Lapas Kerobokan Rusuh, Napi Mengamuk dan Membakar Kantor Lapas.

Dipi76

New member
Napi Mengamuk, Lapas Kerobokan Dibakar
Muhammad Hasanudin | Hery Prasetyo | Rabu, 22 Februari 2012 | 00:48 WIB

1651546620X310.jpg


DENPASAR, KOMPAS.com — Narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Denpasar, Bali, mengamuk. Mereka membakar lapas pada Selasa (21/2/2012) pukul 23.00 WIB.

Kebakaran awalnya terjadi di kantor untuk masuk ke lapas. Namun, api segera membesar dan semakin mencekam.

Aparat keamanan langsung berdatangan, tetapi para napi melakukan perlawanan. Mereka melempari polisi dengan benda-benda keras. Hingga saat ini ketegangan masih terjadi.

Kapolda Bali Irjen Totoy Herawan Indera datang ditemani Kapolres Denpasar Kombes I Wayan Sunartha.

Menurut laporan wartawan Kompas.com, Kapolres dan anggotanya sudah mencoba masuk ke lapas untuk melakukan negosiasi dengan para napi. Namun, belum diketahui proses negosiasinya. Dari luar masih terdengar teriakan-teriakan para napi.


=======================

Napi Lapas Kerobokan Mengamuk
Polisi Sudah Terobos ke Dalam Lapas
Muhammad Hasanudin | Aloysius Gonsaga Angi Ebo | Rabu, 22 Februari 2012 | 06:04 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Meskipun sempat molor dari jadwal semula, polisi akhirnya menerobos ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Denpasar, Bali, sekitar pukul 06.50 Wita. Terdengar sejumlah tembakan saat berlangsungnya aksi tersebut.

Polisi berusaha mengatasi situasi di dalam lapas, yang sempat kisruh akibat amukan para narapidana. Seperti yang dilaporkan, para napi Lapas Kerobokan ini mengamuk dan membakar lapas pada Rabu (22/2/2012) dini hari Wita. Aparat kepolisian dibantu TNI langsung terjun ke lokasi untuk melakukan pengamanan.

Tiga mobil pemadam kebakaran dan dua water canon dikerahkan untuk memadamkan api. Lebih dari tiga jam si jago merah baru bisa dijinakkan, dan polisi langsung mensterilkan lokasi dengan memasang police line di area lapas, hingga akhirnya mereka berhasil menerobos ke dalam—menurut rencana, penerobosan itu seharusnya dilakukan pukul 04.30 Wita.

=====================

Dua Napi Lapas Kerobokan Ditembak
Muhammad Hasanudin | Tri Wahono | Rabu, 22 Februari 2012 | 06:49 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Aparat keamanan dari kepolisian yang dibantu TNI masih berupaya mengamankan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan Denpasar, Bali setelah aksi kerusuhan dan pembakaran yang dilakukan para narapidana, Rabu (22/2/2012) dini hari.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, pagi ini, terlihat dua orang narapidana terkena tembakan di bagian kaki. Keduanya telah dibawa keluar lapas dan dilarikan ke rumah sakit.

Aparat kepolisian juga sudah mengamankan sejumlah senjata dari dalam lapas. Masing-masing sekitar 10 senjata laras panjang dan dua senjata laras pendek. Selain senjata laras panjang dan laras pendek, polisi juga terlihat mengamankan amunisi. Senjata-senjata dan amunisi tersebut kemungkinan didapatkan para napi dari gudang penyimpanan.

Sempat terdengar suara tembakan beberapa kali di dalam lapas saat aparat mencoba menerobos masuk untuk mengendalikan situasi sekitar pukul 06.50 WITA. Sejauh ini, aparat telah berisgaa di dalam dan di luar lapas.

Seperti diberitakan sebelumnya, para napi di Lapas Kerobokan mengamuk dan membakar lapas pada Rabu (22/2/12) sekitar pukul 00.00 WITA. Aparat kepolisian dibantu TNI langsung terjun ke lokasi untuk melakukan pengamanan.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran dan dua water canon dikerahkan untuk memadamkan api. Lebih dari tiga jam si jago merah baru bisa dijinakkan, dan polisi langsung mensterilkan lokasi dengan memasang police line di area lapas.




Kompas




-dipi-
 
kadang2 juga para petugas Lapas memperlakukan Napi tak adil sehingga terjadi kecemburuan sosial antar Napi.
 
Kita mengharapkan agar para Napi yang menghuni Lapas akan menjadi manusia yang normal lagi setelah menyelesaikan 'pendidikan' oleh para petugas hukum di tempat ini. Apabila kejadian brutal sampai muncul dari para Napi, maka pertanyaan terhadap pendampingan di Lapas adalah fokus utama yang perlu dipertanyakan.
 
Back
Top