Wal-Mart Kalah Dalam Perselisihan

akugue

New member
Tanggal: 08 Dec 2000
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Sedih benar nasib retailer besar Wal-mart ini. Retailer ini beberapa kali telah mengalami kegagalan dalam memperebutkan nama domainnya. Salah satunya terjadi dua hari yang lalu, dimana Wal-mart dikalahkan oleh salah seorang cybersquatter. Cybersquatter ini memiliki kecenderungan untuk menambahkan beberapa kata setelah kata Wal-Mart dalam nama domainnya.
Sebuah arbitrasi internasional menolak permintaan perusahaan retailer Wal-Mart untuk mengambil nama domain wallmartcanadasucks.com dari pemiliknya Kenneth Harvey.
"Sangat fantastis, saya tidak mengira kalau saya dapat mengalahkan mereka," kata Harvey setelah mendengar hasil perselisihan ini. "Ini merupakan kado perayaan Natal terbaik yang pernah saya dapatkan", lanjutnya lagi.
Walaupun pihak Pengadilan Amerika Serikat selalu memenangkan pihak perusahaan besar dalam memperebutkan nama domain, namun tidak untuk yang satu ini. Kali ini merupakan kali pertama sebuah situs dengan kata "sucks" berhasil memenangkan perkara di pengadilan dan ini merupakan kemenangan besar bagi para cybersquatter.
Michael Geist, profesor dari Universitas Ottawa dalam bidang hukum internetpun terkejut dengan hasil keputusan ini. "Ini merupakan sebuah berita besar dan amat jarang saya dengar," katanya menanggapi hasil keputusan sidang.
Walaupun demikian pihak Wal-Mart masih memiliki kesempatan untuk naik banding. Namun pihak kuasa hukum Wal-Mart masih mempelajari lebih lanjut sebelum mengajukan keberatan atas hasil persidangan ini.
Awalnya pada bulan Agustus, pihak Wal-Mart sangat keberatan dengan diregistrasikannya beberapa nama domain yang memiliki kesamaan dengan nama usahanya. Keberatan ini diajukan kepada badan arbitrasi dunia yang berkedudukan di Geneva, yaitu World Intelectual Property Organization (WIPO). Menurut keterangan pada bulan tersebut, pihak Wal-Mart merasa dirugikan dan mengganggap bahwa ini merupakan bagian dari cybersquatter.
Sanggahan ini kemudian dijawab kembali oleh Harvey bahwa Wal-Mart berusaha untuk melindungi dirinya dari beberapa kecaman masyarakat terhadap pelayanannya selama ini. Perlindungan ini tidak saja dilakukan secara offline namun juga secara online. Hal ini terlihat bahwa Wal-Martpun telah meregistrasikan beberapa nama domain Wal-Mart dan dalam nama domainnyapun ditambahkan kata "sucks". Dengan demikian Harvey menyimpulkan bahwa Wal-Mart berusaha untuk membungkamkan pihak-pihak yang merasa dirugikan dari pelayanannya dan ini dilakukan secara online.
Hal senadapun disampaikan oleh Prof. Perritt bahwa setiap orang boleh menggunakan nama domain untuk menyampaikan aspirasi yang dirasakan oleh orang banyak untuk kepentingan bersama. Prof Perrittpun melihat bahwa apa yang dilakukan Harvey ini tidaklah salah dan Harvey tidak menggunakan nama domain ini untuk kepentingan dirinya dalam meraih keuntungan berlipat-lipat atas penjualan nama domain ini dan juga nama domain wallmartcanadasucks.com tidak memiliki kesamaan dengan merk dagang Wal-mart itu sendiri.
 
Back
Top