5 Strategi Pemasaran Jasa Melalui Media Online

amrimf

New member
Pemasaran jasa adalah hal terpenting, karena jasa adalah bidang usaha yang hanya membutuhkan skill,peralatan dan promosi. Dengan promosi atau pemasaran yang baik, tentunya akan mudah menemukan calon konsumen kita.

Jasa adalah bidang usaha yang efisien, karena tidak membutuhkan biaya produksi ataupun bahan baku produksi, tidakjuga memerlukan modal banyak seperti layaknya jualan, karena jasa tidak membeli barang-barang untuk dijual.

Yang dibutuhkan dalam membangun usaha jasa adalah Skill, peralatan dan tentu saja promosi. Tanpa usaha dalam bentuk promosi, darimana pelanggan akan tau tentang usaha kita. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan membahas bagaimana mepromosikan jasa dengan cara yang efektif dan efisien melalui media internet.


Dan inilah 5 cara yang ampuh dan efektif untuk memasarkan Jasa di internet

1. Buka Lapak di Forum
Forum adalah tempat yang bagus untuk menjual jasa, misalnya buka lapak di forum indonesiaindnesia ini

2. Jual keahlian di fiverr, freelancer dll
Khusus untuk jasa online, kamu bisa mengubah keahlian menjadi uang. Sebut saja fiverr, layanan apa saja yang bisa dikerjakan secara online,bisa kamu tawarkan di sini, tentunya dengan harga $5.

3. Buka lapak di JasaPedia

Nama JasaPedia mungkin kurang familiar, tapi inilah media yang tepat untuk promosi jasa, terutama bisnis lokal berupa jasa, seperti service komputer, laundry, jasa percetakan dll. Hampir mirip TokoBagus atau Berniaga, bedanya JasaPedia dikhususkan untuk jual beli jasa di Indonesia. Bukan hanya jasa online, tapi jasa offline juga, justru layanan ini dibuat untuk jasa lokal.

4. Promosi di Social Media
Facebook dan Twitter bisa menjadi media promosi, dengan semakin berkembangnya jumlah pengguna dari Indonesia, selain itu anda juga dapat mengupload portofolio jasa anda di Facebook maupun YouTube jika berbentuk video.

5. Membuat Web atau Blog
Namanya juga promosi via internet, dan yang paling utama adalah website, apalagi yang kita cari selain website jika kita sedang browsing?
Untuk mempromosikan jasa, anda bisa membuat blog secara gratis di blogger.com maupun wordpress.com, namun jika ingin yang lebih profesional, anda bisa membeli domain .com atau .co.id dan membuat website untuk jadi dengan desain yang bagus, tentunya yang ini butuh biaya.

pemasaran-jasa.png


Dari kelima cara ini semuanya bagus, dan masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya fiverr jangkauannya internasional, namun anda harus mempunyai skill komunikasi bahasa inggris dan kekurangan lainnya Fiverr tidak bisa digunakan untuk promosi jasa lokal, seperti jasa reparasi handphone misalnya.
Gunakan social media untuk promosi jasa ke teman dekat, forum untuk promosi ke member forum, fiverr untuk jasa online, gunakan website untuk mengangkat brand jasa anda, serta gunakan JasaPedia untuk mempromosikan usaha jasa offline ke dunia maya. Silahkan pilih mana yan terbaik bagi bisnis anda, atau mungkin kombinasi antara kelima hal ini bisa membuat usaha anda menjadi lebih maju.
 
Back
Top