Toyota Usung Prius ke Cina

nurcahyo

New member
Toyota Usung Prius ke Cina


Perusahaan motor raksasa Jepang Toyota bakal memproduksi Prius di China dengan menggandeng FAW Group Corp., China. Langkah ini diambil untuk mempopulerkan Prius di China, negara dengan pertumbuhan penjualan otomotif terbesar di dunia.

Prius - yang menggunakan dobel power petrol dan electric power yang mengungulkan sisi efisiensinya - telah menggebrak pasar Amerika. Untuk lebih menggenjot profit Prius, Toyota Jepang membangun pabrik ditengah-tengah perkonomian Cina yang membooming.

Toyota siap mengambil langkah menglobalkan kendaraan berteknologi hybrid dengan lisensi US's Ford Motor Co. Komponen sedan popular yang langsung diimpor dari Jepang ini akan dirakit di Changchun FAW Fengyue Auto Co., anak perusahaan FAW Group.

Dengan kesepakatan baru bahwa perusahaan akan turut mempromosikan kendaraan hybrid di seantero industri otomotif Cina. FAW yang merupakan pembuat mobil terbesar di Cina menyatakan kesediaanya berkolaborasi dengan Toyota untuk membuat mobil sedan maupun kendaraan tipe SUV. Dengan dirakitnya Prius di Cina ini berarti China menjadi negara pertama diluar Jepang yang memproduksi sedan hybrid Prius.

Produksi otomotif China diprediksi tumbuh antara 7 sampai 10 juta unit pada 2010. Data ini mendorong pemerintah lebih memperhatikan potensi pencemaran udara yang dihasilkan emisi mobil. Menyoroti masalah ini Beijing mengumumkan kebijakan untuk mendukung pengembangan mobil hybrid dan kendaraan lain ramah lingkungan pada Juni lalu. Pemerintah juga akan meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan penumpang hingga 15% dari level 2003 pada 2010.

Mesin Toyota Prius yang dikenal sebagai Hybrid Sinergy Drive terpilih sebagai International Engine of The Year 2004, sebuah penghargaan bergengsi pada Engine Expo 2004 di Stuttgart, Jerman. Prius juga merajai posisi puncak untuk tiga katagori lainnya dan nilai kumulatifnya mencetak rekor tertinggi dalam sejarah kompetisi.

Dominasi Toyota Hybrid Synergy Drive System dalam kompetisi internasional bergengsi seperti itu membuktikan bahwa kendaraan hybrid diterima diseluruh dunia. Toyota akan memperluas penggunaan Hybrid Synergy Drive mulai akhir tahun ini dengan meluncurkan SUV Lexus RX 400h dan disusul varian hybrid dari SUV Toyota Highlander tahun depan.

sumber : KapanLagi.com: Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?
 
Toyota memang mobil yang mantap dari dulu. Sampai sekarang merk mobil ini mempunyai pamor yang cemerlang. Silahkan beli kalau punya duit.
 
Back
Top