bila bayi anda mempunyai masalah gangguan tidur

nurcahyo

New member
Apa yang dapat dilakukan, bila bayi anda mempunyai masalah gangguan tidur?
Oleh suririnah


Apa yang dapat dilakukan, bila bayi anda mempunyai masalah gangguan tidur?Ini memerlukan usaha dari orang tua juga kesabaran dalam menangani semua ini.

Apa yang dapat dilakukan, bila bayi anda mempunyai masalah gangguan tidur?

Yang pertama adalah periksakan bayi anda ke dokter untuk memastikan tidak adanya kelainan medis yang membuat bayi anda tidak dapat tidur.

Setelah kita sudah menyingkirkan bahwa tidak ada kelainan secara medis pada bayi anda, maka hal terpenting yang anda harus lakukan adalah menciptakan waktu rutin tidur yang baik yang dimulai sejak bayi kecil. Dan ini memerlukan kesabaran dan ketekunan anda.


Dibawah ini terdapat beberapa petunjuk untuk menciptakan waktu tidur yang baik bagi bayi anda;

 Berusahalah menidurkan bayi anda pada jam yang kurang lebih sama setiap malam, hal ini akan menciptakan kebiasaan waktu rutin tidur yang baik buat bayi anda, mulailah sejak bayi kecil.

 Jangan membangunkan bayi anda hanya untuk ditimang-timang dan dikagumi orang.

 Bedakan antara tidur dan tidak tidur, sehingga bayi akan belajar bahwa tidak tidur berarti makan, bermain, dan ditemani; dan tidur berarti tidur. Jadi pastikan bahwa ia tidak tidur selagi makan. Dan buatlah aturan jam makan yang teratur untuk bayi.

 Tidurkan bayi pada ruangan yang cukup hangat dan tenang, jangan membiasakan bayi anda tertidur setiap malam, diruangan tamu, dengan televisi dan ditemani; diayun-ayun atau selalu tertidur dipangkuan anda, sebab sewaktu ia terbangun ditengah malam dan tidak mendapati rutin tidur yang ia kenal, ia akan sulit untuk tidur kembali.

 Sesudah menidurkan bayi anda, bukalah pintu kamar sedikit sehingga bayi dapat mendengar bunyi-bunyi dirumah dan tidak merasa sendirian dan terasing.

 Jika bayi anda menangis,pergilah kepadanya cepat-cepat, tetapi ingat jangan langsung mengendongnya kecuali kalau ada yang tidak beres atau memang sudah waktu untuk makan. Karena jika anda membiarkan bayi anda menangis, ia menjadi ketakutan bahwa anda tidak berada disisinya dan menjadi lebih tertekan, tetapi jika anda langsung mengendongnya maka ia akan belajar bahwa menangis berarti digendong.

 Berikan sesuatu untuk digunakan pada waktu tidur dan menjadi sesuatu untuk diasosiasikan dengan tidur, berikan barang yang dapat diganti karena kalau tidak, bila ia kehilangan barang itu, ia tidak dapat tidur. Misalnya selimut, kaos atau popokyang tipis dsb.

Jadi ciptakanlah waktu tidur yang rutin dan meletakan bayi anda ditempat tidur sewaktu ia belum tidur, dengan mainan kesayangan jika ada, sehingga ia akan mengasosiasikan tidur dengan tempat tidur, dalam ruangan tersebut, dengan mainan tsb, dan belajar untuk tidur sendiri. Jadi apabila ia terbangun pada tengah malam, segala yang ia asosiasikan dengan tidur ada disana, dan ia akan tidur kembali.



Bayi datang ke dunia ini tanpa gambaran seperti apakah dunia ini, oleh karenanya lebih mudah bagi bayi untuk menyesuaikan diri dengan cara anda daripada anda menyesuaikan diri dengannya.

? Dr.Suririnah-www.InfoIbu.com
 
Nina Bobok..., Oooo ...

Banyak manfaat yang bisa dipetik bila si kecil tidur. Di antaranya adalah, merangsang tumbuh kembang otaknya. Tapi, bagaimana kalau ia kecil kurang tidur?

Tidur adalah aktivitas yang dilakukan oleh semua makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Dan, dari bayi sampai manula, aktivitas yang satu ini memang tidak pernah absen dalam kehidupan kita. Apa sih untungnya tidur?

Tidur nyenyak = otak optimal

Urusan tidur ini sebenarnya banyak juga diulas oleh para ahli. Dan ternyata, tidur memberi efek yang amat positif bagi perkembangan si kecil. Yang paling penting, tidur merupakan salah satu rangsang bagi tumbuh kembang otak. Bahkan, aktivitas yang satu ini jadi ?pintu? dari tumbuh kembang otak anak selanjutnya agar cerdas, berakal, dan berpikiran jernih. Kok bisa?

Memang, sekitar 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan pada saat anak tidur, khususnya awal tahap ke-3 dan ke-4 tidur (lihat boks ?Inilah Berbagai Tahap Tidur?). Tingginya kadar hormon pertumbuhan ini erat hubungannya dengan kondisi fisik si kecil. Pasalnya, hormon ini punya tugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh, termasuk juga otak!

Di samping itu, hormon pertumbuhan juga memungkinkan tubuh memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel yang ada di tubuh. Mulai dari sel kulit, sel darah sampai sel saraf otak. Nah, proses pembaharuan sel ini akan berlangsung lebih cepat lagi ketika si kecil terlelap ketimbang saat bangun!

Juga, meningkatnya aliran darah ke otak selama tahap tidur REM (Rapid Eye Movement) atau tahap tidur aktif (lihat boks ?Inilah Berbagai Tahap Tidur) berperan penting dalam kesehatan psikis dan aktivitas otak, sehingga memungkinkan optimalnya tumbuh kembang otak.

Bahkan, menurut teori autostimulation, tingginya komponen tidur REM pada bayi menunjukkan stimulasi yang terjadi di otak juga berlangsung lebih maksimal. Stimulasi ini tentulah amat penting bagi pertumbuhan sistem susunan saraf pusat si kecil.

Kalau si kecil kurang tidur...

Pada anak-anak, apalagi bayi, kurang tidur punya dampak yang sangat merugikan pada pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. Yang pasti, tidur punya andil dalam meningkatkan daya tahan tubuh si kecil terhadap infeksi. Jika tidurnya sampai terganggu, kadar sel darah putih dalam tubuh akan menurun. Kalau sudah begini, efektivitas sistem daya tahan tubuh anak juga ikut-ikutan menurun. Hasilnya? Si kecil gampang sakit, pertumbuhannya pun terganggu.

Tidak cuma itu, kurang tidur juga punya dampak terhadap tumbuh kembang otak anak, terutama kemampuan berpikirnya. Bagaimana mampu berkonsentrasi penuh kalau tubuhnya lelah. Akibatnya, kualitas kemampuan berpikirnya jadi rendah. Ujung-ujungnya ya berurusan dengan kecerdasan anak juga. Jadi, kalau Anda ingin si kecil mampu merespons atau memecahkan hal-hal yang harus dia pikirkan dengan baik, kondisi tubuhnya musti prima.

Selain itu, bayi yang kurang tidur bisa jadi rewel, cengeng, dan sulit diatur. Kalau sudah begini, Anda juga yang repot kan?
 
Back
Top