3 Kecelakaan Pesawat dalam Misi Luar Angkasa Terburuk di Dunia

zackysetya

New member
Seiring berkembangnya zaman modern ini, manusia pun semakin pintar dalam menciptakan penemuan-penemuan baru termasuk misi ke luar angkasa. Sejak Neil Amstrong diklaim sebagai manusia yang pertamakali mendarat di bulan, mulai bermunculan misi-misi luar angkasa untuk menguak misteri alam semesta ini. Namun tak selamanya misi tersebut berhasil dengan sempurna. Dalam misinya ke luar angkasa, terdapat beberapa kecelakaan pesawat yang cukup buruk. Berikut ini adalah kecelakaan terburuk yang menimpa pesawat luar angkasa dalam misinya menuju luar angkasa.

1. Challenger
kecelakaan-Challenger2.jpg

Bencana Pesawat Ulang-Alik Challenger terjadi pada Selasa, 28 Januari 1986, ketika Space Shuttle Challenger meledak 73 detik setelah diluncurkan. Peristiwa ini menyebabkan kematian tujuh awak astronot. Pesawat hancur di atas Samudera Atlantik, lepas pantai pusat Florida pada 11:38 EST (16:38 UTC ). Disintegrasi seluruh pesawat mulai setelah segel cincin-O di kanan solid rocket booster (SRB) gagal dilepas. Satu dari dua roket pendorong miring dan menggores badan pesawat seketika timbul percikan api disusul meledaknya pesawat.

Kompartemen awak dan banyak fragmen kendaraan lain akhirnya ditemukan dari dasar laut setelah pencarian panjang dan operasi pemulihan. Meskipun waktu yang tepat dari kematian kru tidak diketahui, anggota kru beberapa diketahui telah selamat dari kecelakaan pesawat ruang angkasa. Namun, pesawat tidak punya sistem 'melarikan diri' dan para astronot tidak bertahan dari kompartemen awak di permukaan laut.

2. Colombia
astronot-misi-28-columbia-620X310.jpg

Columbia menemui ajalnya setelah menyelesaikan misi ke 28. Kecelakaan terjadi setelah 16 hari awak pesawat Columbia berhasil menuntaskan misinya di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Pesawat hancur ketika akan memasuki kembali atmosfer Bumi. Sebanyak 7 astronot ikut meninggal dalam misi tersebut. Mereka adalah David Brown, Rick Husband, Laurel Clark, Kalpana Chawla, Michael Anderson, William McCool dan Ilan Ramon. Ramon adalah astronot pertama asal Israel yang terbang ke antariksa.

Investigasi menunjukkan, penyebab kecelakaan adalah gabus insulator yang jatuh dari tangki bahan bakar 81 detik setelah Columbia berangkat. Gabus itu mengenai komposit karbon di panel sayap yang rapuh. Akibatnya fatal. Pesawat Columbia yang hancur menyisakan keping-keping yang jatuh di beberapa wilayah Amerika Serikat. Sebanyak 84.000 kepingan Columbia tersimpan, diantaranya adalah kepingan sayap hingga ban. Semua tersimpan dan menjadi arsip di Vehicle Assembly Building, Kennedy Space Center. NASA juga menggunakan koleksi tersebut untuk menganalisis kecelakaan pesawat ulang alik.


3. Apollo
kecelakaan-Apollo.jpg

Pada 27 Januari 1967, Gus Grissom, Ed White, dan Roger Chafee meninggal saat roket Apollo 1 meledak dalam simulasi peluncuran. Hubungan pendek menimbulkan loncatan bunga api dan menyambar oksigen murni yang menjadi salah satu pendorong roket. Investigasi kecelakaan Apolo 1 ini menjadi pelajaran berharga, para Ilmuwan akhirnya berhasil mengirimkan astronot ke Bulan pada 20 Juli 1969 dalam misi Apollo 11.

Atas kejadian kecelakaan ini, maka setiap Januari, Badan Antariksa AS, NASA mendedikasikan satu hari untuk memperingati para pahlawan luar angkasa yang harus meninggal demi eksplorasi dan penemuan umat manusia. Peringatan juga ditujukan untuk menghormati para keluarga astronot yang tak pernah lagi bisa melihat orang-orang terkasih pulang.
http://www.puncakdunia.com/3-kecelakaan-pesawat-dalam-misi-luar-angkasa-terburuk-di-dunia.html




References:
http://www.wired.com/wiredscience/2009/02/launchfailures/
http://www.aerospaceguide.net/spaceshuttle/challenger_disaster.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Space_Shuttle_Columbia_disaster
http://www.space.com/23142-gravity-film-worst-space-disasters.html
http://www.nbcnews.com/id/11031097/...out-challenger-shuttle-disaster/#.UsTNGvtsvIU
http://history.nasa.gov/columbia/Tr...ments/Congress/CRS Summary of CAIB Report.pdf
http://www.theguardian.com/world/2008/dec/31/columbia-space-shuttle-nasa-report
http://nssdc.gsfc.nasa.gov/planetary/lunar/apollo1info.html
http://airandspace.si.edu/explore-and-learn/topics/apollo/as01/a01sum.htm
http://www.nytimes.com/learning/general/onthisday/big/0127.html
 
Back
Top