Cara Membuat Jus Kulit Manggis

indahsehat

New member
Manggis merupakan buah yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Terutama bagian kulitnya yang mengandung zat anti oksidan super tinggi yang disebut xanthone. Kulit manggis sudah terbukti ampuh mencegah dan mengobati berbagai penyakit.
Manggis+images.jpeg


Berikut beberapa cara untuk membuat jus kulit manggis.

1.Kerok bagian dalam kulit manggis dengan sendok lalu di Blender.

Ambil 1-3 buah kulit manggis, kerok bagian dalam kulitnya lalu diblender.Untuk mengurangi rasa pahit dan sepat tambahkan madu secukupnya, bisa juga ditambah gula aren atau gula merah/jawa. Banyak air untuk memblender sesuaikan dengan banyak kulit manggisnya. Semakin banyak kulit manggis yang dipakai semakin pekat warnanya dan rasanya pun juga semakin sepat. Tetapi kalau kena bagian yang hitam atau getah kuning jusnya akan ada rasa pahit.

2.Air rebusan kulit manggis digunakan untuk membuat Jus Buah

Kalau Anda tidak tahan dengan rasa yang terlalu sepat dan pahit, maka bisa dengan cara merebus kulit manggis lalu gunakan air rebusan untuk membuat jus.

Ambil 3-5 kulit buah manggis lalu di rebus. Banyaknya air yang digunakan untuk merebus sesuaikan dengan selera Anda. Rebus sampai airnya mendidih dan agak berkurang.
Air hasil rebusan kulit manggis bisa Anda gunakan sebagai air untuk membuat jus buah. Air rebusan kulit manggis juga bisa diminum dan Anda bisa menambahkan madu atau gula aren/merah/jawa untuk mengurangi rasa sepatnya.

3.Kulit manggis dikeringkan dan direbus.

Manggis berbuah pada musim tertentu,sehingga ada kalanya buah manggis tidak ada di pasaran. Untuk menghindari kekurangan kulit manggis, maka kulit manggis bisa diiris-iris lalu dikeringkan dengan cara dijemur. Dalam penjemuran,Anda perlu cermat agat kulit manggis kering dengan baik untuk menghindari tumbuhnya jamur.

Setelah kering simpan di wadah yang kering dan bersih agar tahan lama. Cara membuat jusnya, ambil segenggam kulit manggis yang sudah dikeringkan, cuci bersih lalu direbus, lalu air rebusan diminum. Anda juga bisa menggunakan air rebusannya untuk membuat jus seperti cara ke 2 diatas.

Anda juga bisa menumbuk sampai halus kulit manggis yang sudah dikeringkan sehingga menjadi serbuk. Serbuk kulit manggis inilah yang dipakai sebagai tambahan membuat jus buah. Serbuk kulit manggis juga bisa diseduh dengan air panas lalu ditambah dengan madu ataupun gula aren secukupnya sesuai selera, untuk mengurangi rasa sepat dan pahit.

Itulah beberapa cara untuk membuat jus kulit manggis. Tapi Anda juga harus berhati-hati mengkonsumsi jus kulit manggis buatan sendiri. Bukannya menakut-nakuti,,tapi memang ada beberapa kasus keracunan yang terjadi setelah mengkonsumsi jus kulit manggis buatan sendiri yang ditandai dengan muntah-muntah dan diare hebat.

Memang sih belum ada bukti ilmiah yang kuat mengenai adanya kandungan racun pada kulit manggis.Tapi tidak ada salahnya kan kalau kita tetap waspada. Sebaiknya Anda coba minum jus kulit manggis dalam jumlah yang sedikit dulu,, untuk mengetahui reaksi tubuh terhadap jus kulit manggis.

Kalau tidak mau repot dan takut mengalami keracunan akibat minum jus kulit manggis buatan sendiri, Anda bisa memilih untuk minum produk ektrak jus kulit manggis yang sudah dikemas dalam botol. Dalam memilih produk ekstrak kulit manggis,Anda hatus cermat. Pilihlah produk yang sudah ada legalitasnya dan yang sudah ada bukti khasiatnya.
Sumber:http://www.jusmanggisvip.com
 
Back
Top