Fundamental: Data Ekonomi [MFX Trading Academy]

Mfxacademy

New member
Fundamental: Data Ekonomi [MFX Trading Academy]

Salam rekan semua,
Izinkan kami bergabung disini dan berkontribusi dan mem-posting sentimen / fundamental penggerak pasar.

Semoga sukses buat rekan semua.
 
Last edited by a moderator:
Pesanan manufaktur AS masih di bawah ekspektasi


Pesanan pabrik AS meningkat pada bulan Desember, terdongkrak oleh meningkatnya belanja pertahanan, pada kondisi pada bulan tersebut di tengah ancaman "fiscal cliff" yang memnuncah

Pesanan produk manufaktur hanya meningkat 1,8% menjadi $484,76 miliar, data dari Departemen Perdagangan Senin menunjukkan. Sementara para ekonom dalam survei Dow Jones Newswires memperkirakan kenaikan 2,2%. Di sepanjang 2012, pesanan pabrik mengalami kenaikan 3,0% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pesanan produk modal pertahanan melonjak 110,3% di Desember. PEsanan produk tahan lama pada industri pertahanan meningkat lebih dari dua kali lipat pada bulan Desember, hanya beberapa saat sebelum pemangkasan terhadap belanja militer dilakukan. Pesanan manufaktur, tidak termasuk produk pertahanan, hanya meningkat 0,3%.

di awal tahun, Kongres dan Gedung Putih mencapai kata sepakat untuk menghindari fiscal cliff, menghilangkan sebagian besar kenaikan pajak yang akan datang dan menunda pemotongan belanja yang siap berlaku.

Pesanan untuk produk tahan lama, item yang dapat digunakan setidaknya dalam kurun waktu tiga tahun, meningkat 4,3%, direvisi turun dari kenaikan 4,6%. Pesanan kenderaan bermotor dan suku cadang meningkat 0,3%, sementara pesanan pesawat sipil meningkat 10,1%. Tidak termasuk sarana transportasi, pesanan pabrik meningkat 0,2% sepanjang Desember.

Parameter utama investasi bisnis - pesanan untuk barang modal non-pertahanan, tidak termasuk pesawat - turun 0,3%. Sementara pesanan untuk barang-barang konsumsi turun 0,1%.
 
Keputsaan Shirakawa sebabkan Yen tak berdaya

Yen mencatat penurunan tajam terhadap dolar dan euro lebih dari 1% terhadap yen. Bahkan, dolar AS sempat meneyntuh level tertingginya terhadap yen dalam kurun waktu dua setengah tahun setelah Gubernur Bank Sentral Jepang menyatakan akan mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir.

Gubernur BoJ Masaaki Shirakawa hari ini mengatakan dalam pernyataannya bahwa beliau akan mengundurkan diri tiga minggu sebelum berakhirnya masa jabatan beliau, lima tahun. Pengunduran ini diikuti oleh dua wakil gubernur.

Langkah ini cenderung akan mempercepat transisi pelonggaran moneter yang lebih agresif, di tengah tekanan bertubi-tubi dari pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe untuk meningkatkan langkah-langkah memerangi deflasi.

Sebelumnya, pada akhir pertemuan kebijakan bulan lalu, BoJ mengatakan mengadopsi target inflasi 2% dan berkomitmen "terbuka" untuk pembelian aset pada awal tahun depan.

Terpantau, dolar mengalami konsolidasi terhadap di level 93,33, atau mencatat kenaikan 1,04%. Perdagangan kedua mata uang itu bahkan menyentuh posisi tertinggi sejak Mei 2010, pada level 93.52 pada perdagangan sore di Eropa. Sementara terhadap euro, yen terdampar mendekati level terendah di 33 bulan, dengan euro mencatat kenaikan 1,19% ke level 126.30.
 
Aktifitas jasa AS melambat di Januari

Aktifitas jasa AS melambat di Januari



Sektor jasa AS mengalami penurunan aktifitas di bulan lalu. Secara perhitungan aktifitas sektor jasa di AS mencatat kenaikan, namun pada laju yang lebih lambat, ini diakibatkan oleh menurunnya kegiatan usaha dan produksi, menurut data yang dirilis oleh Institute for Supply Management.

Indeks pembelian manajer ISM sektor jasa merosot menjadi 55,2 di Januari dari revisi 55,7 pada bulan Desember, yang sebelumnya dilaporkan di angka 56,1, tertinggi sejak Februari 2012. Dalam survei Dow Jones Newswires, para ekonom memperkirakan aktititas jasa di AS turun menjadi 55,0 pada bulan lalu.

Indeks sub ISM di Januari terpantau beragam. Dengan beragam komentar responden mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini, meskipun sebagian besar optimis akan adanya pemulihan.

Indeks aktifitas usaha/produksi jatuh ke level 56,4 dari angka 60,8 yang dilaporkan pada bulan Desember, namun masih menunjukkan pertumbuhan untuk bulan ke-42 berturut turut. Indeks pesanan baru turun 3,9 poin persentase menjadi 54,4.

Selanjutnya:
 
Produksi manufaktur Inggris meningkat signifikan

Produksi manufaktur Inggris meningkat secara signifikan bahkan melampaui perkiraan pada bulan Desember, sementara angka produksi industri juga runtuhkan ekspektasi, data resmi menunjukkan pada hari Kamis.

Dalam laporannya, Kantor Statistik Nasional Inggris menunjukkan, produksi manufaktur Inggris naik 1,6% pada bulan Desember, dua kali lipat dari ekspektasi kenaikan 0,8%. Namun, produksi manufaktur Inggris di November turun sebesar 0,3%,

Laporan ini juga menunjukkan produksi industri naik 1,1% pada bulan Desember, dibandingkan dengan ekspektasi yang hanya memperkirakan kenaikan 0,9%, setelah naik 0,2% yang direvisi pada bulan November.

Pada basis tahunan, produksi industri turun 1,7% pada bulan Desember, masih lebih baik dibandingkan dengan ekspektasi yang memperkirakan penurunan 2,1%. Produksi industri turun pada laju 2,4% pada bulan sebelumnya.
 
Klaim pengangguran AS kembali menurun di pekan lalu

Jumlah pekerja AS yang mengajukan aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran turun pada pekan lalu, mmebawa klaim pengangguran mendekati level yang terakhir terlihat cukup konsisten di awal tahun 2008. laporan ini juga menjadi sinyal pasar tenaga kerja yang semakin membaik meski perlahan.

Klaim pengangguran awal turun 5.000 menjadi 366.000 dalam pekan hingga 2 Februari, Departemen Tenaga Kerja Kamis melaporkan. Parameter yang lebih handal - rata-rata klaim pengangguran empat minggu turun 2.250 menjadi 350.500. Tingkat rata-rata klaim ini belum pernah sentuh level bawah sejak Maret 2008.

Ekonom dalam survei Dow Jones Newswires memperkirakan, sebanyak 360.000 aplikasi baru tunjangan pengangguran yang diajukan pada pekan lalu. Klaim untuk pekan sebelumnya direvisi naik menjadi 371.000 dari estimasi awal 368.000.

Selanjutnya:
 
Dua bank sentral di Eropa masih pertahankan kebijakan



Bank sentral Inggris, Bank of England (BoE), kembali mempertahankan kebijakan suku bunga acuan dan target pembelian obligasi nya pada pengumuman pasca pertemuan kebijakan yang dirilis Kamis.

BoE mengatakan, di saat perekonomian Inggris terlihat masih menuju pertumbuhan yang lambat, juga dikhawatirkan bahwa pemulihan ekonomi di Inggris masih berpeluang terkendala oleh masalah di zona euro dan di tempat lain.

Sementara itu, dalam rilisan terpisah Bank sentral Eropa, European Central Bank (ECB) juga masih melakukan langkah yang sama, mempertahankan kebijakan suku bunganya tidak berubah untuk bulan ketujuh berturut-turut, Kamis, seperti yang diperkirakan, menahan tekanan untuk mengendurkan kebijakan guna membendung kenaikan euro terhadap mata uang mitra dagang utama.

Di London, Komite Kebijakan Moneter (MPC) bank sentral Inggris mempertahankan suku bunga acuannya di 0,5% dan program stimulus pembelian obligasi, atau yang lebih dikenal dengan Quantitative Easing, sebesar 375 miliar pound atau setara dengan $587,2 miliar, menurut pernyataan MPC.

Selanjutnya:
 
Defisit perdagangan AS menyusut 21%

72689_470916566306253_180258113_n.jpg


Defisit perdagangan AS tak terduga menyempit pada bulan Desember karena jatuhnya minyak impor jatuh ke level terendah di lebih dari satu dekade, menyiratkan ekonomi yang lebih kuat dari yang diperkirakan pada kuartal keempat.

Defisit perdagangan barang dan jasa AS di internasional menyempit menjadi $38,54 miliar dari revisi $48,61 miliar di bulan sebelumnya, Departemen Perdagangan Jumat melaporkan. Hasil ini meripakan kontraksi defisit terbesar di hampir empat tahun dan defisit terkecil sejak Januari 2010. Ekonom dalam survei Dow Jones Newswires memperkirakan defiti perdagangan AS menyempit menjadi $45,5 miliar.

Para ekonom mengatakan data perdagangan saat ini dapat menambahkan 0,5 hingga 0,7 persen poin terhadap PDB yang diperkirakan untuk kuartal keempat, lemahnya data persediaan grosir untuk bulan sedikit membatasi kenaikan.

Penurunan harga minyak mentah besar-besarab, menyebabkan jumlah minyak impor menyusut 8,3% pada bulan Desember ke level terendah sejak tahun 1997. Pada saat yang sama, nilai ekspor minyak mencapai rekor tertinggi. Berkat teknologi baru, produksi minyak mentah dan gas alam mentah AS mencatat sejarah pada tahun 2013, sementara konsumsi secara bertahap tumbuh lebih efisien.

Selanjutnya:
 
Produksi industri zona euro meningkat untuk kali pertama

Produksi industri zona euro meningkat untuk kali pertama

Produksi industri zona euro mencatat kenaikan pertama dalam empat bulan terakhir pada bulan Desember, sehingga meredam kekhawatiran prospek pertumbuhan ekonomi di kawasan mata uang tunggal tersebut, data resmi pada hari Rabu menunjukkan.

Eurostat, lembaga statistik Eropa dalam laporannya menunjukkan produksi industri di kawasan euro meningkat 0,7% pada bulan Desember, dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 0,2%.

Sementara angka pada bulan November mengalami revisi turun menjadi penurunan 0,7% dari penurunan 0,3% yang dilaporkan sebelumnya.
Selanjutnya:
 
Penjualan ritel Inggris jatuh di Januari

Penjualan ritel Inggris jatuh di Januari

528113_473903446007565_1738582911_n.jpg


Penjualan ritel Inggris secara tak terduga merosot di Januari, data resmi ONS Jumat menunjukkan, setelah salju tebal mendera penjualan makanan dan bahan bakar. Data ini kemungkinan melemahkan harapan kembali tumbuhnya ekonomi Inggris di kuartal pertama 2013 setelah mencatat penurunan 0,3% antara bulan Oktober dan November tahun lalu.

Kantor Statistik Nasional (ONS) melaporkan, penjualan ritel Inggris turun 0,6% di Januari, penurunan bulanan terbesar sejak April 2012. Penjualan ritel juga mencatat penurunan 0,6% dari tahun sebelumnya. Hasil tersebut berlawanan denegan estimasi para ekonom yang memperkirakan penjualan ritel naik 0,6% pada bulan tersebut dan kenaikan 1% pada tahun ini.

ONS mengatakan penurunan penjualan ritel di bulan Januari terjadi katena menurunnya penjualan makanan, akibat buruknya cuaca sehingga banyak toko kecil yang tidak beraktifitas. Dengan rata-rata penjualan makanan mingguan di Inggris jatuh ke level terendah sejak April 2004 di Januari, ONS mengatakan.
Selanjutnya:
 
Pengembang real estate AS tampaknya sedikit pesimis

Pengembang real estate AS tampaknya sedikit pesimis



Pembangun rumah/pengembang real estate di AS tampaknya mengalami penurunan kepercayaan untuk pertama kalinya dalam 10 bulan terakhir, seperti yang terlihat pada indeks pasar perumahan AS yang dirilis asosiasi pengembang perumahan AS Selasa (19 Feb) kemarin. Namun, indeks tersebut masih berada di antara tingkat tertinggi di hampir tujuh tahun.

National Association of Home Builders (NAHB) Selasa melaporkan, indeks pasar perumahan indeks AS berada di angka 46 pada bulan Februari, hanya turun satu poin dari bulan sebelumnya. Dengan angka di bulan Januari masih yang terkuat sejak April 2006.

Data tersebut masih berada di bawah ekspektasi. Di mana dalam survei yang dilakukan oleh Dow Jones Newswires menunjukkan, para ekonom memperkirakan indeks akan meningkat menjadi 48.

Menyusul kenaikan selama tahun lalu, kepercayaan pembangun pada dasarnya telah cukup membaik, kata Rick Judson, ketua kelompok dan pembangun rumah dari Charlotte, NC. Para developer khawatirkan kondisi pertumbuhan pekerjaan dan ketersediaan kredit KPR, serta meningkatnya biaya untuk bahan bangunan.

Selanjutnya
 
Transferan BOE dongkrak surplus keuangan Inggris:

Pemerintah Inggris mencatat surplus terbesar pada keuangan publik selama lima tahun terakhir pada bulan Januari, namun harapan Menteri Keuangan George Osborne untuk mencapai target pinjamannya ternoda oleh keputusan bahwa tidak semua keuntungan dari program pembelian obligasi Bank Sentral Inggris dapat ditransfer ke kas pemerintah.

Kantor Statistik Nasional mengatakan sektor publik melakukan pembayaran hutang bersih - yang berarti surplus – sebesar 11,4 miliar pound atau setara dengan $17,5 miliarpada bulan Januari - pembayaran utang bersih terbesar sejak Januari 2008.

Sebagai perbandingan, pada Januari 2012 ada pembayaran utang bersih senilai 6,4 miliar pound. Angka-angka tersebut tidak termasuk intervensi yang dilakukan di sektor keuangan selama krisis keuangan dan juga tidak termasuk transfer sebesar 28 miliar pound dari dana pensiun Royal Mail kepada pemerintah pada bulan April 2012.

Selanjutnya:
 
Pengangguran di AS bertambah, klaim tunjangan naik 20.000

Pengangguran di AS bertambah, klaim tunjangan naik 20.000

Jumlah pekerja AS yang mengajukan klaim baru tunjangan pengangguran melonjak pada pekan lalu, sehingga ini mengingatkan pemulihan pasar tenaga kerja yang sangat lambat.

Klaim pengangguran awal meningkat sebanyak 20.000 menjadi 362.000 pada pekan hingga 16 Februari, Departemen Tenaga Kerja Kamis mengatakan. Dalam survei Dow Jones Newswires, para ekonom telah memperkirakan sebanyak 350.000 aplikasi tunjangan pengangguran yang baru. Klaim untuk pekan sebelumnya sedikit direvisi naik menjadi 342.000 dari estimasi awal 341.000.

Seorang analis Departemen Tenaga Kerja mengatakan laporan dari empat negara bagian, termasuk Kalifornia, setidaknya sebagian yang diperkirakan. Perkiraan kadang menyebabkan revisi yang cukup besar.

Selanjutnya:
 
Fed Chicago: Aktifitas nasional menurun di Januari

Fed Chicago: Aktifitas nasional menurun di Januari


554929_478455632219013_43784660_n.jpg


Penurunan produksi di sektor industri AS pada bulan lalu membuat indeks ekonomi yang sangat dipantau kembali menuju ke wilayah negatif.

Federal Reserve Bank Chicago Senin melaporkan, Indeks aktifitas nasional merosot ke level -0.32 di Januari dari 0,25 pada bulan Desember, jauh di bawah perkiraan konsensus yakni 0,02 dalam survei yang dilakukan oleh Dow Jones Newswires.

Rata-rata dalam tiga bulan, meningkat untuk bulan ketiga, naik menjadi 0,30 di Januari dari 0,23 pada bulan Desember.

Fed Chicago merevisi hasil di Desember menjadi kenaikan 0,25 dari 0,02. Indeks produksi mencatat penurunan terbesar pada bulan Januari, dengan penurunan -0.17 dari 0,35, dengan sektor manufaktur turun 0,4% setelah naik 1,1% pada bulan Desember.

Selanjutnya:
 
CB: Konsumen AS menatap positif kondisi ekonomi

CB: Konsumen AS menatap positif kondisi ekonomi

Konsumen AS menunjukkan optimismenya terhadap perekonomian, ini terlihat dari indeks kepercayaan konsumen yang dirilis oleh Conference Board (CB) yang rebound di bulan ini, setelah sektor rumah tangga memperkirakan terjadi peningkatan pada pasar tenaga kerja serta pendapatan.

CB melaporkan indeks kepercayaan konsumen meningkat menjadi 69,6 di Februari, dari angka 58,4 yang mengalami revisi kenaikan pada bulan Januari, yang sebelumnya dilaporkan berada di angka 58,6. Ini merupakan level tertinggi indeks sejak November 2012. Laporan ini jauh di atas ekspektasi para ekonom dalam survei Dow Jones Newswires yang memperkirakan indeks hanya mencatat kenaikan menjadi 62.0.

Selanjutya:
 
"Konsumen AS optimis meski menghadapi kenaikan pajak dan harga"

"Konsumen AS optimis meski menghadapi kenaikan pajak dan harga"
734488_480117888719454_700595500_n.jpg

Konsumen AS merasa ekonomi lebih baik di bulan lalu bahkan melampaui perkiraan meski menghadapi pajak yang lebih tinggi dan harga yang juga meningkat seperti di SPBU, menurut indeks sentimen di akhir Februari yang dirilis Jumat.

Thomson-Reuters/University of Michigan menunjukkan, indeks sentimen konsumen naik menjadi 77,6 dari hasil di awal bulan yakni 76,3. Indeks berada pada laju tertinggi sejak November.

Ekonom melalui survei Dow Jones Newswires memperkirakan hasil di akhir Februari berubah di angka 76,3.

"Kepercayaan konsumen terus membaik pada bulan Februari karena pertumbuhan yang diharapkan di sektor kerja," kata Richard Curtin, kepala ekonom laporan tersebut. "Pertumbuhan di lapangan pekerjaan yang diharapkan telah sebagian diimbangi oleh kekhawatiran tentang pajak gaji yang lebih tinggi dan pemangkasan pengeluaran pemerintah federal."

Selanjutnya:
 
"ISM: Aktifitas manufaktur AS Meningkat di Februari"

Aktifitas di sektor manufaktur AS meningkat sedikit lebih cepat di bulan lalu, namun di tengah meningginya tekanan biaya, menurut data yang dirilis hari Jumat oleh Institute for Supply Management.

Indeks manajer pembelian (PMI) sektor manufaktur ISM meningkat menjadi 54,2 pada Februari dari 53,1 pada Januari. Angka dilaporkan tersebut berlawanan dengan ekspektasi ekonom dalam survey yang dilakukan oleh Dow Jones Newswires yang memperkirakan PMI di Februari justru jatuh ke angka 52,5.

Sebelumnya Jumat, penyedia data Markit mengatakan PMI AS menunjukkan sektor pabrik melambat, bahkan diberitakan tidak semuanya buruk. Indeks PMI Markit jatuh ke level 54,3 dari 55,8 pada bulan Januari, namun indeks output mencatat angka tertinggi sejak Maret 2012.

Survei ISM, di sisi lain, umumnya lebih kuat, kecuali sektor kerja. Permintaan pun juga menguat di bulan lalu.

Selanjutnya:
 
BOE masih pertahankan kebijakan

BOE masih pertahankan kebijakan

485995_482939438437299_873629068_n.jpg


Bank Sentral Inggris (BOE) masih mempertahankan kebijakan moneternya yang meliputi suku bunga acuan serta kebijakan program pembelian asetnya.

Dalam keputusannya yang dirilis hari ini menunjukkan, suku bunga acuan masih bertahan di 0,5% seperti yang sudah diduga sebelumnya, yang kembali dipertahakan untuk ke 48 bulan berturut-turut.

Bank sentral juga mempertahankan besaran program pembelian aset dengan biaya yang digunakan dari dana cadangan bank sentral sebesar 375 miliar pound.

Sesaat dirilisnya data tersebut, pound kembali mencatat kenaikan terhadap dolar AS, dengan GBP/USD menguat 0,34% diperdagangkan di level 1,5070. Padahal sebelum dirilisnya keputusan BoE ini, pound melemah dengan GBP/USD tergelincir 0,12% ke level 1,5000.
 
Bank Sentral Eropa juga tahan kebijakan suku bunga

Bank Sentral Eropa juga tahan kebijakan suku bunga

482352_483023358428907_2140009545_n.jpg


Bank Sentral Eropa juga kembali mempertahan suku bunga acuannya, setelah sebelumnya BoE mempertahankan kebijakan moneternya (suku bunga dan program pembelian aset), di saat bank sentral eropa menakar seberapa besar ancaman Italia terhadap pemulihan ekonomi.

Pada pertemuan di Frankfurt hari ini, para pembuat kebijakan terus mempertahankan suku bunga acuan pada rekor rendah 0,75 persen, seperti yang sudah diperkirakan banyak pihak. Presiden Mario Draghi mengadakan konferensi pers di 2:30 siang waktu setempat untuk menjelaskan keputusan tersebut.

Pemotongan anggaran dan reformasi ekonomi ditolak oleh lebih dari separuh pemilih dalam pemilu Italia bulan lalu, sehingga merusak optimisme bahwa kawasan euro akan menyingkirkan krisis utang dan secara bertahap keluar dari resesi tahun ini.

Bank sentral juga masih mempertahankan suku bunga pinjaman dan suku bunga deposito tidak berubah di masing-masing, 1,50% dan 0,0%, juga seperti yang sudah diharapkan.
 
Angka pengangguran AS kian menurun di dua pekan

Angka pengangguran AS kian menurun di dua pekan

Angka pengangguran di AS kembali mencatat penurunan di pekan lalu, ini terlihat dari jumlah pengajuan klaim baru tunjangan pengangguran AS yang secara tak terduga turun di pekan lalu, menunjukkan, masih terus membaiknya kondisi sektor tenaga kerja AS.

Tercatat di pekan lalu, sebanyak 340.000 jumlah klaim awal tunajngan pengangguran di pekan lalu, atau mengalami penurunan sebanyak 7.000 pengajuan baru di pekan hingga 2 Maret silam, data dari Departemen Tenaga Kerja Kamis menunjukkan.

Para ekonom dalam survei Dow Jones Newswires memperkirakan sebanyak 350.000 aplikasi tunjangan pengangguran baru yang diajukan. Relatif sedikit di atas angka aktual yang dirilis tersebut. Sementara itu, klaim untuk pekan sebelumnya sedikit mengalami revisi kenaikan menjadi 347.000 dari laporan sebellumnya 344.000.

Rata-rata klaim dalam empat pekan tercatat turun sebanyak 7.000 menjadi 348.750, level terendah sejak Maret 2008. Laporan ini juga menunjukkan jumlah klaim tunjangan lanjutan justru meningkat 3.000 menjadi 3,094 juta pengajuan dalam pekan hingga 23 Februari.

Selanjutnya:
 
Back
Top