Tarif Tol Naik Mulai Hari Jum'at 7/10/2011

Dipi76

New member
Nih, Tarif Tol Baru yang Berlaku Jumat
Agung Kurniawan | Bastian | Selasa, 4 Oktober 2011 | 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi Anda pengguna setia tol (termasuk dalam kota), siap-siap menambah pengeluaran, menyusul kenaikan tarif di 14 ruas yang tersebar di Indonesia. Kenaikan tarif berlaku mulai Jumat (7/10/2011) pukul 00.00. Presentase kenaikan yang ditetapkan operator pemilik tol antara Rp 500 dan Rp 2.500. Penetapan ini sudah tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 277/KPTS/M/2011 tanggal 27 September 2011.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum, Selasa (4/10/2011), Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan dua tahun sekali sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam UU Nomor 38 Tahun 2004. Tarif baru ini merupakan penyesuaian terhadap inflasi yang terjadi.

Dari 14 ruas tol, terdapat ada dua ruas yang tidak mengalami kenaikan tarif karena pengaruh pembulatan tarif ke bawah. Hasil penghitungan tarif yang di bawah Rp 250 tidak dinaikkan, tetapi tetap dicatat untuk perhitungan tarif ruas tersebut pada dua tahun kemudian. Dua ruas tol ini adalah tol Semarang A-B-C dan tol Ujung Pandang.

Sehubungan dengan kenaikan ini, Jodjana Jody, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Auto2000), menilai, kenaikan tak terlalu mengkhawatirkan karena masih sesuai dengan inflasi. Ia berharap, PT Jasa Marga bisa meningkatkan kualitas pelayanan seiring meningkatnya pemasukan.

"Mudah-mudahan tercipta terobosan traffic management lebih baik dalam hal informasi, easy payment, kontrol, dan lain-lain. Jadi, waktu antre kendaraan bisa lebih cepat dan efektif," ungkap Jody kepada Kompas.com, hari ini.

Meski tak berat, Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, mengaku, "Tetap akan ada penyesuaian lagi sama seperti tahun-tahun sebelumnya, berpengaruh pada operasional."

Inilah tabel tarif tol baru

attachment.php





Kompas





-dipi-
 

Attachments

  • tarif.JPG
    tarif.JPG
    34.7 KB · Views: 273
Btw penyebab inflasi saat ini apa ya, sampai-sampai berpengaruh juga terhadap pajak dan tarif jalan tol?
 
Last edited:
Btw penyebab inflasi saat ini apa ya, sampai-sampai berpengaruh juga terhadap pajak dan tarif jalan tol?
Penyebab inflasi itu ada beberapa, bisa karena berlebihnya likuiditas seperti jumlah uang yang beredar, bisa juga karena peningkatan permintaan masyarakat, bisa karena kenaikan biaya produksi, dll.

Inflasi itu berpengaruh ke dalam hal apapun selama ada yang namanya harga/tarif/ongkos/biaya dll. Inflasi itu secara awamnya dilihat dengan banyaknya kenaikan harga, tapi sebenarnya ada yang lebih fundamental lagi yaitu bahwa sebenarnya yang terjadi di dalam sebuah inflasi itu adalah penurunan mata uang yang otomatis terlihat seperti kenaikan harga.

Daku kasih contoh, karena inflasi yang terjadi, orang tidak lagi bisa membeli kerupuk dengan harga 500 perak, tapi 6 bulan lalu kerupuk masih bisa dibeli dengan harga 500 perak. Dalam hal ini secara awam dilihat bahwa harga kerupuk mengalami kenaikan, tapi secara fundamental bisa dilihat bahwa yang terjadi adalah penurunan nilai mata uang, yaitu nilai mata uang 500 perak sudah berkurang.

Kembali ke soal kenaikan tol, kalau ini dikaitkan dengan inflasi karena itu dihitung berdasarkan perubahan indeks harga konsumen (IHK) regional yang ditetapkan oleh badan tertentu, kalau di Indonesia oleh Badan Statistik (apa nama resminya??). Indeks harga konsumen (IHK) atau dalam bahasa inggris disebut consumer price index (CPI) itu adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang tertentu yang dibeli oleh konsumen.
 
Gk apa naik yg penting pelayanan nya memuas kan.
Ex: 1.ada terapi pijat bila macet.
2.ada menu makan pas jm 12. Mau solaria,cfc,kfc.hokben.dll.
3.yg utama ada pelukan tiap bayar tol
 
Naik lagi naik lagi, wah barang bisa ikutan naik neh.

Rasanya kalau di negara lain, jalan tol yg sdh balik modal jadi jalan umum, disini begitu juga ngak yah ? atau belum balik modal ? masih lama balik modalnya ?
 
Bpk jeremy maklum d negri ini lebh banyak yg korupsi pendapatan tol. Dari pd pemasukan tol.maka mari kt benahi mulai dr keturunan kt ajari agama dg baik.moga negri ini jaya
 
Betul...
Yang paling penting itu kemacetannya diatasi, setidaknya diurai...jadi sesuai dengan salah satu fungsi dari jalan tol yang bebas hambatan ... :D



-dipi-
 
Back
Top