Eh, Ternyata Beruang Terkecil Di Dunia Ada Disini

Status
Not open for further replies.

mpokbibah

New member
Den dan non ada yang tau beruang terkecil di dunia? Hmm kalau yang belum tau gue kasih tau deh, beruang terkecil tuh beruang madu. Kabar baiknya buat lo yang mau lihat si beruang madu ini, lo gak perlu pergi jauh-jauh ke luar negri karena ternyata habitatnya tuh ternyata ada di Indonesia, tepatnya di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Disinilah tempat penangkaran si beruang madu.

Sebenarnya nama aslinya bukan beruang madu tapi beruang matahari atau sun bear. Dan ini bukan sembarang nama. Disebut sun bear karena di dada beruang ini terdapat tanda yang mirip dengan bentuk matahari.

Menurut Agus Haryadi, pemandu wisata dari BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation) setiap beruang madu memiliki tanda pada tubuhnya termasuk bentuk matahari ini, makanya dinamakan sun bear.

1.Kalimantan-Ternyata-Menyimpan-Beruang-Terkecil-di-Dunia.2.jpg


Kabar buruknya sun bear ini sudah masuk daftar hewan yang terancam punah karena banyak pemburu yang mengincarnya. Kasihan banget deh, bagian-bagian tubuh yang sering jadi incaran pemburu seperti kuku dan gigi tuh dijual. Termasuk empedu juga karena konon empedu ini dapat digunakan sebagai obat.

Syukurlah BOSF punya tempat penangkaran khusus beruang madu ini yang biasanay hasil dari penyelamatan dan penyitaan. Dan sampai sekarang sudah ada sekitar 45 beruang madu yang tinggal di tempat penangkaran ini.

Dan beruang jantan, betina, dengan yang masih anak-anak diletakkan di tempat terpisah. Khusus beruang yang terlalu aktif dan dikhawatirkan akan kabur ke kawasan pemukiman warga diasingkan tersendiri di kandang khusus.

Si beruang madu ini aslinya karnivora. Tadinya gue pikir nih beruang dinamakan beruang madu karena makannya madu, gak taunya bukan. Nah supaya nih beruang gak memangsa penjaganya, jadinya ini beruang hanya diberi susu dan buah-buahan saja. Tapi namanya naluri biasanya suka muncul tiba-tiba, walau sering dikasih susu dan buah pun.

Kalau lo mau lihat si sun bear ini, ada dua pilihan waktu, pagi dan sore hari. Untuk pagi hari, lo boleh datang antara jam 09.00 – 13.00 WIT, dan untuk sore harinya lo bisa datang jam 14.00 – 20.00 WIT. Eits untuk datang ke rumah si sun bear ini lo kudu bayar.

Cukup mahal sih, untuk orang dewasa sekitar 500 ribu, dan 275 ribu untuk anak-anak. Dengan uang segitu lo bisa keliling pulau orangutan atau samboja lestari kemudian berkunjung ke tempat penangkaran si sun bear ini.

sumber
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top