Durian

HulkHogan

New member
Durian merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebutan durian diduga berasal dari istilah Melayu yaitu dari kata duri yang diberi akhiran-an sehingga menjadi durian. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang berupa tanaman liar. Penyebaran durian ke arah Barat adalah ke Thailand, Birma, India dan Pakistan. Buah durian sudah dikenal di Asia Tenggara sejak abad 7 Masehi. Nama lain durian adalah duren (Jawa, Gayo), duriang (Manado), dulian (Toraja), rulen (Seram Timur). Durian bermanfaat untuk mencegah erosi di lahan-lahan yang miring, batangnya sebagai bahan bangunan atau perkakas rumah tangga, bijinya memiliki kandungan pati cukup tinggi, berpotensi sebagai alternatif pengganti makanan (dapat dibuat bubur yang dicampur daging buahnya), kulit dipakai sebagai bahan abu gosok dengan cara dijemur sampai kering dan dibakar sampai hancur. Daerah penghasil durian banyak terdapat di daerah Kalimantan Timur, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.



Sumber: wikipedia
 
Durian.jpg

Misteri Gizi Kandungan Buah Durian - Salah satu buah yang sangat digemari oleh banyak orang adalah durian. Selain karena rasanya yang sangat lezat dan aromanya yang harum, ternyata buah durian merupakan salah satu makanan sehat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kata orang, durian berbahaya karena dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Namun, beruntunglah mereka yang menggemari dan tidak berpantang makan King of Fruits itu. Sebab durian sangatlah bergizi. Buah itu mengandung vitamin B, C, E dan zat besi.

Tidak hanya pada daging buahnya saja, tetapi juga pada kulit dan daunnya. Namun tidak banyak orang mengetahuinya, bahkan kadangkala mereka menganggap durian adalah buah yang dapat menyebabkan penyakit. Pendapat mereka itu tidak sepenuhnya salah, karena makan buah durian dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu kadar kolesterol dalam durian juga cukup tinggi.

Tetapi durian merupakan makanan sehat yang baik untuk tubuh jika dimakan tanpa berlebihan. Di dalam daging buah durian mengandung banyak sekali zat gizi, di antaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), asam folat, magnesium (Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin. Durian juga mengandung gula yang cukup banyak serta sifatnya panas sehingga penderita diabetes dan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi durian.

Fosfor dan zat besi yang terdapat dalam durian ternyata 10 kali lebih banyak daripada buah pisang. Kandungan gizi tiap 100 gram buah durian adalah 67 gram air, 2,5 gram lemak, 28,3 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 2,5 gram protein, dan menghasilkan energi sebesar kurang lebih 520 kJ.


Banyak kegunaan durian untuk kesehatan. Selain mengandung vitamin-vitamin di atas, kegunaan lain durian adalah:

  1. Ekstrak kulit dan buah dapat digunakan untuk mengobati bengkak dan penyakit kulit.
  2. Bertentangan dengan kepercayaan populer, durian justru membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  3. Durian juga berfungsi sebagai pembersih darah.
  4. Durian mengandung banyak asam amino triptofan, yang gunanya untuk mengurangi rasa gelisah, depresi dan mengobati insomnia.
  5. Makan durian juga menimbulkan rasa bahagia karena buah ini meningkatkan kadar serotonin dalam otak.
  6. Durian mengandung banyak protein lembut, yang memungkinkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin membentuk otot.
  7. Durian juga adalah afrodisiak kelas wahid.
  8. Juga direkomendasikan sebagai sumber lemak mentah.
  9. Dapat mengatasi anemia karena durian kaya akan asam folat dan zat besi.
  10. Dapat mengatasi sembelit karena durian banyak mengandung serat. Selain itu kulit durian yang dilumatkan dan dioleskan ke perut dapat memudahkan buang air besar.
  11. Menghambat penuaan dini karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan.
  12. Meningkatkan tekanan darah yang rendah karena mengandung zat besi dan sifatnya yang panas.
  13. Mengatasi bengkak.
  14. Mengobati penyakit ruam pada kulit (kurap).
  15. Baik untuk kesehatan tulang dan persendian karena mengandung kalsium, potasium, dan berbagai vitamin B.
  16. Kandungan mangaan dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.
  17. Kulit durian yang dibakar lalu dijadikan abu, airnya dapat melancarkan haid, tetapi juga bersifat abortif.
  18. Buahnya dapat sebagai obat penyakit kuning.
  19. Meningkatkan nafsu makan karena mengandung niasin dan thiamin.
  20. Riboflavin (vitamin B2) dapat membantu mengatasi migrain.
  21. Memelihara kesehatan tiroid karena kandungan tembaganya.
  22. Dapat mengurangi stres dan depresi karena kandungan piridoksin (B6).
  23. Baik untuk kesehatan gigi karena mengandung fosfor (P).
  24. Kulit buah durian dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk.
  25. Akar dan air seduhan daun durian dapat sebagai antipiretik.
  26. Akarnya dapat untuk mengobati infeksi pada kuku.

Walau punya banyak fungsi, bukan berarti kita harus mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang berlebih. Semua ada takarannya. Wanita hamil dan orang yang menderita hipertensi tidak dianjurkan untuk makan durian.

Sebenarnya mengonsumsi 100 gram durian pun sudah cukup. Sebab, dalam 100 gram itu saja sudah relatif banyak gizi yang kita peroleh.

Demikianlah sekian banyak manfaat durian yang akan didapatkan, selama tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Sumbernya
 
klo lihat buah durian tuh uuhk ngiler bangets, tapi kenapa ya gua gak terlalu suka sama rasa buah durian, terlalu enek, :D

Makasih om pale tambahan artikel/infonya, aku kasih reppu ya..
 
klo lihat buah durian tuh uuhk ngiler bangets, tapi kenapa ya gua gak terlalu suka sama rasa buah durian, terlalu enek, :D

Makasih om pale tambahan artikel/infonya, aku kasih reppu ya..

kalo aku malah suka banget den makan durian...
emang sih banyak yang ga suka karena aromanya...
 
ak bisa menghabiskan 2 buah durian montong sekali makan. Tapi dokter menyarankan ak berhenti mengkonsumsi durian lebih dari 1 buah dalam sebulan utk jangka minimal 2 tahun kedepan
 
ak bisa menghabiskan 2 buah durian montong sekali makan. Tapi dokter menyarankan ak berhenti mengkonsumsi durian lebih dari 1 buah dalam sebulan utk jangka minimal 2 tahun kedepan

hati-hati den mojave takutnya kena darah tinggi
 
Ngomong-ngomong, Durian yang warnanya merah itu jenis apa ya?

DURIAN MERAH

1246506445_81b83ba2cc.jpg

Buah durian merupakan tumbuhan buah berbentuk pohon yang hidup di daerah tropis. Saat ini terdapat banyak jenis buah durian namun ada salah satu buah durian yang aneh yaitu durian merah. Berbeda dengan dengan buah durian lainnya, durian merah ini memang sangat aneh. Sebab jika jenis buah durian yang biasa, daging buahnya rata-rata berwarna kuning akan tetapi jika durian merah memiliki daging buah yang berwarna merah.

red_durian_fruit.jpg

Durian merah ini bisa kita jumpai di Desa Kamiren Banyuwangi, Jawa Timur. Ternyata durian ini merupakan salah satu buah durian yang menjadi unggulan di daerah Jawa Timur. Oleh karena itu banyak para penggemar buah durian baik dari Jawa Timur maupun dari luar daerah Jawa Timur rela datang hanya unutuk menikmati buah ini.

Durian yang nama latinnya durio graveolens memiliki ciri daging buah yang berwarna merah. Berbeda dengan durian pada umumnya, biji durian merah lebih kecil dan daging buahnya pun lebih tebal dan lebih manis. Kadar alkoholnya pun lebih rendah dan aroma buah lebih menyengat. Untuk ukuran, buah ini berukuran sedang atau sedikit lebih kecil dibanding durian lain. Warna kulit buah tidak berbeda dengan buah durian lainnya yaitu berwarna kuning. Untuk cara hidup durian ini sama seperti buah durian lainnya yaitu tumbuh di daerah tropis pada ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut. Akan tetapi waktunya berbuah durian merah tidak menentu, tidak bisa dipastikan kapan durian ini berbuah. Yang pasti adalah durian merah hanya berbuah sekali dalam setahun.

Durian merah di Jawa Timur masih tergolong langka, tak heran banyak pegunjung yang tidak bisa membawa pulang buah ini. Sehingga untuk mendapatkan bibit durian di daerah ini sangat sulit. Biasanya pengunjung hanya membawa pulang bijinya dijadikan bibit durian untuk ditanam dirumah. Ternyata durian merah ini juga bisa ditemukan di daerah Kalimantan dan beberapa daerah lainnya, karena durian ini pertama kali ditemukan di daerah pedalaman Kalimantan. Oleh karena itu di daerah Kalimantan kitalebih leluasa mendapatkan bibit durian walaupun di Jawa Timur sangat sulit.

sumber
 
makasih infonya Den pale [<:) sekilas foto yang pertama itu aku pikir buah rambutan :D

Jadi ngiler setelah tau ternyata daging buahnya lebih banyak dibanding besar bijinya. Durian merah ini kalau di cangkok bisa gak ya ?
 
Ada yg paham milih durian ga yach?
Yg aq cari:
- Manis+Pahit2 dikit.
- Isinya gepeng2,. kadang malah ga ada intinya!
- Harga standart kota.
- yg jelas matang/siap dima-em.
...
kalo aq milih
- Blm trbuka kulitnya (keliatan daging buahnya)
- Bau harum durian.
- bunyi koplak2 kalo digoyang.
- Dipukul pake pesau yg jual bunyi buk2 ngga tak2.
- Ujung buah cepak gak lancip2 amat. Dri gemuk2.dahan buah inti kayu kecil.
dls. Harga di Cepu/t4 aq 20-25 rb kira2 sebesar kepala orang. segede bola basket pe 30-40 rb.@--> Aq beli di Semarang harga sama.(Deket ma penghasil)
 
Ada yg paham milih durian ga yach?
Yg aq cari:
- Manis+Pahit2 dikit.
- Isinya gepeng2,. kadang malah ga ada intinya!
- Harga standart kota.
- yg jelas matang/siap dima-em.
...
Bisa pilih durian petruk...Di Jepara sentranya...
Kalo di Semarang aku dulu pernah beli durian jenis ini di jalan yang ke arah Purwodadi... jalan Majapahit ya kalo nggak salah.... Di situ banyak banget yang jual durian sepanjang jalan kalo lagi musim durian... Atau di jalan yang deket museum ronggowarsito, nggak tau nama jalannya, tapi sekitar kalibanteng gitu deh....

Kalo di Semarang sendiri, banyak tuh jenis durian yang enak, tapi emang rasanya beda dengan petruk, rasanya dominan manis... Contohnya Durian Kendil dan durian bubur...

Sempet makan 2 jenis durian itu saat perjalanan dari Jakarta menuju Salatiga, aku ambil rute alternatif lewat Gunung Pati, dan sekitar perumahan BSB ada sentra penjual durian... Nah di situ banyak dijual durian jenis2 itu... Kalo nggak salah itu nama daerahnya adalah Mijen....


-dipi-
 
Back
Top