upaya sistematik pemikir Muslim untuk meng-Kristen-kan Islam??

Status
Not open for further replies.

Mrs_Sumart1

New member
Memasuki awal abad duapuluh, para pemikir, filosof, dan teolog Kristen di Barat mulai terlibat secara intens mendiskusikan sekularisasi dan sekularisme dan impak yang ditimbulkanya terhadap agama Kriten. Para cerdik pandai tersebut mulai merangka konsep dan ide yang dapat membolehkan mereka untuk menyerap dan menerima sekularisasi sebagai bagian ajaran Kristen. Hal ini terpaksa mereka lakukan untuk dapat menjadikan Kristen tetap relevan dengan perkembangan zaman, tidak tergilas dengan waktu. Sejak saat itu mulailah bermunculan beberapa pandangan “aneh? seperti yang diusung oleh Rudolf Baltmann dengan ide ?demitologisasi? Perjanjian Baru.

Melalui karyanya Systematic Tehology, Paul Tillich, seorang teolog Amerika, juga mengkempanyekan hal yang sama, yang kemudian mendapat afirmasi dari tokoh lain seperti Friedrich Gogarten. Sejak saat itu, perkataan ?teologi secular? atau ?Kristen Sekular? pun mulai bergulir.

Proses sekularisasi Kristen ini sepertinya mengalami titik kulminasinya ditangan Harvey Cox. Lewat karya intelektual yang diterbitkannya pada tahun 1965, yang penjualannya sampai saat ini mencecah hampir juta eksamplar, dan telah menimbulkan perdebatan sengit dikalangan para teolog dan pemikir Kristen, bahkan Paus Paul VI-pun terpaksa menyempatkan diri untuk membacanya, Cox telah mencoba melakukan sebuah ?revolusi? pemikiran teologi Kristen secara besar-besaran dengan memberikan justifikasi teologis dan filosofis atas keabsahan sekularisasi. Dengan mengutip pandangan Gogarten, Cox menyatakan bahwa sekulrisasi memiliki akar teologisnya pada Kitab Suci Bibel sendiri: ?Secularization... is the legitimate consequence of the impact oif biblical faith in history.? Dihalaman yang sama ini juga menuliskan, ?secularization represents an authentic consequence of biblical faith.? (The Secular City, 1990, 15). Oleh karena sebab demikian, Cox lantas menyeru kaum Kristen untuk tidak melakukan perlawanan terhadap sekularisasi, tapi sebaliknya memberikan dukungan penuh menyuburkannya.

Belakangan ini ada upaya-upaya sistematik dilakukan beberapa pemikir dan cerdik cendikia Muslim untuk mengKristenkan Islam, dengan cara mentransformasikan pengalaman-pengalaman yang terjadi di dunia Kristen dan peradaban Barat kepada Islam dan juga ummatnya. Maka tidak heran bila saat ini kita melihat banyaknya istilah-istilah ?aneh? yang secara mencolok terkesan sangat dipaksakan terhadap Islam. Sebut saja misalnya istilah Protestant Islam, Liberal Islam, Liberation Theology (Teologi Pembebasan), Fundamentalist Islam, dan terbaru istilah Islamic Facist yang direka oleh Gerorge Bush, yang pada keseluruhannya mengacu pada pengalaman Kristen yang terjadi di Barat.

Masih dalam kerangka yang sama, beberapa tahun terakhir ini sebagian pemikir Muslimpun, seut saja misalnya Muhammad Arkoun, Nasr Hamid Abu Zayd, Fuad Zakariyya, Hasan Hanfi, Abdullah Ahmad Na?im, dan lain-lain, secara intens mengkempanyekan ?Islam sekuler.?

Seperti ingin mengikuti jejak yang pernah di rembah oleh Cox dalam Kristen, pada pemikir inipun sepertinya sedang berusaha gigih ?mengotak-atik? ajaran Islam mencari-cari justifikasi teologis dan filosofis yang dapat membenarkan ide aneh ini.

Maka tampillah orang seperti Fuad Zakariyya yang menilai sekularisme sebagai keniscayaan peradaban (darurah hadariyyah) (Qadaya Fikriyyah, 1989) yang akar intelektualnya dapat ditelusuri pada peradaban Islam seperti terlihat pada al-Farabi, Ibn Ruyd dan lainnya (Al-Sahwah al-Islamiyyah fi Mizan al-qAql, 1995, hal. 73) Sesuai dengan keyakinannya tadi, diapun akhirnya menentang keras segala usaha penerapan Syaria?h Islam dan pendirian negara yang berdasarkan prinsip Syariah. Sebaliknya, dia mengecam gerakan Islam (al-harakah al-Islamiyyah) yang mengusung ide ini menuduh mereka telah mempergunakan Agama untuk kepentingan politik. Menurutnya negara sekuler sepenuhnya sejalan dengan praktek kenegaraan yang dilakukan nabi dalam sejarah dan tidak bertentang prinisp dasar Al-Quran. (al-Urubah wa al-Dawlah al-?Almaniyyah, Al-Mustaqbal al-?Arabi, 1979, no. 5)

Seperti Zakariyya, Nasr Hamidpun ?mati-matian? membela sekularisasi ini. Dalam bukunya Naqd al-Khitab al-Dini (1995) dia menolak bila sekularisme diletakkan secara berseberangan dengan Agama, karena menurutnya sekularisme bukan melawan agama tapi tafsir literal para agamawan gereja. Pernyataan ini mengingatkan kita pada kalimat yang pernah diutarakan Harvey Cox bahwa ?Secularization have no interet in persecuting religion. Secularization simply bypases and undercuts religion and goes on to other things. (sekularisasi tidak punya kepentingan serius untuk menghakimi Agama. Ia sekadar melangkahi dan memintas agama.) ? (The Secular City, 2)

Nasr Hamid selanjutnya menerangkan bahwa sekulrasasi itu hanya berupa ?penentangan atas hak? ?pemilikan kebenaran mutlak? mempertahankan ?relatifitas?, ?historisitas?, ?pluralitas? dan ?hak berbeda? bahkan ?hak untuk salah.?

Kalau begitu, kata Nasr menyimpulkan, sekularisme tidak bertentangan dengan ?Aqidah Islam. Ia sebaliknya menegaskan bahwa ?Islam adalah agama sekuler par-execelence, karena ia tidak mengakui adanya kerahiban (bal inna al-Islam huwa al-din ?lmani? bimtiyazin liannahu la ya?tarif bi sultah al-kahnut) pandangan yang hampir sama ditekankan oleh pemikir liberal lain seperti Hasan Hanafi (al-Din wa al-Thawrah fi Misr, vol.8, 105) dan Mohammed Arkoun (al-?Almanah wa al-Din 1990, hal, 10; dan Tarikhiyyah al-Fikr al-? Arabi al-Islami, 1996, khususnya hal. 277-287).
 
aq ra mudeng ngomonganmu, yen ngomong sing jelas lan gamblang
 
Hadis riwayat Abu Hurairah, ia berkata:Rasulullah صلی الله عليه وسل bersabda: Demi Zat yang menguasai diriku. Sungguh, telah dekat waktunya Isa bin Maryam turun kepada kalian untuk menjadi hakim yang adil. Dia akan mematahkan salib, membunuh babi dan tidak menerima upeti. Harta akan melimpah, sehingga tak seorang pun mau menerimanya.
 
Yesus I Belive U...

Engkau Lah Yang Mati Dan Rela Mengorbankan Darahmu Yang Suci Demi Kami Hamba2 Mu Biarlah Yang Menhujat Dan Mencela Mu Menikmati Celaannya Nanti Di Akhir Zaman Dunia Lewat Panasnya Api Neraka Yang Berlipat2 Dari Panasnya Hujatan Dan Celaaan Yg Mereka Perbuat..

Yesus Your My Lord
 
Jesus My Saviour, Rela Mati di kayu salib untuk menebus Dosa, tapi ada aja manusia masih gak mau Tobat, Entah apa hadiahnya kalo sudah di Hari Penghakiman
 
Semua percaya imam mahdi itu hanya satu dan satu-satunya yang akan datang lagi ke dunia ini di akhir jaman. Isa Al-masih, itulah Yesus Kristus. Jadi sudah jelas bukan. Ada tertulis didalam Alkitab, tidak ada yang bisa sampai ke rumah BapaKu kecuali melalui Aku.
 
Untuk Mrs. Sumart1 dan yang lainnya yang suka 'mengadili kristen'..
Saya perhatikan anda banyak sekali menulis tulisan-tulisan yang menjatuhkan/menjelek-jelekkan agama kristen..
memang kalau dilihat dari segi cara anda menulis, bukti2 yang anda sampaikan semuanya bisa diterima akal sehat..
saya tidak mengelak atau menutup mata jika anda menghadirkan bukti2 dari Alkitab sendiri..
yang ingin saya sampaikan, agama adalah masalah kepercayaan.. itu masalah hati..
pernahkah anda berbicara dengan Tuhan di hati Anda??
Pernahkah anda betul2 merasakan Tuhan ada disamping anda memegang tangan anda untuk berjalan melewati hidupmu sehari-hari??
Tuhan akan mengatakan semua yang dia larang dan yang dia inginkan melalui Hatimu, jika kamu benar-benar mempercayai dia ada dihatimu..
Kamu dapat merasakan Tuhan hadir disampingmu jika kamu betul2 percaya dia bersamamu..

Alkitab bukanlah alqur'an yang langsung diturunkan dari Tuhan ke nabi Muhammad (katanya...)
Alkitab ditulis oleh kesaksian-kesaksian manusia yang merasakan sendiri Hadirat Tuhan..
menurut saya, itu wajar jika ada kesalahan-kesalahan atau ketidak miripan antar satu kitab-dengan kitab yang lain.. karena manusia terkadang lupa mengatakan sesuatu sama persis setelah mengatakan hal yang sama berulang-ulang kali..
saya pikir ini yang menyebabkan ketidakcocokan antar kitab-kitab di Alkitab, yang mana sering anda gunakan untuk menjelekan agama Kristen..

Saat kita membaca Alkitab atau mendengar firman Tuhan yang dikatakan hamba-hamba Tuhan, kami selalu berdoa terlebiha dahulu agar Tuhan mau menyiapkan hati kami, agar dapat mengerti dan memahami isi firman2 Tuhan sesuai dengan apa yang Tuhan Maksud..

Bahkan hamba2 Tuhan juga sebelum memberitakan firma Tuhan pasti berdoa meminta kepada Tuhan agar membantu mereka mengatakan/menjelaskan firman Tuhan sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki..

Jadi saat kamu mendengar/membaca suatu firman, Bukan akal sehatmu yang mengartikannya.. tapi hatimu yang akan menerima firman itu. Tuhan akan mengatakan apa yang dia mau kedalam hatimu.. ini masalah kepercayaan.. tidak bisa anda melogikakan dengan akal sehatmu..

Saya heran kenapa anda sering sekali mengganggu kami dengan tulisan2 anda??
mungkin pikiran anda baik, anda harus menceritakan kebenaran kepada semua manusia agar tidak salah.. atau anda pikir mungkin orang Kristen perlu dibukakan matanya..
seperti yang saya bilang, agama adalah masalah kepercayaan..
saat anda menghadirkan bukti-bukti yang kuat, itu tidak akan mempengaruhi kami..
bukan kami menutup mata, tapi kami sudah merasakan KASIH KARUNIA TUHAN ALLAH DALAM HIDUP KAMI.. kami bukan melihat Kasih atau kebahagiaan itu, tapi kami merasakannya dalam hati kami..
kami betul-betul sudah merasakan KASIH ALLAH dalam hidup kami. jadi bukan kami menutup mata akan hal2 yang anda sampaikan. tapi itu hal2 yang cuma dapat dicerna oleh akal sehat.. tapi sampai mana sih akal sehat itu dapat mencerna Kebesaran Tuhan?? kalau mau dilihat, kenapa anda bisa percaya kalau Alqur'an langsung diturunkan dari Tuhan, Pake apa coba?? ini satu contoh hal-hal yang tdk bisa dicerna akal sehat.. hal2 seperti itu cuma bisa dipercayai.. sekarang kenapa anda mempercayai Islam??
apa karena Islam agama yang semua ajarannya masuk akal dan dapat diterima akal sehat??
saya tidak tahu alasan anda apa, tapi saya percaya YESUS dan ajarannya karena saya percaya YESUS ITU TUHAN ALLAH DAN DIA SENDIRI MENYATAKAN ITU DALAM HIDUP SAYA... ini hal yang tidak saya rasakan sewaktu saya masih mempercayai Islam..

Saya yakin 100% kalau anda mempercayai Islam karena kedua orang tua anda juga Islam.. (saya yakin saya tidak salah).
seandainya kedua orangtua anda kristen, apakah anda akan mencari-cari tau agama lain??
y mungkin saja, mungkin yang akan anda lakukan adalah membaca semua isi Alqur'an kemudian anda mencari-cari kesalahan yang ada di dalam Alqur'an, kemudian mempostingnya di internet..
ini yang mau saya katakan..,
anda selalu berpikir dan menganggap segala sesuatu didunia ini dengan akal sehat anda.. tapi ingat, AGAMA, KASIH TUHAN TIDAK DAPAT ANDA JANGKAU DENGAN AKAL SEHAT ANDA (sama dengan anda mempercayai AlQur'an turun dari langit itu). itu cuma bisa dipercayai, kenapa bisa dipercayai?? karna anda sudah merasakannya.. sudahkah anda merasakan Kasih Tuhan dengan Agamamu gak??
Kalau udah, daripada sibuk ngurusin orang kami(orang2 kristen) mending urusin yang lain aja d..
toh kami gak akan terpengaruh..
oh ya.. urusin aja FPI tu..
mukul2 orang seenaknya aja..
Preman tu Oi..
kekerasan kk atas nama Agama..
gimana Tanggapannya MRS_sumart1??
ato jangan2 anda juga termasuk FPI..
hi.. takut..
 
Iya yah...aneh, Tuhan mengorbankan dirinya untuk umatnya...
Dia itu menebus dosa kepada Siapa?
 
manusia tidak bisa menjadi tuhan tapi TUHAN BISA MENJADI MANUSIA ...
berbahagialah kita yang memiliki tiket keselamatan ... caranya gampang kok, cuma percaya akan Yesus yang menjadi juru selamat anda...

Jika anda tidak percaya, Tuhan tidak pernah memaksa, malah masih mengasihi anda...Yesus beserta anda yang percaya maupun tidak...
 
Bls: Re: upaya sistematik pemikir Muslim untuk meng-Kristen-kan Islam??

Iya yah...aneh, Tuhan mengorbankan dirinya untuk umatnya...
Dia itu menebus dosa kepada Siapa?

yesus itu anak ALLAH BAPA(GOD FATHER)
yesus mengorbankan diri supaya dosa kite smua ntu dihapus
yesus aja dah beri keringanan ma manusia dengan disalib
tapi masih banyak manusia gak percaya
 
Bls: upaya sistematik pemikir Muslim untuk meng-Kristen-kan Islam??

Untuk Mrs. Sumart1 dan yang lainnya yang suka 'mengadili kristen'..
Saya perhatikan anda banyak sekali menulis tulisan-tulisan yang menjatuhkan/menjelek-jelekkan agama kristen..
memang kalau dilihat dari segi cara anda menulis, bukti2 yang anda sampaikan semuanya bisa diterima akal sehat..
saya tidak mengelak atau menutup mata jika anda menghadirkan bukti2 dari Alkitab sendiri..
yang ingin saya sampaikan, agama adalah masalah kepercayaan.. itu masalah hati..
pernahkah anda berbicara dengan Tuhan di hati Anda??
Pernahkah anda betul2 merasakan Tuhan ada disamping anda memegang tangan anda untuk berjalan melewati hidupmu sehari-hari??
Tuhan akan mengatakan semua yang dia larang dan yang dia inginkan melalui Hatimu, jika kamu benar-benar mempercayai dia ada dihatimu..
Kamu dapat merasakan Tuhan hadir disampingmu jika kamu betul2 percaya dia bersamamu..

Alkitab bukanlah alqur'an yang langsung diturunkan dari Tuhan ke nabi Muhammad (katanya...)
Alkitab ditulis oleh kesaksian-kesaksian manusia yang merasakan sendiri Hadirat Tuhan..
menurut saya, itu wajar jika ada kesalahan-kesalahan atau ketidak miripan antar satu kitab-dengan kitab yang lain.. karena manusia terkadang lupa mengatakan sesuatu sama persis setelah mengatakan hal yang sama berulang-ulang kali..
saya pikir ini yang menyebabkan ketidakcocokan antar kitab-kitab di Alkitab, yang mana sering anda gunakan untuk menjelekan agama Kristen..

Saat kita membaca Alkitab atau mendengar firman Tuhan yang dikatakan hamba-hamba Tuhan, kami selalu berdoa terlebiha dahulu agar Tuhan mau menyiapkan hati kami, agar dapat mengerti dan memahami isi firman2 Tuhan sesuai dengan apa yang Tuhan Maksud..

Bahkan hamba2 Tuhan juga sebelum memberitakan firma Tuhan pasti berdoa meminta kepada Tuhan agar membantu mereka mengatakan/menjelaskan firman Tuhan sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki..

Jadi saat kamu mendengar/membaca suatu firman, Bukan akal sehatmu yang mengartikannya.. tapi hatimu yang akan menerima firman itu. Tuhan akan mengatakan apa yang dia mau kedalam hatimu.. ini masalah kepercayaan.. tidak bisa anda melogikakan dengan akal sehatmu..

Saya heran kenapa anda sering sekali mengganggu kami dengan tulisan2 anda??
mungkin pikiran anda baik, anda harus menceritakan kebenaran kepada semua manusia agar tidak salah.. atau anda pikir mungkin orang Kristen perlu dibukakan matanya..
seperti yang saya bilang, agama adalah masalah kepercayaan..
saat anda menghadirkan bukti-bukti yang kuat, itu tidak akan mempengaruhi kami..
bukan kami menutup mata, tapi kami sudah merasakan KASIH KARUNIA TUHAN ALLAH DALAM HIDUP KAMI.. kami bukan melihat Kasih atau kebahagiaan itu, tapi kami merasakannya dalam hati kami..
kami betul-betul sudah merasakan KASIH ALLAH dalam hidup kami. jadi bukan kami menutup mata akan hal2 yang anda sampaikan. tapi itu hal2 yang cuma dapat dicerna oleh akal sehat.. tapi sampai mana sih akal sehat itu dapat mencerna Kebesaran Tuhan?? kalau mau dilihat, kenapa anda bisa percaya kalau Alqur'an langsung diturunkan dari Tuhan, Pake apa coba?? ini satu contoh hal-hal yang tdk bisa dicerna akal sehat.. hal2 seperti itu cuma bisa dipercayai.. sekarang kenapa anda mempercayai Islam??
apa karena Islam agama yang semua ajarannya masuk akal dan dapat diterima akal sehat??
saya tidak tahu alasan anda apa, tapi saya percaya YESUS dan ajarannya karena saya percaya YESUS ITU TUHAN ALLAH DAN DIA SENDIRI MENYATAKAN ITU DALAM HIDUP SAYA... ini hal yang tidak saya rasakan sewaktu saya masih mempercayai Islam..

Saya yakin 100% kalau anda mempercayai Islam karena kedua orang tua anda juga Islam.. (saya yakin saya tidak salah).
seandainya kedua orangtua anda kristen, apakah anda akan mencari-cari tau agama lain??
y mungkin saja, mungkin yang akan anda lakukan adalah membaca semua isi Alqur'an kemudian anda mencari-cari kesalahan yang ada di dalam Alqur'an, kemudian mempostingnya di internet..
ini yang mau saya katakan..,
anda selalu berpikir dan menganggap segala sesuatu didunia ini dengan akal sehat anda.. tapi ingat, AGAMA, KASIH TUHAN TIDAK DAPAT ANDA JANGKAU DENGAN AKAL SEHAT ANDA (sama dengan anda mempercayai AlQur'an turun dari langit itu). itu cuma bisa dipercayai, kenapa bisa dipercayai?? karna anda sudah merasakannya.. sudahkah anda merasakan Kasih Tuhan dengan Agamamu gak??
Kalau udah, daripada sibuk ngurusin orang kami(orang2 kristen) mending urusin yang lain aja d..
toh kami gak akan terpengaruh..
oh ya.. urusin aja FPI tu..
mukul2 orang seenaknya aja..
Preman tu Oi..
kekerasan kk atas nama Agama..
gimana Tanggapannya MRS_sumart1??
ato jangan2 anda juga termasuk FPI..
hi.. takut..

manusia tidak bisa menjadi tuhan tapi TUHAN BISA MENJADI MANUSIA ...
berbahagialah kita yang memiliki tiket keselamatan ... caranya gampang kok, cuma percaya akan Yesus yang menjadi juru selamat anda...

Jika anda tidak percaya, Tuhan tidak pernah memaksa, malah masih mengasihi anda...Yesus beserta
anda yang percaya maupun tidak...

Memperdebatkan sebuah keyakinan itu tak akan ada titik temunya. Bagaimana mungkin seseorang penganut kitab A bisa mengimani kitab B sementara d antara kedua kitab itu bertolak belakang isinya.

Dan harus selalu kita sadari bahwa iman seseorang itu adalah pilihan. Kita disini sebagai masyarakat forum ii harus memahami dan menjunjung tinggi perbedaan keyakinan. Tak boleh seseorg penganut agama lain berupaya menjelaskan agama yg dia tidak imani.
 
Last edited:
Status
Not open for further replies.
Back
Top