Meramal Nasib di Kuil Kwam Im Belitung

jozz78

New member
Belitung merupakan pulau tropis di Indonesia yang terletak di Provinsi Bangka belitung, yang mayoritasnya warganya adalah turunan Melayu dan Tionghoa.

Di Desa Burong Mandi, Belitung Timur terdapat sebuah kuil yang sudah berumur ratusan tahun yaitu vihara Dewi Kuam Im.

Bangunan kuil Dewi Kwan Im ini berwarna merah, sangat megah, cantik meskipun sudah ratusan tahun tapi masih tetap terawat dengan arsitektur khas China atau vihara Budha.

Kuil Dewi Kwam Im ini dikenal memiliki sejarah yang sangat tinggi dan sudah dibangun sejak tahun 1747.

Bangunan tumpang khas china ini bersegi 6 di kanan depan diperuntukkan untuk memuja Dewa Langit. Ruang utama kuil Dewi Kwan Im yang luas ada semacam balkon dengan pemandangan yang indah ke arah laut.

Pada umumnya para peziarah yang datang dan sembahyang di Vihara Dewi Kwan Im ini doanya terkabul. Tidak hanya berdoa bila datang ke vihara ini pengunjung juga bisa meramal nasipnya. Ramalan ini disebut dengan Ciam Si. Setelah peziarah menyebutkan nama, asal, dan keinginannya, akan memulai ritual dengan merapal doa di altar Dewi Kwan Im dan mengocok tabung berisi batang-batang kayu bernomor.

Setelah mendapat nomor dari potongan kayu yang jatuh akan diberikan kertas yang bertulisakan huruf mandarin sesuai dengan rak bernomor yang tetulis di kayu. Di balik tulisan mandarin tersebut akan dijelaskan sesuai dengan permohonan pengunjung. Bagaimana, apa Anda tertarik untuk berkunjung kesini?

_big_vihara_edit_51146e85aaf43-3436479796737319045_jpg.png

TKP >>
 
Back
Top