KORPS GARUDA - Generasi Indonesia yang tangguh, berintegritas dan berakhlak mulia

blaxx

New member
Halo rekan pemuda sebangsa dan setanah air,

Postingan yang akan saya jelaskan secara singkat dibawah ini adalah sebuah Gagasan atau Program Strategi untuk menyiapkan generasi Indonesia yang tangguh, berintegritas, memiliki jati diri sebagai seorang anak bangsa yang besar, dan sekaligus berakhlak mulia.

Sebenarnya sudah lama saya ingin menyampaikan gagasan ini, namun baru pada saat ini saya mempunyai kesempatan untuk membagikan ide ini karena kebetulan akhir-akhir ini cukup banyak media yang memprakarsai kegiatan-kegiatan yang memiliki kesamaan tema, yakni Menjadikan Indonesia yang Lebih Baik.

Secara garis besar, ada 2 hal yang saya ingin garis bawahi dalam gagasan ini. Yaitu melakukan perbaikan secara internal dan eksternal terhadap Indonesia. Dan keduanya bisa secara terpadu dikerjakan dengan KORPS GARUDA. Seperti apakah dia?

Mari kita mulai,
KORPS GARUDA terdiri dari 5 orang pemuda usia antara 23-25 tahun yang memiliki latar belakang kependidikan bermacam-macam. Namun lebih disukai pada keilmuan yang bisa memberikan bantuan langsung dan pendekatan sosial kepada masyarakat.
Misalnya:
- Kedokteran
- Teknik Sipil
- Teknik Pengairan
- Arsitektur
- Hukum
- Fisipol
- Seni dan budaya
- Bahasa Inggris, dsb.

Kelima pemuda ini dikirimkan tersebar ke negara-negara berkembang atau negara-negara dunia ketiga diseluruh penjuru dunia.
Misi dan tugas utama mereka adalah:
"BEKERJA DAN MELAKSANAKAN MISI KEMANUSIAAN"
dengan cara menyumbangkan keilmuan yang mereka miliki untuk kebaikan masyarakat yang mereka tinggali dalam jangka waktu 6 bulan hingga maksimal 1 tahun.

Mengapa negara-negara dunia ketiga?
Karena pemuda-pemudi Indonesia perlu belajar menjadi calon pemimpin yang "down to earth", yang mengerti nilai-nilai sustainable development diatas industrialisasi.
KORPS GARUDA harus membuktikan dedikasi mereka terhadap keilmuan yang mereka miliki untuk kemanusiaan. Mereka harus melihat kenyataan dunia diluar Indonesia dengan memahami persoalan regional dan berusaha memberikan solusi secara global.

Manfaat:
Manfaat Eksternal
Bagi negara yang ditinggali, akan terbantu secara keilmuan dan praktikal.

Manfaat Internal
- Mengharumkan nama Indonesia, karena Korps Garuda membawa misi sosial bagi kebaikan dunia.
- Melatih problem solving skill, tanpa pamrih, serta jiwa kepemimpinan yang jujur dan berani.
- Menaikkan reputasi bangsa Indonesia di mata dunia sebagai bangsa yang besar. Kesuksesan Korps Garuda di Negara tertuju akan diikuti secara berkesinambungan, yang berarti adalah transfer keilmuan, transfer teknologi, dan bahkan transfer budaya.
- Membuka kesempatan jalur pendidikan global, dengan Indonesia sebagai pusatnya.
Membuka kesempatan kerjasama di segala bidang.
- Membentuk pribadi yang solid, peka terhadap situasi dan penuh visi. Saat para generasi muda tersebut kembali ke Indonesia, mereka adalah generasi pemimpin istimewa. Karena mereka mengerti akan nilai kerja keras, kemanusiaan, dan harga yang harus dibayar untuk membangun sebuah bangsa yang besar.

Sedikit gambaran dengan video presentasi yang saya unggah di youtube:
[ame]http://youtube.com/watch?v=3qP_tjtr3xo[/ame]

Mari menyiapkan generasi-generasi muda Indonesia yang tangguh. Buktikan pada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, kaya, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
 
Back
Top