Info Tempat Wisata di Jogja dan Sekitarnya ( Update )

andinitantri

New member
Hai Semua, Salam Kenal
Disini saya mau share ke temen-temen seputar wisata di Jogja dan sekitarnya yang mungkin aja berguna bagi temen-temen semua yang mau berkunjung ke Jogja.
Siapa tau aja yang mungkin dah bosen dengan tempat-tempat wisata yang biasa aja jadi tambah tau dan ada keminatan untuk mengunjunginya.

Nanti kita share juga seputaran Rumah Nginep Murah ( sekalian Promosi ), Jalur Trans Jogja dll yang berkaitan dengan Wisata Jogja.

Pokoknya Semoga Berguna dan ikut mensukseskan Wisata dalam negeri untuk meningkatkan kesejahteraan





Rumah Kita Homestay - Sewa Rumah Harian Aman, Nyaman dan Berkesan
rumahkitahomestay@yahoo.co.id
PH : +6285733310169 / +6285743310169
http://rumahkitahomestay.blogspot.com/
 
Air Terjun Sri Gethuk Wonosari, Jogjakarta, Indonesia

Air+Terjun+Sri+Gethuk+Jogjakarta+Indonesia.jpeg
Air terjun Sri Gethuk terkenal dengan nama air terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi blok Slempret, tempat tersebut sangatlah indah karena adanya air terjun yang diapit oleh tebing yang sangat tinggi bahkan tebing tersebut dengan ketinggian sampai dengan 50 m dengan suasana yang sangat romantis karena di daerah tersebut adalah merupakan daerah persawahan yang sepanjang tahun tidak pernah mengalami kekeringan dan bahkan di sepanjang tahun di sana tanaman padi selalu menghijau silih berganti dengan topografi berbukit dengan banyak sekali tumbuh pohon kelapa, sehingga suara angin bertip akan sangat menghiasi lambaian daun nyiur yang melambai di samping itu tempat tersebut adalah merupakan lokasi yang sangat subur karena di dukung dengan 3 sumber mata air yang cukup besar al; Sumber mata air dong Poh, Ngandong dan Ngumbul dengan rata – rata debit 30 s/d 60 l/dtk, sehingga di lokasi tersebut seperti di daerah ngarai, bahkan ketika berada di sana seperti kita berada di luar Gunungkidul.

Sri+Gethuk+Wonosari+Jogjakarta.jpg
Untuk menuju wisata air terjunnya dapat berjalan melewati setapak pematang sawah yang sangat asik karena dapat sambil berpetualang sejauh 450 m dan kemudian menuruni anak tangga 96 anak tangga, Tetapi bagi wisatawan yang tidak ingin keluarkan keringat ada fasilitas perahu tradisional/gethek untuk menuju wisata air terjun tersebut sambil menyusuri tebing indah slempret yang mempunyai ketinggian 50 meter di kanan kiri perjalanan kita sampai di lokasi air terjun.

Salah Satu Sarana Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Menurut cerita legenda nama slempret sebenarnya adalah berasal dari kata Slompret yang merupakan alat musik tiup konon cerita bhawa lokasi tersebut adalah merupakan tempat atau pusatnya para jin/ makhluk halus yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata atau dapat di katakan bahwa tempat tersebut adalah merupakan tempat yang sangat angker dengan nama pimpinan para jin tersebut adalah jin Anggo Menduro. Jin adalah merupakan jin yang sangat menyukai dengan berbagai kesenian, hal tersebut dapat di buktikan bahwa di tempat tersebut pada saat – saat tertentu akan terdengar suara atau disebut dengan bahasa jawa pandulon yang suara tersebut kalau di dengarkan di lokasi padukuhan Menggoran dan sekitarnya suara tersebut berasal dari lokasi air terjun tetpai kalau didekati suara itu akan hilang , suara tersebut adalah suara dramben dengan suara yang sangat dominan adalah suara slompret maka tempat tersebut di kenal sebagai sebutan Slompret atau kemudian di sebut Slempret maka yang terkenal sampai dengan saat ini lokasi tersebut dengan Air terjun Slempret karena air tersebut berada di lokasi daerah Slempret.

Sri Gethuk merupakan objek wisata terpadu yang meliputi Goa Rancang Kencana, Air Terjun Sri Gethuk, situs purbakala, dan pemacingan, bumi perkemahan dalam satu area di Dusun Menggoran, Desa Bleberan yang dikelola sepenuhnya oleh pemuda-pemuda desa setempat.

Link Peta Lokasi

Biaya: Rp 30.000 (merupakan tiket terusan dengan Gua Rancang Kencono)

Keterangan:

Wisata Air Terjun Sri Gethuk sepenuhnya dikelola oleh masyarakat Desa Bleberan. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Kohar (+62 853 3400 5700).






Rumah Kita Homestay - Sewa Rumah Harian Aman, Nyaman dan Berkesan
rumahkitahomestay@yahoo.co.id
PH : +6285733310169 / +6285743310169
http://rumahkitahomestay.blogspot.com/
 
Last edited:
Pantai Indrayanti Yogyakarta

Pantai+Indrayanti+Jogjakarta.jpg


Pantai Indrayanti terletak di sebelah timur Pantai Sundak, pantai yang dibatasi bukit karang ini merupakan salah satu pantai yang menyajikan pemandangan berbeda dibandingkan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul. Tidak hanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru jernih semakin manambah pesona pantai ini.

Pantai Indrayanti juga dilengkapi restoran dan cafe serta deretan penginapan yang akan memanjakan wisatawan. Beragam menu mulai dari hidangan laut hingga nasi goreng bisa di pesan di restoran yang menghadap ke pantai ini. Pada malam hari, gazebo-gazebo yang ada di bibir pantai akan terlihat cantik karena diterangi kerlip sinar lampu. Menikmati makan malam di cafe ini ditemani desau angin dan alunan debur ombak akan menjadi pengalaman romantis yang tak terlupa.


Penginapan+di+Pantai+Indrayanti.jpg


Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontraversi. Indrayanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik cafe dan restoran. Berhubung nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan pemerintah menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti jauh lebih populer dan lebih sering disebut daripada Pulang Syawal. Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti rupanya turut membawa dampak positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000 untuk tiap sampah yang dibuang oleh wisatawan secara sembarangan.


Suasana+Malam+di+Pantai+Indrayanti.jpg


Di Pantai Indrayanti ini juga, disediakan beragam permainan air seperti jetski tentunya.

Jika anda berkunjung ke Kota Jogjakarta, pastikanlah anda menjadwalkan waktu anda untuk berkunjung ke pantai ini.

Alamat: Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia




Rumah Kita Homestay - Sewa Rumah Harian Aman, Nyaman dan Berkesan
rumahkitahomestay@yahoo.co.id
PH : +6285733310169 / +6285743535255
http://rumahkitahomestay.blogspot.com/
 
Luweng+Sampang+-+Gunung+Kidul+-+Jogjakarta.jpg



Air+Terjun+Luweng+Sampang+Jogjakarta+Indonesia.jpg


Anggapan jaman dahulu bahwa daerah Gunung Kidul merupakan daerah yang sama sekali kering air akhirnya benar-benar harus dihilangkan. Dengan banyak ditemukannya Air di bawah gua dan banyaknya air terjun didaerah ini, salah satunya adalah Luweng Sampang.

Nama ‘Luweng Sampang’ diambil dari istilah ‘Luweng’ yang berarti lubang, dan ‘Sampang’ yang menjadi nama Desa setempat, yaitu Desa Sampang.

Luweng+Sampang,+Jogjakarta,+Indonesia.jpg


Lokasi Luweng Sampang berada di perbatasan Yogyakarta - Jawa Tengah, tepatnya antara Desa Jogoprayan Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah dengan Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Untuk menuju Luweng Sampang dari Yogyakarta akan lebih dekat melalui Klaten ( Meski letak luweng ini berada di daerah Gunung Kidul ) dengan rute Yogyakarta – Prambanan – Srowot – Wedi, dan sesampainya di Pasar Wedi, kita tinggal mengambil arah keselatan menuju Jogopraya.

Mungkin apabila kita pertama kali mengunjungi tempat ini, kita akan sedikit bingung dikarenakan suasananya yang sepi, lain dengan tempat wisata yang lain, maklum saja dikarenakan tempat ini memang bukanlah sebuah destinasi wisata. Bahkan saya yakin bahwa sebagian besar masyarakat Jogja belum pernah mendengar mengenai tempat ini.


Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun yang memiliki karakteristik cukup unik. Tingginya memang terhitung cukup pendek, sekitar lima meter saja, namun komposisi dari batuan di sekitarnya terlihat sangat menarik, berupa dinding batu yang tergerus oleh air, persis seperti di Grand Canyon, hanya dengan skala yang jauh lebih kecil. Saat musim penghujan, Luweng Sampang ini akan semakin menunjukkan keindahannya dikarenakan debit air yang jatuh akan besar dan akan semakin menampilkan pesonanya.

Menurut warga sekitar, dahulu dibalik air terjun Luweng Sampang ini digunakan oleh Sunan Kali Jaga sebagai lokasi untuk bertapa memohon pencerahan kepada Tuhan.

Wali Sanga sendiri dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke 15. Sesuai namanya, wali ini berjumlah sembilan orang, dimana salah satunya adalah Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga adalah putra Adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta. Ia adalah murid Sunan Bonang. Sunan Kalijaga terkenal sebagai wali yang nguri-uri kebudayaan Jawa. Beliau menggunakan kesenian dan kebudayaan sebagai sarana untuk berdakwah, antara lain kesenian wayang kulit dan tembang suluk.

Aktivitas yang pantas anda lakukan disini adalah mandi tentunya, aktifitas fotografi, dengan pesona Luweng Sampang yang masih asli dan romantis, lokasi ini layak untuk dipilih sebagai lokasi pre-wedding.



Rumah Kita Homestay - Sewa Rumah Harian Aman, Nyaman dan Berkesan
rumahkitahomestay@yahoo.co.id
PH : +6285733310169 / +6285743535255
http://rumahkitahomestay.blogspot.com/
 
Back
Top