Mental dan Semangat yang Membedakan Arsenal

liveasia7

New member
Tahun lalu Arsenal tertinggal jauh dari puncak klasemen saat pergantian tahun. Kalau kali ini mereka justru berada di puncak itu karena The Gunners punya mental dan semangat tanding yang jauh lebih baik.

Puncak klasemen Premier League jadi milik Arsenal saat tahun berganti dari 2013 ke 2014. Adalah kemenangan 1-0 atas Newcastle United yang membuat The Gunners berhak atas posisi tersebut.

Kondisi yang terjadi kini bertolak belakang dengan apa yang terjadi tahun lalu di periode yang sama. Skuat besutan Arsene Wenger ketika itu terlempar dari posisi empat besar dan sudah dicoret dalam pertarungan menjadi juara.

"Ada sesuatu yang spesial di tim ini yakni soal mental, yang selama ini terus jadi pertanyaan. Tapi kamu sudah menunjukkan itu di West Ham saat kami tertinggal 0-1, dan kami menunjukkan lagi hal itu saat kami buntu di 15 menit terakhir. Ada solidaritas yang besar dan semangat besar di dalam tim," sahut Wenger di situs resmi klubnya.

Mental pemain selama ini dianggap jadi titik lemah Arsenal dalam bersaing dengan klub-klub papan atas. Dalam beberapa kesempatan di musim-musim sebelumnya, The Gunners memang berhasil menunjukkan diri sebagai penantang juara. Tapi sering terjadi performa mereka merosot drastis saat periode Natal dan pergantian tahun.

"Selama beberapa tahun terakhir kami adalah tim yang muda dan (kurang mampu) menghadapi tekanan seperti ini, tapi kami selalu bisa berada di atas sana. Jika Anda menganalisa dengan baik hasil-hasil pertandingan kami, kami selalu berada di atas. Tahun lalu di periode ini kami sudah keluar dari perebutan gelar, tapi di 2013 kami cukup konsisten," lanjut dia.

SUMBER
 
Dilema Wenger soal Giroud

Olivier Giroud disebut sebagai pemain yang penting dalam skuat Arsenal sehingga amat diandalkan di lini depan. Tetapi Manajer Arsenal Arsene Wenger juga sadar Giroud tetap butuh istirahat.

Dengan karakter umum para pemain The Gunners, Giroud dinilai Wenger sebagai pemain yang sangat krusial karena memiliki keunggulan fisik dibandingkan rekan-rekan satu timnya.

Oleh karena itu tidak heran jika Giroud nyaris selalu tampil di pertandingan-pertandingan Arsenal pada musim ini, dengan Nicklas Bendtner bersiaga sebagai pelapisnya.

Sejauh ini beban tersebut setidaknya terlihat dipanggul Giroud dengan mantap. Dalam laga teranyar Arsenal ia pun tampil sebagai pahlawan kemenangan 1-0 atas Newcastle.

Namun demikian, Wenger tak bisa menepikan fakta bahwa waktu istirahat mesti diberikan buat Giroud agar ia tidak kelelahan di tengah-tengah padatnya jadwal pertandingan. Tentu saja ini dilematis mengingat pentingnya ia buat tim--walaupun sempat puasa gol selama 499 menit.

"Kami punya sebuah tim yang (pemainnya punya fisik) sedikit kecil, ringan, dan lebih fokus pada mobilitas dan pergerakan teknis, jadi ia (Giroud) adalah pemain yang menawarkan tenaga dan struktur buat kami. Daya tarungnya di depan amat penting buat kami," kata Wenger di ESPN.

"Saya berpikir untuk memberinya istirahat, tapi ia penting buat tim. Ia memiliki kualitas fisik dan itu, tentu saja, amat penting buat tim," lanjutnya.

SUMBER
 
Tak Ingin Tersandung 'Si Macan' Lagi, Liverpool Maksimalkan Rekor di Kandang

Tak ingin terpeleset untuk kedua kalinya, Liverpool pasang kuda-kuda saat menjamu Hull City tengah pekan ini. Status laga kandang menjadi modal utama untuk membalas kekalahan dari "Si Macan".

Liverpool mencatatkan delapan kemenangan dan hanya satu kali kalah di Anfield sepanjang pada 19 pekan Premier League musim ini. Mereka melengkapi catatan itu dengan mencetak 25 gol dan hanya kebobolan enam gol di kandang.

Catatan positif itu menjadi modal Liverpool saat menjamu Hull di kandang Rabu (1/1/2014) malam. Maklum, Liverpool tak boleh menganggap remeh tim besutan Steve Bruce tersebut, yang mengalahkan mereka 3-1 di KC Stadium pada 1 Desember lalu.

Apalagi Liverpool juga sedang dalam kondisi terluka. Mereka Tim besutan Brendan Rodgers itu baru saja menuai dua kekalahan beruntun. Akibatnya, Liverpool harus turun ke peringkat lima di klasemen.

Sebaliknya, Hull justru baru saja mendapatkan kemenangan besar dari Fulham 6-0.

"Kami harus fokus menghadapi laga versus Hull dan wajib mendapatkan tiga angka," kata bek Daniel Agger kepada Liverpool Echo dan dilansir Sport Mole.

"Performa laga kandang kami cukup baik musim ini, dan fakta itulah yang harus kami bawa untuk menghadapi pertandingan nanti. Menjadi faktor penting untuk apa yang kami inginkan musim ini dengan hasil oke di kandang.

"Hull adalah tim bagus. Kami kalah di sana belum lama ini, makanya kami tahu kalau mereka tim yang berbahaya," tambah defender asal Denmark itu.

Agger berpeluang untuk mengisi skuat utama lagi untuk menggantikan Mamadou Sakho yang cedera.

SUMBER
 
Back
Top