Rockinland 2011: Tak Ada Lagi "Pre-Event" dan Arena Berkemah

BlackHorizon

New member
1753326620X310.jpg


JAKARTA, KOMPAS.com
-- Java Rockin'land 2011 akan digelar pada 22, 23, dan 24 Juli 2011 tanpa pertunjukan-pertunjukan pre-event, yang diadakan untuk festival musik rock itu tahun lalu. Tak akan ada pula arena berkemah bagi para penonton.

Dewi Gontha, Produser Java Festival Production, penyelenggara Rockin'land 2011, menerangkan, sajian pre-event dihilangkan supaya penyelenggara berkonsentrasi kepada kualitas suguhan pada tiga hari festival tersebut di Pantai Karnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. "JRL (Java Rockin'land) dicirikan dengan penonton yang sangat kritis terhadap acaranya. Saat ini yang akan kami lakukan adalah menambah jumlah pengunjung. Oleh karenanya, kami akan fokus pada peningkatan kualitas acaranya," kata Dewi.

Selain itu, fasilitas arena berkemah bagi para penonton, yang disediakan tahun lalu dan kurang diminati, ditiadakan tahun ini. "Seperti camping ground, ternyata peminatnya tidak sebesar itu tahun lalu. Jadi, kami memutuskan untuk tidak ada tahun ini. Kami lebih memfokuskan pada area acaranya saja," kata Dewi lagi.

Di lain sisi, di panggung-panggung Rockin'land 2011 akan dihadirkan gru-grup luar Indonesia The Cranberries (Irlandia), 30 Second to Mars (AS), Neon Trees (AS), Happy Mondays (Inggris), Blood Red Shoes (Inggris), Franco (Filipina), dan The Dirt Radicals (Australia). Sementara itu, daftar artis musik dalam negeri belum dipastikan, karena penyelenggara masih menyeleksi artis-artis musik kita.

Dewi juga menerangkan, tata panggung, tata sound, dan tata cahaya, yang sama seperti tahun lalu, sedang digarap. Sementara itu, usulan atraksi kembang api tengah digodok. "Saat ini kami akan lebih memerbaiki kelancaran acara, mobilitas, tepat waktu," tambahnya.

Soal tiket, pada penjualan tahap pertama, yang dibuka Rabu lalu (25/5/2011), penyelenggara Rockin'land 2011 memasang harga Rp 400 ribu per lembar untuk tiga hari festival. "Termasuk murah untuk melihat 90 show selama tiga hari. Itu harga 30 persen dari harga normal. Kalau normal Rp 500 ribu per hari dan Rp 1,3 juta untuk tiga hari. Harga-harga ini progresif setiap harinya," masih terang Dewi. "Jangan lupa juga, setiap booking tiket, dua hari setelahnya sudah harus dibayar. Kalau tidak, akan hangus, dan mengulang prosedur awal lagi dengan harga berbeda," sambungnya.

Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa menengok akun twitter @javarockingland atau situs www.javarockingland.com/2011.
============================================
2341433620X310.jpg


Java Rockinland, dari Smashing Pumpkins sampai Arkarna

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sukses menghelat pesta rock terbesar di Indonesia pada 2009 lalu, kini Java Rockin'land akan digelar untuk kedua kalinya.

Tanpa kesulitan sederet band rock kelas dunia seperti Smashing Pumpkins, Stereophonics, Datarock, Di-Rect, Mutemath, Galaxy 7, hingga Arkarna dipastikan akan tampil di Pantai Carnaval Ancol, pada 8, 9, dan 10 Oktober 2010.

"Kesulitan mendatangkan mereka adalah kami berusaha meyakinkan mereka bahwa Java Rockin'land adalah pergelaran musik yang aman," terang pihak penyelenggara Rockin'land, Dewi Gontha, dalam jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Senin (9/8/2010).

Tak kalah serunya dengan band-band rock kelas dunia, 60 sampai 70 grup Indonesia seperti /rif, Netral, Andra and The Backbone, hingga Gugun Blues Shelter juga akan naik panggung di Java Rockin'land.

"Nanti 40 persen akan ada main stream band rock, 50 persen indie, 10 persen band baru yang akan main di 10 panggung dengan konsep yang berbeda," jelas Direktur Musik Eki Purwadireja, yang kali ini ikut terjun sebagai penyelenggara.

Dengan rasa optimistis Java Rockin'land 2010 memasang ekspektasi besar dalam jumlah penonton. "Tahun lalu sekitar 47.000 pengunjung, dan tahun ini penginnya 60.000. Itu target kami," ujar Dewi. "Karena itu tiket sudah bisa dibeli sejak 16 Juli 2010 di beberapa ticket box di Kompleks Ruko Simprug Galery," terang bos Java Festival Production, penyelenggara Rockin'land, Peter F Gontha
 
Back
Top