kontroversi kitab samuel vs tawarikh

Mrs_Sumart1

New member
Anda dapat membaca bahwa pengarang kitab Tawarikh (Paralipomenon) dan kitab Samuel memberikan cerita yang sama kepada kita, yakni kisah nabi Daud diperintah untuk menghitung orang Israel. Coba tebak, siapakah yang memberi perintah itu?

Pengarang kitab II Samuel pasal 24:1 menjelaskan yang memerintah Daud adalah Tuhan. Tetapi, menurut kitab I Tawarikh pasal 21:1, yang memerintah Daud adalah Iblis. Bagaimana mungkin.

Tuhan yang menjadi sumber dari kitab suci itu memberikan keterangan yang saling bertentangan? Sekarang saya bertanya, setelah Anda membaca kedua kitab itu, siapakah yang memberikan perintah kepada nabi Daud, apakah Tuhan ataukah Iblis? Dalam agama apakah Tuhan disinonimkanm dengan Iblis? Saya tidak membicarakan ? Setanisme? , sebuah aliran sesat yang tumbuh dilingkungan Kristen yang berkumpul dan memuja Setan. Kalangan Kristen sangat senang dan sering memunculkan isme-isme dalam ajaran mereka. Seperti Ateisme, Komunisme, Fascisme, Totalitariansme, Nazisme, dan lain-lain. Entah isme apalagi yang sedang dipersiapkan oleh para pakar Kristen dewasa ini.

Bible membicarakan dirinya menjadi sasaran empuk kesalahan penafsiran terus-menerus. Lihatlah teriakan mereka sebagaimana yang termuat dalam majalah Kristen Amerika The Plain Truth yang beroplah 8.000.000 eksemplar edisi 1975 dengan judul ?The Bible, Wold's Most Controversial Book?. Sesumbar mereka berbunyi sebagai berikut :

?Some claim and rightly so, that Biblical passages have been continuosly misused and misappropriated to justify almost every evil known to man.? (Beberapa pernyataan yang juga punya dasar, ayat-ayat Bible telah salah digunakan dan disalhtafsirkan secara terus-menerus untuk membenarkan hampir setiap kejahatan yang dilakukan oleh manusia.)

Sekarang Anda saya ajak untuk membanding kedua kitab yang menceritakan kejadian yang sama, tetapi pengertian menjadi rancu. Simaklah dan telitilah dengan cermat buyi dua ayat dibawah ini :

Iblis memerintah Daud
?Iblis bangkit melawan orang Israel dan ia membujuk Daud untuk menghitung orang Israel.? (I Tawarikh 21:1)

Tuhan memerintah Daud
?Bangkitlah pula murka TUHAN terhadap orang Israel; Ia menghasut Daud melawan mereka, firman-Nya: "Pergilah, hitunglah orang Israel dan orang Yehuda." (II Samuel 24:1)
 
Back
Top