Tummy time, penting untuk perkembangan otot si kecil

raratania

New member
Buat bunda yang sedang senang2nya bermain dengan si kecil, tau tummy time kan bunda? Bermain sambil tengkurap atau bertumpu pada perut sambil melakukan berbagai aktivitas.

Dalam posisi tengkurap bayi berlatih menggunakan tangannya untuk meraih sesuatu. Itu adalah kemampuan yang menjadi bekal untuk merangkak. Tummy time ini sudah bisa dilakukan sejak bayi berumur 3-4 bulan. Ada manfaatnya loh bun.

Jadi permainan ini memperkuat tubuh bagian atas dan mengendalikan gerak kepala, serta memperkuat otot lengan dan leher. Mulai dengan bermain beberapa menit sekali selama 15-20 menit biar si kecil terbiasa. Saat bunda meletakkan si kecil di perut bunda, bunda bisa nyanyi, ngomong atau buat wajah lucu di depannya.

Dan agar otot lehernya kuat bunda bisa gerakkan mainan favoritnya mulai dari sejajar mata, perlahan-lan gerakkan ke atas. Bunda juga bisa menstimulasi otot2 yg bekerja untuk mengangkat kepala dan mendorong lengan atas dengan cara mengusap lembut punggung si kecil lewat gerakan memutar antara kedua bahu, lalu ke arah atas dan bawah.

Semoga bermanfaat yah bunda infonya
 
Back
Top