Tips penting sebelum masuk dunia kerja

johnnypetot

New member
Buat kamu yang udah kerja atau baru mau masuk kerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mungkin bagi kamu sepele karena udah sering baca, tapi gak ada salahnya kan untuk diperhatikan, yuk disimak :

1. Kemampuan analisis masalah
Saat kamu sedang ada masalah pada bidang kerjaan kamu, disinilah kemampuan mu menganalisis masalah diperhatikan rekan setim mu. Keluarkan semua hal yang pernah kamu pelajari saat di bangku kuliah. Atau ketika kamu berorganisasi, kamu juga bisa gunakan ilmu dari sana untuk dipraktekkan saat menghadapi klien yang sulit, latih kemampuan berkomunikasi. Makanya saat kuliah, jangan hanya belajar dan dengerin dosen doang terus pulang, tapi ikutlah organisasi agar saat kamu kerja nanti kamu akan terlatih dan terbiasa membuat perencanaan-perencanaan dna mencari solusi dari suatu masalah.

2. Pengalaman bersosialisasi (berorganisasi/bekerjasama) dengan pihak lain. Ini penting, karena saat di dunia kerja, mau tidak mau kita bekerja untuk menghasilkan sesuatu yang nantinya akan berhubungan dengan kepentingan banyak orang. Ingat, kamu gak akan selalu berada di lingkungan kerja yang menyenangkan, ada saatnya kita akan berada di lingkungan kerja yang benar-benar tidak menyenangkan, “there is always opportunity in every challenges” (akan selalu ada kesempatan di balik tantangan/masalah). So, let’s think out of the box and let’s out from your comfort zone. Karena dari tempat tidak menyenangkan itu akan melatih kita jadi pribadi yang kuat dan memaksimalkan potensi lain yang masih tersembunyi dari dalam diri kita.

3. Time Management. Ini yang selalu jadi keluhan orang, sering gak kamu mengeluh, duh kerjaan banyak banget rasanya 24 jam tuh masih kurang banget. Wah musti dievaluasi jangan-jangan bukan karena kurang waktunya tapi karena kamu gak bisa memanage waktumu yang 24 jam itu. So, mulai sekarang bikin prioritas mulai dari hal yang sangat penting dan urgently.

4. Be bright as a star. Tunjukkan kemampuan kamu semaksimal mungkin. Bekerjalah dengan penuh dedikasi. Temukan passion kamu, kembangkan potensi yang kamu dan berikan yang terbaik untuk orang-orang sekitarmu. Jangan pernah berpikir salary, percayalah hal itu akan ikut kalau kualitas dirimu terlihat. Dan bukan hanya itu, kalau kualitasmu cemerlang, kamu akan dicari head hunter loh. Untuk jadi bintang kamu juga perlu meningkatkan daya ingatmu lewat asupan nutrisi terbaik untuk otak setiap pagi, pilihannya bisa sarapan oatmeal dengan buah plus susu.

5. Biarpun kamu punya keempat hal itu, tapi kamu gak bisa behave alias attitude lo gak bagus, sulit untyuk diterima dimanapun. So, you must have good attitude karena ini adalah fondasi awal sebelum menjalankan keempat hal diatas.

sumber
 
tapi terlalu banyak mikir & pertimbangan, malah ga kerja2, he

diterima bekerja sendiri tidak mudah ya, ada yang berbulan bulan hingga bertahun-tahun baru mendapat pekerjaan/diterima bekerja :D
 
Plus money management. Karena kalau kita kehabisan duit di tanggal tua, maka kinerja kita pasti juga menurun.
 
ingat gan, setinggi apapun kemampuan kita, ketika kita memasuki dunia kerja yang baru, kita harus tetap rendah hati gan, kita harus mampu menghormati orang orang yang lebih dulu dari kita, meskipun secara kemampuan kita lebih baik, yang namanya senioritas di tempat kerja itu tidak bisa dihindari gan, jadi kita harus pandai pandai menempatkan diri gan,
 
ingat gan, setinggi apapun kemampuan kita, ketika kita memasuki dunia kerja yang baru, kita harus tetap rendah hati gan, kita harus mampu menghormati orang orang yang lebih dulu dari kita, meskipun secara kemampuan kita lebih baik, yang namanya senioritas di tempat kerja itu tidak bisa dihindari gan, jadi kita harus pandai pandai menempatkan diri gan,

bener juga ni den ibamfx
 
Back
Top