Mengenal Diri :Langkah Awal Pengembangan Diri

855online

New member
kant.jpg

-Immanuel Kant-

855online - Apakah Anda mengenal diri Anda? Siapa ayah dan ibu kandung Anda? Tahun berapa Anda lahir? Di mana Anda lahir? Jawaban terhadap pertanyaan di atas relatif mudah.

Bagaimana kalau Anda berfilsafat sedikit? Misalnya Anda bertanya, 'Siapa diri Anda? Apa yang seharusnya Anda tahu? Apa yang seharusnya Anda kerjakan? Apa pengharapan Anda?' Keempat pertanyaan Immanuel Kant ini mungkin tidak akan pernah selesai Anda jawab sampai akhir hidup Anda'

Kita memang kurang bahkan mungkin tidak mengenal siapa diri kita. Kalaupun ada, pengenalan diri kita hanya sekilas. Kita jarang mengambil waktu dengan serius menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Kita terjebak dengan rutinitas pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, yang menyisihkan kita dari waktu untuk merenung tentang siapa diri kita.

Sangat penting mengenal diri. Pengembangan diri berawal di sini.

Kita menanyakan identitas kita, apa potensi-potensi yang tersimpan dalam diri kita, dari mana kita muncul, apa yang seharusnya kita tahu dan apa yang harus kita kerjakan dan jauh lebih penting adalah apa pengharapan Anda dan saya bila suatu saat kita meninggalkan dunia ini.

Pertanyaan Immanuel Kant dijawab oleh Agustinus (354 - 430 AD. Menarik. Ia mengatakan bahwa hanya dua hal yang saya ingin tahu: Tuhan saya dan jiwa saya.

Memang hanya Tuhan dan jiwa kita yang paling penting perlu kita ketahui. Sebab bila pengenalan terhadap dua pribadi ini mantap, pengenalan atau pemahaman akan hal-hal lainnya akan menjadi lebih mudah. Paling tidak, mudah memahami apa relasi antara dunia dan diri kita dan dunia dan Allah.

Bukan tugas yang mudah untuk mengenal lingkungan kita, diri kita, terutama Allah. Berbahagialah Anda bila Anda mengenal ketiga-tiganya.

Pada halaman ini kami akan sajikan siapa manusia, siapa diri Anda dan saya.
 
Back
Top