Mau Investasi Properti? Ketahui Dulu Plus Minusnya

GuruRumah

New member
Sumber : http://www.rumah.com/berita-properti

Kemacetan dan gaya hidup modern belakangan ini, membuat penjualan apartemen kian meningkat. Umumnya, alasan membeli apartemen adalah untuk mendekatkan tempat tinggal dengan tempat beraktivitas, seperti bekerja atau kuliah.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan investasi apartemen yang dikutip dari buku ‘Menjadi Kaya Melalui Properti’ tulisan Panangian Simanungkalit:

Kelebihan
Pertama, permintaan (demand) tinggi, terutama di area CBD (central business district), kawasan pemukiman ekspatriat, dan lingkungan kampus. Kawasan pemukiman ekspatriat di Jakarta misalnya kawasan Kemang.

Kedua, jangka waktu sewa menengah (2-3 tahun). Apartemen atau kondominium biasanya disewa untuk mendekatkan penyewa dengan lokasi kegiatannya, terutama lokasi kantor. Dengan demikian, jangka waktu sewanya rata-rata sekitar dua atau tiga tahun.

Ketiga, risiko kekosongan rendah. Artinya, jika lokasi tersebut sudah nyaman sebagai tempat tinggal, biasanya penyewa akan terus menempati apartemen tersebut. Di lain pihak, calon penyewa pun berdatangan mencari unit-unit yang kosong untuk disewa. Salah satu faktor rendahnya risiko kekosongan apartemen adalah mulai terbiasanya masyarakat kita dengan budaya tinggal di hunian vertikal.

SELENGKAPNYA

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com
 
Back
Top