Wibree Sebuah Koneksi Baru Dari Nokia

andro_meda

New member
Wibree Sebuah Koneksi Baru Dari Nokia
(Sabtu, 7 Oktober 2006) (712)
Nokia telah mengumumkan sebuah koneksi jarak pendek baru yang bernama Wibree, Nokia berambisi untuk membuat Wibree menjadi suatu standard koneksi jarak pendek yang baru dan akan berdampingan dengan Bluetooth, pada mulanya Nokia menyatakan bahwa perangkat Wibree akan kompatible dan dapat bekerja dengan perangkat Bluetooth, tapi sepertinya hingga saat ini spesifikasi Wibree yang masih belum jelas mungkin tidak akan kompatible dengan Bluetooth, alasan utama bagi Nokia untuk membuat Wibree adalah keunggulan dari segi hemat energi, Nokia menyatakan bahwa Wibree hanya membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit dibanding Bluetooth dan sangat efesien untuk perangkat yang sering diam (idle) tapi seberapa hemat energinya masih kurang jelas, contoh perangkat elektronik yang cocok untuk Wibree yaitu jam tangan digital yang terhubung ke handphone, keyboard dan mouse.

Hingga saat ini sepertinya kesamaan antara Wibree dan Bluetooth adalah mereka bekerja pada frequency yang sama yaitu 2.4 Ghz, walaupun sebenarnya frequency 2.4 Ghz ini sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis perangkat elektronik dari yang berharga murah seperti mainan mobil mobilan atau helikopter yang diatur oleh remote kontrol hingga yang harganya mahal seperti perangkat jaringan wireless WiFi (802.11b/g/n). Jadi nantinya frequency 2.4Ghz ini akan menjadi lebih ramai lagi dan gangguan sinyal akan lebih terasa. Wibree dapat bekerja pada jarak 10 meter dan mampu memtransfer data dengan kecepatan hingga 1 Mbps (125 Kilobyte).

Bluetooth SIG (Special Interest Group) telah mengajurkan Nokia untuk menggabungkan teknologi yang dimiliki oleh Wibree kedalam spesifikasi Bluetooth selanjutnya, tapi pembicaraan tentang hal ini telah berjalan dan hingga kini masih kurang jelas perkembangannya.

Ada beberapa perbedaan dasar antara Wibree dan Bluetooth, yang pertama adalah Bluetooth bekerja terus menerus dengan cara "meloncat loncat" atau menyebar signal untuk mengecek koneksi, mengirim dan menerima data, maka dari itu Bluetooth membutuhkan energi yang lebih besar, desain cara kerja Bluetooth ini digunakan karena alasan utama yaitu untuk menghindari gangguan signal koneksi, jadi jika ada beberapa perangkat bluetooth yang terkoneksi maka perangkat yang memiliki signal yang paling bagus akan bekerja lebih banyak untuk memancarkan signal dan mengirim data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Cara kerja Wibree yang lebih detail masih belum diketahui, tapi kemungkinan besar tidak akan seperti Bluetooth ini.

Perbedaan kedua adalah Bluetooth memiliki beberapa "profile" yang unik dan akan terus dikembangkan, setiap perangkat Bluetooth yang akan dikoneksikan harus mendukung profile yang sama, maka dalam pemerogramman aplikasi Bluetooth para developer diharuskan mengecek profile perangkat Bluetooth lainya melalui Service Discovery Protocol agar tidak terjadi kesalahan pada pengiriman data seperti pengiriman data file ke perangkat headset atau pengiriman data komunikasi suara kepada perangkat printer. Wibree kemungkinan tidak akan menggunakan tata cara profile seperti ini tapi pastinya memiliki suatu tata cara yang mirip.

Perbedaan ketiga adalah Wibree akan menggunakan ukuran paket data yang dinamik (bervariasi) sedangkan Bluetooth menggunakan ukuran paket yang tetap sama, hal ini akan membuat pengiriman data yang berukuran kecil lebih cepat dengan Wibree dan pada akhirnya hal ini akan membuat Wibree lebih hemat energi. Sedangkan Bluetooth yang menggunakan ukuran paket yang tetap akan membutuhkan waktu yang sama untuk pengiriman sebuah paket data walaupun paket data tersebut hanya seperlima saja yang terisi.

Nokia menyatakan bahwa perusahaan CSR, Broadcom, Epson dan Nordic Semiconductor telah menanda tangani kontrak untuk mengembangkan produk yang menggunakan Wibree. Kira kira produk yang menggunakan Wibree akan dikeluarkan pada pertengahan tahun 2007, ketika dikeluarkan maka handphone Nokia akan memiliki beberapa jenis koneksi wireless data jarak pendek yang antara lain adalah: InfraRed, Bluetooth, Wibree, WiFi dan WiMax, sedangkan koneksi wireless data jarak jauh akan menggunakan jaringan GSM (CSD, HSCSD, GPRS dan EDGE) dan UMTS (WCDMA dan HSDPA).


sumber: Cell Phone Reviews and News - Welcome to Mobiledia
 
Back
Top