Tips Mengganti Aplikasi Pada Bottom Dock Android

agnina

New member
Tampilan homescreen Android selalu terdiri dari wallpaper yang bisa Anda tentukan sendiri, widget yang bisa Anda pilih dan pasang, icon aplikasi yang bisa Anda pilih untuk tampilkan, dan “bottom dock” yang secara default berisi 3 aplikasi yaitu “Phone”, “Messaging”, “Contacts”, dan tombol untuk membuka “app drawer” atau kembali ke “Home”.

Namun, tahukah Anda bahwa 3 aplikasi pada “bottom dock” yaitu “Phone”, “Messaging”, “Contacts” bisa diganti dengan aplikasi lain?

Setting untuk customize shortcut pada “bottom dock” memang tidak terlihat dengan jelas seperti cara setting pada pada homescreen lainnya, namun aplikasi pada “bottom dock” ini ternyata bisa di-customize. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengganti aplikasi Bottom Dock Android:

Buka “app drawer” dengan mengklik icon pada “bottom dock”.
Klik tombol menu yang akan menampilkan pilihan “Edit”.
Klik “Edit”.
Pilih salah satu aplikasi pada “app drawer”, tekan dan tahan hingga bergetar, lalu geser aplikasi ke “bottom dock”.

Bottom dock hanya bisa menampung maksimal 4 icon. Maka dengan cara ini, kita bisa mengganti 3 aplikasi yang ada bottom dock dengan aplikasi pilihan kita. Aplikasi yang dipilih akan hilang dari app drawer dan berpindah ke bottom dock, sementara aplikasi dari bottom dock akan berpindah ke app drawer. Sementara satu tombol untuk membuka “app drawer” atau kembali ke “Home” tidak bisa diganti. Selamat Mencoba!

sumber
 
Silahkan diganti kalau memang diperlukan gan, karena semua itu memang merupakan hal yang cukup menarik. Cermati saja dengan baik agar bisa menerapkannya.
 
Back
Top