Shine Everywhere? You'll Need a Great Pomade!

Kalina

Moderator
shine-everywhere-youll-need-a-great-pomade-20131220-043530-995.jpg


Dari mendiang Elvis Presley sampai James Dean, tren rambut sleeky hair dan the pompadour masih menjadi tren rambut pria hingga saat ini. Bahkan musisi sekelas Justin Timberlake atau pesepak bola Marco Reus seolah turut menjadi 'penyebar virus' tren rambut ini.
Gaya rambut yang memang menjadi tren di era industrial seolah melambangkan sosok pria yang klasik dan berwibawa, atau tampilan bergaya post-punk yang terbilang rebel tapi rapi. Well, tren rambut ini pula yang sepertinya membuat barbershop menjamur di mana-mana. Memang, untuk menciptakan model rambut bergaya sleeky atau membuat the pompadour rasanya tidak cocok ditangani seorang penata rambut biasa.
Meski terlihat sederhana, ada teknik khusus untuk mengaplikasikan model rambut bergaya sleeky. Satu yang paling utama adalah tepat memilih pomade yang digunakan. Pomade merupakan salah satu jenis produk tata rambut yang telah dikenal sejak tahun 1900-an. Dibuat dari bahan-bahan seperti minyak kelapa, lanolin, wax, dan wewangian. Karena teksturnya yang khas, pomade akan menimbulkan tatanan rambut yang mudah diatur, rapi, mengilap, dan tahan lama. Namun, seiring perkembangan zaman, pomade tidak selalu murni dibuat dari campuran minyak. Oleh karena itu, ada beberapa jenis pomade yang baik diketahui pria agar saat dipakai sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambutnya.

Petroleum based pomades
Dari namanya saja sudah dapat ditebak jika pomade jenis ini dibuat dengan bahan utamanya adalah minyak. Karena berbahan dasar minyak, maka kelebihan pomade ini lebih tahan lama dan tahan terhadap keringat, bahkan hujan sekalipun. Untuk membuat styling bergaya pomp atau quiff, pomade jenis ini cocok untuk digunakan. Kekurangannya adalah harus dibersihkan beberapa kali saat keramas karena rambut terasa lengket dan berminyak. Pomade ini sesuai bagi Anda yang memang banyak beraktivitas di luar ruangan dan menghadapi berbagai kondisi cuaca.
Beberapa merek pomade yang merupakan petroleum based dengan ketahanan strong hold antara lain Schmiere Pomade Knuppelhart, Shiner Gold, dan Lucky 13 Tru Hold Heavy Weight Wax.

Water based pomades
Dari segi ketahanan memang water based pomades sedikit di bawah petroleum based. Meskipun secara tekstur tidak jauh berbeda, namun dari segi fungsi pomade jenis ini lebih mirip dengan wax. Water based pomades membuat rambut terasa lebih lembut dan jatuh secara natural dibanding dengan pomade yang berbahan petroleum. Dengan bahan dasar air dan campuran kimia, pomade ini cocok digunakan untuk potongan rambut sleeky yang lebih panjang atau sedikit bergelombang. Selain itu, tidak sulit untuk membersihkannya, cukup dengan sekali keramas saja.
Beberapa merek pomade yang merupakan water based dengan ketahanan lebih ringan antara lain Suavecito, Uppercut Deluxe Pomade, dan Hairbond Moulder Professional Hair Shaper.

Mixed based pomades
Pomade ini dibuat dari campuran minyak dan air, sehingga dari segi ketahanan hampir mendekati petroleum based pomades. Hanya saja, efek shiny yang ditimbulkan tidak terlalu mencolok seperti dua pomade lainnya. Pomade ini cocok bagi Anda yang menginginkan tampilan gaya rambut yang lebih stylish, tahan lama, namun tidak sulit untuk membersihkannya.
Beberapa merek pomade yang merupakan mixed based dengan ketahanan medium strong antara lain Layrite Deluxe Pomade 4 Ounce, The Iron Society Old Fashioned Grooming Aid, dan #### Grease Extra Stiff X Hair Pomade.

Yahoo! News
 
Back
Top