Dominasi .Com telah habis! Benarkah?

indonesiaindonesia

Administrator
Tanggal: 17 Jul 2000
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Pada hari ini konfrensi Internet Corporations for Assigned Names and Numbers (ICANN) di Yokohama telah usai. Adapun hasil keputusan dalam konfrensi tersebut adalah ICANN berhasil merumuskan tiga Top Level Domain Name (TLD) baru yang akan menyaingi tiga TLD yang telah ada yaitu .com, .net dan .org. Adapun ketiga TLD baru adalah .shop, .tel dan .news.
ICANN mulai hari ini akan mulai menyusun "master plan" dan memberikan aplikasi baru kepada para registrar yang terakredasi yang berniat untuk mulai menambahkan ketiga TLD tersebut dalam service mereka. Namun semua perusahaan yang telah mendapat akreditas dari ICANN tersebut diharuskan membuat sebuah proposal yang berisikan bagaimana cara mereka dalam mempromosikan ketiga TLD baru itu ke masyarakat luas.
Aplikasi ini baru akan disebarkan pada bulan Agustus tahun ini dan diharapkan pada akhir tahun ini, registrar dan nama TLD baru tsb sudah bisa dipasarkan kepada masyarakat umum.
Adapun aplikasi apa saja yang harus dilengkapi oleh para registrar akan dibahas pada pertemuan selanjutnya di Los Angeles, Amerika Serikat.
Namun meskipun ketiga TLD tersebut akan diperkenalkan pada akhir tahun ini, persoalan yang menyangkut nama domain akan semakin rumit saja. Masih banyak yang harus dibenahi untuk menghindari cybersquatting dan masalah trademark bagi ketiga TLD baru tersebut. Jangankan untuk ketiga TLD baru itu, tiga TLD yang sudah ada saat ini saja, pihak ICANN masih kelimpungan dalam mengatasi masalah-masalah seperti trademark, "dispute"/perselisihan dan sebagainya. Diharapkan dengan lahirnya ketiga TLD baru ini, tidak semakin membuat bingung khalayak umum dan tidak semakin membuat orang menjadi gila dalam mengumpulkan nama-nama yang masih lowong itu. Kelihatannya 5 tahun kedepan TLD .com masih menjadi pilihan utama dalam meregistrasikan nama domain daripada TLD baru. Bagaimana menurut anda?
 
Back
Top