4.444 Calon TKI Dicegah ke Arab Saudi

d-net

Mod
TKI-Saudi-afp-C.jpg


Hari Pertama Moratorium, 4.444 Calon TKI Dicegah ke Arab Saudi

Moratorium pengiriman TKI sektor domestik ke Arab Saudi, resmi berlaku mulai hari ini. Tim pemantau dari BNP2TKI dan jajaran terkait di sejak beberapa hari lalu, berhasil mencegah pengiriman 4.444 orang calon TKI di Bandara Soekarno Hatta.

"Saya mendapatkan laporan polisi dan imigrasi Bandara Soekarno Hatta sudah mengamankan calon TKI yang diduga akan ke Arab Saudi. Sudah dicegah 4.444 orang calon TKI yang akan berangkat," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar melalui surat elektronik, Senin (1/8/2011).

Menurutnya BNP2TKI sudah melakukan koordinasi teknis dengan Imigrasi, Kemlu dan Polri untuk melakukan pemantauan bersama. Pemantauan juga dilakukan di berbagai daerah yang menjadi gerbang penerbangan internasional.

"Kemenag juga melakukan pemantauan intensif kepada perjalanan umroh agar jangan menjadi kedok pengiriman calon TKI ke Arab Saudi," sambung Muhaimin.

Menyinggung penanganan lebih lanjut terhadap 4.444 orang calon TKI yang digagalkan pemberangkatannya, akan dikonsolidasikan dengan perusahaan Pelaksanaan Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) bersangkutan. Opsi yang disediakan adalah menyalurkannya ke Taiwan dan Hongkong.

"Taiwan berkomitmen untuk menerima pengalihan ini. Sedangkan yang tidak ke Taiwan dan Hongkong, kita akan usahakan untuk diberi pekerjaan. Sekarang semua di tempat penampungan," papar Muhaimin.


Senin, 01/08/2011 19:47 WIB
Luhur Hertanto - detikNews
 
Back
Top