paling sulit dimana setiap tahap dilakukan sesempurna mungkin.

Targetnya adalah untuk masuk (meloncat) ke dalam air secara vertikal dengan percikan sekecil mungkin. Jika seorang penyelam tidak membuat percikan sama sekali, bisa dipastikan skor yang diperoleh akan sangat tinggi. Dalam kelas beregu, dua peserta harus melakukan aksinya dalam harmoni yang sempurna satu sama lain.

Berikut cuplikan video Olimpiade diving untuk kelas platform & springboard




sumber: sidomi/google
 
Last edited:
London 2012 Fencing | Logo Google Hari Ini

fencin10.jpg

London 2012 Anggar Olimpiade menjadi tema dari logo google saat ini. Olimpiade Anggar atau pagar pertandingan yang dilaksanakan pada tanggal 28 to 5 Agustus 2012 berlokasi di gym Excel London. Medali dipertaruhkan dalam London 2012 Fencing dari 10 medali emas. Ada 212 atlet yang berpartisipasi dalam pagar ini, yang terdiri dari 105 pria dan 107 wanita.

Arena untuk permainan yang disebut pagar jalur ski, panjang 14 meter dan lebar 2 meter. Skor disebut sebagai hit di pagar, yang akan diperoleh jika pemain menekan lawan dengan ujung senjata. Ada tiga jenis kelas yang bertanding di pagar itu, Epee, Foil dan Saber. Pemain anggar Epee memungkinkan kedua mencetak hit pada saat yang sama, sedangkan Foil dan Sabre memiliki aturan waktu khusus, yang berarti hanya satu pemain anggar bisa mencetak hit pada suatu waktu. London 2012 Fencing

Olimpiade Anggar London 2012 untuk kelas individu berlangsung selama tiga putaran masing-masing untuk 3 menit, atau sampai satu pemain memiliki 15 hit terhadap lawannya. Pada kelas tim, tim yang terdiri dari tiga pemain anggar yang bersaing dengan lawan-lawan mereka sembilan kali tiga menit untuk setiap putaran, dengan tujuan mengumpulkan maksimal 45 hits ke memenangkan permainan.

Sebuah wasit mengawasi setiap pagar game. Video kamera yang juga sering digunakan untuk memfasilitasi menilai wasit pertandingan. Dua asisten wasit juga dapat membantu untuk mengawasi pelanggaran aturan persaingan di putaran tinggi.


sumber: fokuskita/google
 
London 2012 Artistic Gymnastics Men’s Rings di Google Hari Ini

olympics-rings-2012-hp.jpg

Olimpiade 2012 London cabang senam akrobatik gelang-gelang menjadi tema logo google hari ini. Rings termasuk dalam cabang senam indah atau biasa disebut akrobat. Kelenturan, kekuatan dan keterampilan pesenam Olimpiade telah memukau penonton sejak Olimpiade Yunani kuno.

Olimpiade senam dilaksanakan mulai tanggal 28 Juli sampai dengan 7 Agustus 2012 bertempat di gedung olahraga North Greenwich Arena, London.

Gelang-gelang digantung dengan ketinggian 2,8 meter di atas tanah. Pergerakan harus mencakup ayunan dan handstand untuk menonjolkan kekuatan otot. Kegiatan ini diakhiri dengan turun secara akrobatik.

Format kompetisi Olimpiade Senam indah memiliki empat fase: kualifikasi, final beregu, final umum individu dan final instrumen individu.

Setiap atlet pesenam bersaing di kualifikasi. Delapan tim terbaik kemudian maju ke final beregu, di mana tiga anggota tim bersaing pada tiap peralatan instrumen. Pemenang tim diurutkan berdasarkan peringkat skor total.

24 pesenam terbaik individu (maksimum dua dari masing-masing negara) akan maju ke final umum individu, di mana pesenam bersaing pada semua instrumen (peralatan senam). Delapan pesenam terbaik pada tiap alat (maksimum dua dari masing-masing negara) maju ke final instrumen individu.

Setiap aksi dinilai tingkat kesulitan dan kesempurnaan dalam pelaksanaannya, atlet dengan skor tertinggi akan dinyatakan sebagai pemenang.

Berikut cuplikan video senam akrobat cabang gelang-gelang pada Olimpiade 2008 di Beijing



Meskipun atlet membuatnya terlihat mudah, pesenam membutuhkan kekuatan yang luar biasa, kontrol dan keseimbangan, dikombinasikan dengan kecepatan pada Vault. Para pesenam pemenang kebanyakan mereka yang berani dan ambisius – mencoba gerakan akrobat yang sulit dengan harapan memperoleh nilai yang tinggi apabila dijalankan dengan sempurna.


google
 
London 2012 Hockey: Olimpiade Hoki di Google Hari Ini

field_hockey-2012-hp.jpg

Olimpiade London 2012 Hockey menjadi tema logo google hari ini. Hoki cukup populer di negara bekas jajahan Inggris, seperti India, Australia & Pakistan. Ketiga negara ini merupakan langganan juara Olimpiade Hoki.

Olimpiade Hoki lapangan yang digelar di Riverbank Arena, London ini telah berlangsung dari tanggal 29 Juli sampai dengan 11 Agustus 2012.

Ada 2 medali emas olimpiade yang diperebutkan dalam Olimpiade Hockey London kali ini, satu untuk kategori tim putra dan satu untuk tim hoki putri. Ada 12 tim yang mewakili 12 negara untuk masing-masing kategori.

Satu tim terdiri dari 16 pemain, terdiri dari 11 pemain utama dan 5 pemain cadangan. Tiap negara berhak menyertakan satu tim putra dan satu tim putri untuk bertanding di kelas ini.

Sebelum tahun 1970 an, pertandingan hoki selalu digelar di atas lapangan berumput asli. Namun untuk pertandingan kelas dunia semacam Olimpiade, rumput telah diganti dengan rumput sintetis dengan kandungan air yang cukup untuk memudahkan menggelindingnya bola dengan cepat dan halus.

Ada yang unik pada Olimpiade Hoki kali ini, lapangan tidak berwarna hijau seperti pada umumnya rumput sintetis, namun berwarna biru. Inilah kali pertama Olimpiade Hoki diadakan di atas rumput berwarna biru.

Jalannya pertandingan hoki mirip dengan sepakbola. Bola hoki dipukul dengan tongkat dengan ujung berbentuk kait dengan tujuan membobol gawang lawan sebanyak mungkin. Satu game dimainkan dalam dua babak masing-masing selama 35 menit.

Sebuah tim hoki terdiri dari penyerang, gelandang dan permain bertahan. Tiap tim juga punya satu orang penjaga gawang. Pergantian pemain bisa dilakukan kapanpun, dan pemain bisa diganti berkali-kali, tidak ada batasan khusus.

Hanya saja, untuk melakukan tembakan ke gawang lawan, pemain harus berada di dalam area lingkaran pertahanan lawan.

Berikut cuplikan video pertandingan Hoki antara Britania Raya melawan Australia




sidomi/google
 
Tenis Meja Tampil di Google Doodle Hari Ini.

table_tennis-2012-hp.jpg

Google memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan Olimpiade 2012 di London, Inggris. Hal ini ditunjukan dari tampilan Google Doodle yang selalu berganti setiap harinya dengan tampilan berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Dan hari ini yang terpilih adalah cabang olahraga tenis meja.

Begitu Anda mengakses Google di hari ini, maka gambar dua orang yang sedang bermain tenis meja langsung tampil di monitor Anda.

Tenis meja atau juga dikenal dengan sebutan ping pong bermula pada abad ke-19. Olahraga ini dimainkan para bangsawan Inggris selepas makan malam. Namun sesuai perkembangannya, saat ini tenis meja merupakan salah satu olahraga yang paling banyak dimainkan di dunia.

Pertandingan tenis meja di Olimpiade kali ini mengambil tempat di gedung olahraga Excel, London dan telah berlangsung mulai 28 Juli 2012 hingga 8 Agustus 2012.

Empat medali emas akan diperebutkan pada olimpiade kali ini. Dua untuk tunggal putra dan putri, sedangkan dua emas lagi untuk ganda putra dan putri. Pada Olimpiade 2012, cabang tenis meja diikuti oleh 172 atlet, yang terdiri dari 86 atlet pria dan 86 atlet wanita.

Tenis meja resmi dipertandingkan di olimpiade pada 1988. Sejauh ini atlet-atlet China yang menjadi penguasanya dengan tak pernah absen meraih medali emas di setiap penyelenggaraan olimpiade.


inilah/google
 
Julia Child, master masakan Prancis hiasi halaman Google

Julia_Child-2012-hp.jpg

Pasti banyak orang yang tidak mengenal Julia Child. Sosok ibu ini adalah seorang pembawa acara masak di televisi Amerika Serikat. Namun kenapa Google mempersilakannya mengisi Google Doodle hari ini (15/08)?

Seperti yang tertulis dalam Wikipedia, Julia Child adalah seorang tukang masak dari Amerika Serikat, penulis dan orang pertelevisian. Dia lahir pada tahun 15 Agustus 1912 di Pasadena, California. Dengan tubuh yang jangkung, pada masa mudanya, Julia senang bermain tenis, golf dan basket.

Pada tahun 1934, Julia lulus dari Smith College dengan gelar sarjana bahasa Inggris, namun pada tahun 2004 lalu, pihak universitasnya mengungkapkan bahwa ternyata gelar Julia yang sebenarnya adalah sarjana sejarah. Setelah lulus, dia pindah ke New York dan bekerja sebagai copywriter di perusahaan iklan.

Selama 3 tahun merantau, akhirnya Julia memutuskan untuk kembali ke California pada tahun 1937 dan menghabiskan waktunya selama 4 tahun sebagai penulis, bekerja di perusahaan iklan lokal dan menjadi sukarelawan.

Pada saat pecah perang dunia kedua, Julia bekerja di Office of Strategic Services (OSS). Di tempat tersebut Julia bertemu dengan Paul Cushing dan menikah dengannya pada tanggal 1 September 1946. Setelah menikah, Julia dan Cushing berpindah tempat tinggal beberapa kali, mulai dari Washington, New Jersey sampai akhirnya dia menetapkan untuk tinggal di Paris, Prancis.

Di Paris, Julia ikut kursus memasak di Le Cordon Bleu selama enam bulan. Dengan gemblengan guru masaknya Max Bugnard, Julia akhirnya menguasai cara memasak masakan Prancis. Setelah itu, Julia kembali bergabung dengan klub masak khusus wanita bernama Cercle des Gourmettes. Di tempat tersebut dia bertemu Simone Beck yang diketahui sebagai penulis buku cara memasak masakan Prancis yang disesuaikan dengan lidah orang Amerika. Akhirnya, Julia dan temannya Louisette Bertholle beserta Beck bekerja sama untuk membuat buku panduan memasak masakan Prancis.

Dengan berbekal kemampuannya memasak masakan Prancis, buku panduan hasil karyanya dengan dua orang rekannya tersebut beredar sampai menembus jilid dua karena laris di pasaran. Julia mendapatkan USD 750 untuk lisensi resep masakannya. Bukunya tersebut menjadi buku panduan memasak dengan kategori bestselling selama 5 tahun setelah dipublikasikan dan menjadi panduan standard bagi komunitas kuliner.

Tidak berhenti sebagai penulis saja, Julia juga mempublikasikan bukunya tersebut di publik Boston melalui acara televisi. Dikarenakan cara membawakan acaranya sangat hangat dan penuh humor, acara masak Julia tersebut langsung melejit dan menduduki top rating televisi pada saat itu. Sebelumnya, Julia meminta bantuan pihak televisi untuk publikasi hasil karyanya, setelah terkenal, dia banyak ditawari kerjasama oleh beberapa stasiun televisi di Amerika Serikat.

Acara-acara yang dibawakannya antara lain Mastering the Art of French Cooking, Good Morning, America (1970-an - 1980-an), Julia Child and Company (1978), Julia Child and More Company (1980) dan Dinner at Julia's (1983). Karena bakat dan ketenarannya tersebut, Julia dianugerahi George Foster Peabody Award di tahun 1964 dan Emmy Award pada tahun 1966.

Dia menjadi satu-satunya wanita Amerika Serikat pertama yang membawakan acara masak dengan total 206 episode. Selama 40 tahun berkecimpung dalam dunia masakan Prancis, namanya identik dengan makanan sehat dan menjadi tokoh masak paling terkenal sampai saat ini. Julia meninggal pada bulan Agustus 2004 karena penyakit gagal ginjal yang dia derita.

Karena dedikasinya terhadap dunia masak dan masakan sehat tersebut, Google akhirnya memutuskan untuk mengangkat tema Julia Child sebagai penghias Google Doodle hari ini atau hari ulang tahun Julia yang ke 100. [merdeka - google]


.
 
wah kalau misa ga terlalu tau sama ibu ini, hmm kalau ngeliat fotonya mungkin tampak ga asing kali ya

doodle hri ini keren juga :)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top