jelaskan apa yang menyebabkan jarum kompas selalu menunjuk ke arah utara? ada apa di utara bumi sebenarnya?

Ini karena bumi merupakan salah satu magnet terbesar, disebut juga magnetisme terestrial.

Bagian utara bumi berkutub selatan, sedangkan bagian selatan bumi berkutub utara berlawanan dengan jarum kompas.

Jadi, kutub utara jarum kompas selalu menunjukkan kutub selatan di bagian utara bumi. Ini karena kutub selatan dan kutub utara saling tarik-menarik.
 
yg ga habis pikir.. yg bisa jadi magnet kan besi.. emang diperut bumi ada melintang besi gede ya? kalo tanah lah ga mungkin jadi magnet! rasa2 aksioma ini perlu dipatahkan loh! pikirku andai rotasi bumi berubah .. pasti arah kompaspun ga nunjuk ke t4 seperti saat ini. (BiniN)

- n1 -
 
kadangkala kan ada juga magnet berbentuk tanah dan terdapat ditanah yaitu bijih besi dan pasir besi, jadi masuk akal juga kalau bumi adalah magnet
 
Prakira-an aku hubungan Rotasi, Sinar matahari, Ion yg ditimbulkan karena ini akan mengarahkan ke titik rotasi=0. karena ion2 nyatu berabad2.. terbentuk magnetisasi/memagnitkan bumi karena gesekan.

Andai bumi tidak mengandung unsur besi?

(Misal planet lain yg ga ada unsur besinya lalu kita bawa kompas kesana. arah kompas kemana? prakira-an aku nunjuk ke titik rotasi=0 juga. yg narik bukan ubsur besinya tapi ion2 yg ada di kutub/rotasi=0. ini perlu pembuktian!)

Andai planet tidak ber rotasi? planet tidak dalam system kesetimbangan alam. dia tidak punya t4 kedudukan tetap/jalan2 lah kemana dia suka... eh ndeketi mana yg narik2.

- n1 -
 
Back
Top