Apa universitas pertama di Indonesia? ada berapa universitas di Indonesia saat ini?

Menurut wikipedia
Universitas Gadjah Mada, disingkat UGM, merupakan universitas negeri tertua di Indonesia, terletak di Yogyakarta. Didirikan pada 19 Desember 1949, Gadjah Mada merupakan universitas pertama yang didirikan setelah Indonesia merdeka.

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana (dahulu bernama Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Mungkin sebelum Indonesia Merdeka udah ada universitas, ada yang tahu nama universitasnya gk ya?


Menurut dikti.go.id
Perguruan tinggi swasta di Indonesia jumlahnya naik pesat dan saat ini mencapai 3.017 institusi, mulai dari akademi, sekolah tinggi, institut, hingga universitas.

Kalau saya baca di websitenya stan jumlah perguruan tinggi atau Universitas negeri di Indonesia jumlahnya ada 82 Universitas, jauh banget ya perbandinganya dengan perguruan tinggi swasta yang mencapai 3 ribuan lebih..
 
Last edited:
kayaknya setiap tahunnya pasti bertambah deh universitas atau pun akademi dan sekolah tinggi.. semakin banyak jg sarjana yang nganggur dan susah dapet kerja
 
Back
Top