Adobe.com dibajak!

indonesiaindonesia

Administrator
Tanggal: 21 Oct 2000
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Seseorang berhasil membajak dan menyerang Adobe.com dari pemiliknya, Adobe System Inc. Pembajakan ini membuat web server dan email server Adobe.com tidak bekerja pada hari Rabu.
Sebagaimana dijelaskan oleh Wakil direksi Adobe System Inc., Gerrard Rutter, pada hari Kamis kemarin, bahwa penyerang berhasil merubah informasi domain Adobe.com.
Penyerang berhasil mengelabui NetworkSolutions, Inc. untuk memindahkan Adobe.com ke Paycenter, sebuah registrar yang diakreditasi oleh ICANN di Cina. Selain merubah informasi pembayaran dan administrasi (billing contact and administration contact), penyerang juga melakukan perubahan informasi DNS.
Perubahan DNS ini mengakibatkan pada hari Rabu kemarin kegiatan situs Adobe.com sempat terhenti dan berubah tampilan ke situs PayCenter. Selain itu para karyawan Adobe System Inc. tidak dapat menerima email dari partner kerjanya selama hari itu. Kebanyakan dari partner mereka menyatakan bahwa email yang dikirimkan ke Adobe System Inc. kembali dan membawa pesan "Unknown Host".
Untuk itu pihak Adobe Sytem, Inc. langsung menghubungi pihak Network Solutions, Inc. dan PayCenter untuk segera memperbaiki permasalahan ini. Pihak Adobe System, Inc. sempat kecewa dengan pelayanan dari NetworkSolutions, Inc. karena pada saat dilakukan hubungan melalui telepon, pihak NetSol menjawab melalui mesin penjawab telepon otomatis.
Informasi DNS dari Adobe.com sempat berubah kepemilikan dari Adobe System Inc. menjadi Hill Lee dari Xiamen, Cina. Setelah dilakukan penyelidikan Lee adalah webmaster dari MacroScape Computer Network, dengan situs msn.net.cn.
Berdasarkan konfirmasi melalui email Kamis kemarin, Lee membantah bahwa dirinya telah melakukan pembajakan Adobe.com.
Kamis kemarin Adobe.com masih belum berpindah tangan dari Lee ke Adobe System Inc. secara normal, namun informasi DNSnya telah dikembalikan ke DNS sebelumnya dan sistem email dan situsnya telah berjalan normal kembali.
Kasus Adobe.com ini merupakan salah satu rangkaian dari pembajakan-pembajakan yang melibatkan NetworkSolutions, Inc. sebagai operator dari .com, .net dan .org.
 
Back
Top