uang dalam pandangan islam

the_gooner

New member
"...maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun." (QS AL-KAHFI (18):19)

waktu adalah uang, begitulah para penganut ekonomi kapitalis membuat mottonya "time is money". memang dalam era modern sekarang ini, segala sesuatu seolah-olah bisa diukur dengan uang. masalah jabatan, hukum, kekuasaan dan sebagainya seolah-olah bisa diselesaikan dengan uang. hal ini menunjukkan sedemikian kuatnya uang mencengkram manusia, terutama masyarakat perkotaan. bahkan dewasa ini, untuk kehidupan perkotaan, kita tidak perlu lagi menyimpan uang tunai dalam dompet kita, cukup dengan kartu plastic yang dinamakan kartu kredit atau kartu debit. namun apakah ada yang berani pergi ke pedalaman kaliimantan atau papua hanya membawa kartu tersebut?bahkan uang sendiri menjadi "kecil" manfaatnya ketika kita berada di hutan belantara. dalam perkembangan ekonomi, uang merupakan inovasi yang sangat besar. posiSi uang sangat strategis dalam satu system ekonomi dan sulit digantikan dengan variable lain. uang sangat memudahkan dan mempersingkat transaksi pertukaran barang dan jasa sehingga proses perdagangan berjalan dengan efektif dan efisien.
 
SEJARAH DAN FUNGSI UANG
.
.
pada peradaban awal, manusia memenuhi kebutuhanya sendiri dari alam. namun semakin bertambah jumblah manusia dan semakin banyak kebutuhanya, maka satu sama lain saling bertukar barang yang mereka miliki dengan yang mereka butuhkan (barter). namun tentu saja banyak kesulitan yang dihadapi dengan pola barter ini karna tidak selalu apa yang dimiliki bisa ditukar dengan apa yang di butuhkan. oleh karnanya maka diperlukan "sesuatu" yang bisa mewakili sebuah barang sesuai dengan nilainya. maka kemudian manusia menjadikan uang sebagai "alat tukar" dalam memenuhi kebutuhannya melalui transaksi jual beli. jadi fungsi utama uang sejak dulu sampai sekarang adalah sebagai "alat tukar". kita tidak tau secara pasti siapa yang menemukan uang. para ahlì sejarah mengatakan bahwa uang mulai ditemukan pada zaman sumeria dan babilonia. bahkan AL-QURAN menyebutkan adanya uang dirham pada masa nabi yusuf masih kecil. .
"dan mereka menjual yusuf dengan harga yang murah, yaitu beberapa dirham saja, dan mereka merasa tidak tertarik hatinya kepada yusuf (QS. YUSUF:20).
 
seiring berkembangnya peradaban dan perekonomian manusia, maka fungsi uang pun terus berkembang. di samping sebagai alat tukar uang juga berfungsi sebagai pembakuan nilai (standard of value), penyimpAnan kekayaan (store of value), satuan penghitungan (unit of account) juga sebagai standard pembayaran tangguh (standard of differed payment). maka agar fungsi-fungsi uang ini bisa tetep berjalan, uang harus memenuhi syarat-syarat sebagai uang yang baik (good money) yaitu diantaranya nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominalnya, memiliki daya tahan tinggi, semua orang menilai berharga tinggi. dengan mempertimbangkan syarat-syarat tersebut, kita bisa memahami mengapa Rasulullah saw menjadikan uang dinar (emas) dan dirham (perak) sebagai mata uang dalam system perekonomian islam.

meskipun pada masa itu masyarakat mengenal dinar sebagai mata uang romawi dan dirham sebagai mata uang persia. hal ini juga tentunya bersesuaian dengan ayat-ayat AL-Quran yang secara eksplisit ataupun implicit mengisyaratkan penggunaan emas dan perak sebagai mata uang. (lihat QS. 18:20, 9:34). perkembangan teknologi dan peradaban manusia, secara tidak langsung mendorong pertumbuhan dan percepatan sytem perekonomian dan system perdangan antar manusia dan antar negara. maka, posisi dan jenis uang pun berkembang sesuai dengan kebutuhan. ada beberapa jenis uang yang digunakan oleh manusia dalam bertransaksi, yaitu:
 
Last edited:
UANG BARANG (COMMODITY MONEY) yaitu alat tukar yang berupa barang/komoditas yang bisa diperjualbelikan jika tidak digunakan sebagai uang. komoditas yang paling memenuhi syarat adalah emas dan perak, disamping memenuhi syarat sebagai uang, emas dan perak juga bisa dibuat pecahan-pecahan kecil dengan berbagai karat/persentase kandungan.
 
UANG KARTAL/KERTAS (TOKEN MONEY)

pada awalnya adalah uang yang dikeluarkan pihak pemilik emas atau perak (bank/bank sentral) dalam bentuk kertas dengan besaran yang senilai dengan emas/perak yang dimilikinya. karna uang kertas ini didukung oleh kepemilikan emas/perak, maka masyarakat mendukung keberadaan uang kertas ini. syarat penerbitan uang kertas didasarkan pada kepemilikan emas/perak ini dikenal dengan briton woods system. namun dalam perkembangannya, dan hal ini yang menjadi faktor kehancuran ekonomi dunia, uang kertas ini tidak lagi didasarkan pada kepemilikan emas/perak yang membuatnya.. hal ini diawali oleh amerika serikat yang pada tahun 1960-an tidak lagi menerapkan sistem briton woods yang mensyaratkan penerbitan uang berdasarkan jumblah emas yang dimilikinya. AS menerbitkan uang dollar semaunya saja sesuai dengan kebutuhannya.
 
Back
Top