Mera, wanita terkaya di Spanyol, meninggal pada usia 69

Status
Not open for further replies.

tiaseptiani

New member
Rosalia Mera, seorang penjahit yang turut mendirikan sebuah toko pakaian di barat laut Spanyol yang tumbuh menjadi Zara, salah satu rantai ritel terbesar di dunia, telah meninggal pada usia 69. Dia adalah wanita terkaya di Spanyol.

Inditex SA, pemilik Zara, mengeluarkan pernyataan Jumat mengkonfirmasikan kematiannya tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut dan menolak komentar melalui email. Media Spanyol melaporkan bahwa banyak Mera, pemangku kepentingan utama dalam Inditex, menderita stroke yang sementara berlibur di pulau Mediterania Menorca dan meninggal Kamis malam di sebuah rumah sakit di La Coruna, kota tempat dia lahir di wilayah Galicia Spanyol.

Mera mendirikan toko Zara pertama pada tahun 1975 di La Coruna dengan kemudian suaminya, Armancio Ortega. Dia terdaftar oleh Forbes sebagai orang terkaya ketiga di dunia.

Mereka awalnya akan memanggil toko Zorba setelah "Zorba the Greek" film, tapi ada sebuah bar dengan nama itu beberapa blok jauhnya dari situs, sehingga huruf pada tanda Zorba ditata ulang untuk mengeja Zara.

Toko khusus murah versi pakaian populer lebih mahal, dan formula berubah menjadi sukses untuk pembukaan toko di Spanyol dan kemudian internasional.

Mera diadakan 6.99 persen saham Inditex, menurut pengajuan perusahaan di Madrid bursa, dan hartanya diperkirakan oleh Forbes pada $ 6100000000. Majalah ini mengatakan dia adalah orang 195 terkaya di dunia tapi di Nomor 1 tempat di daftar untuk "terkaya wanita buatan sendiri."

Dia juga menjadi terkenal karena menyuarakan penentangan terhadap rencana pemerintah konservatif saat ini untuk mengubah undang-undang aborsi Spanyol. Perdana Menteri Mariano Rajoy adalah sekutu dekat Gereja Katolik pada isu-isu moral dan sosial, dan telah berulang kali mengatakan ia akan merevisi undang-undang aborsi Spanyol, meskipun ia belum diajukan setiap proposal. Pemerintah Sosialis sebelumnya mengeluarkan peraturan yang memungkinkan 16 tahun untuk mendapatkan aborsi tanpa izin orang tua. Mera mengatakan hukum yang "baik-baik saja" dan "harus dibiarkan seperti itu."

Selain itu, dia menentang penghematan pemerintah atas nama penghematan mempengaruhi pendidikan dihargai Spanyol dan program perawatan kesehatan nasional.

Selain rantai Zara, Inditex juga memiliki pengecer Bershka, Masssimo Dutti, Oysho, Pull & Bear Stradivarius, Uterque dan Zara Home. Ada 1.763 Zara toko di seluruh dunia, dan Inditex memiliki total 6.058 toko dan 120.000 karyawan.

sumber : http://news.yahoo.com/mera-spains-richest-woman-dies-age-69-083556830.html
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top