Org. Pa

Megha

New member
Org.Pa apakah aman yah untuk anak usia SMP? usulan ini baru jadi rancang ajah disekolahku,kebetulan sekolahku gabungan SMP dan SMK dalam satu gedung. May karena sering ngeliat kita anak osis dan anak senior latihan CLimbing dan apalah segala macemnya mereka jadi ikutan tertarik,Namun kita gak tau kemungkinan apa yang bakalan terjadi dilapangan. Maka dari itu aku mengundang kalian yang lebih berpengalaman untuk ikut serta membuka dan share bersama aku diforum ini.
Terima kasih atas postingnya...
 
Wah kalau mau ngadain PA (Pencinta Alam)perlu kerjasama yang kuat antara Osis,Pembina PA,dan Pihak sekolah tentunya.Kalo mau ngadain PA pasti deh banyak halangannya,jadi buat lo yang punya penyakit "kagak sabaran" mending gak usah ngadain PA.Lagian bikin aja Planing atau pendidikan yang ringan-ringan dulu kayak HIking,Camping,and LDK. Bentuk dulu karakter mereka supaya nanti pas pra praktek dilapangan gak kaget.
 
Eh iya yah? aku gak kepikiran,padahaL proses pengembangan karakter penting banget buat spirit mereka.Wah tokcer juga nih..
 
Tul kali, harus punya pemikiran yang matang, agenda kegiatan yang bisa diadaka, dan pengurus yang solid. Rancang dulu aja materi-maeri dasar yang perlu disampein ke mereka untuk pembinaan.
Jangan lupa juga kaderisasinya tekankan kepad dua hal, pewarisan ilmu, dan pewarisan skill.
 
Wah ada Nyamuk.. Ayo Gebugin Rame-rame..!!!! he.he..

Ok deh saran Loe gw tampung,dan akan gw ingat. Tapi biarpun begitu gw kepentok sama masalah finansial,Gimana nih pemecahannya? sedangkan kas sekolah juga lagi cekak. Kalo pake sponsor buat nambahin alat ataupun ngadain even gw blom bisa (blom punya iLmu) lagian gw takut ketepu!!

"nyamuk.. nyamuk.. keciL egha mau tanya,apakah kamu diseberang sana bisa ngasih solusi?"

Gimana naih solusinya?
 
Hmm... gitu ya mbak eg (egg = telor dong, hehehe bcanda ko mbak eg)

Gini,
Satu hal yang harus dicatat: menjadi pintar nggak harus dan perlu punya uang ko.

Bayangin, kalo semua orang berprinsip "gw harus ada duit supaya pinter", maka cuma sedikit orang yang akan bisa komputer, karena cuma akan ada sedikit orang yang mampu beli windows asli, ato sofwer2 yang harganya ratusan ampe ribuan dollar. Win XP aja $300, Pista Ultimate $ 400, ofis 2007 $ 340, potosop $ 190, KorelDrau $380, fles $ 600 an, belum lagi kul edit, drimwiper,? (wah jadi promosi produknya Adobe ni, gw aseli bukan salesman Adobe KK).

Nah, kita liat kenyataanya sekarang. Sedikitkah orang yang menguasai sofwer tersebut? Nggak kan? gw bukan menyarankan untuk membeli sofwer bajakan lho. Tapi intinya, kita harus ?cerdas? dalam menghadapi segala kondisi yang menghambat kita untuk menjadi pinter dan tau akan ilmu. Kita juga harus punya ?Inovasi? untuk bisa menemukan cara nya supaya kita bisa tau ilmu tanpa hambatan, apalagi kendalanya yang klasik2, yaitu dana. (Maklum spre tadi gw baru aja iseng diajakin temen masuk kul Manajemen Inovasi, lumayan bagus juga meski tadi dengerinnya ngantuk2).

Nah, cobalah mbak egha melakukan inovasi untuk menggerakkan organisasi tersebut. Inget, ?Rencana yang kecil tidak mempunyai kapasitas yang besar untuk mengerakkan?, jadi buatlah suaru timeline rancangan yang gede, tapi realistis dengan tidak mengbaikan keterbatasan yang ada.

Saran gw:
Organisasi PA biasanya dibagi menjadi beberapa divisi / kelompok minat dan keahlian, contohnya :

gunung hutan
rock climbing
arung jeram
lingkungan hidup

dimana masing-masing kelompok diatas punya spesifikasi teknik dan ilmu nya masing2. Tapi untuk keperluan yang terbatas cukup disatuin ajah, keempat conto divisi tadi cuma rujukan buat pembelajaran ilmunya doang. Divisi2 tadi disatuin (dalam hal pembelajarannya), tapi menyangkut semua hal yang dasar. Itu juga udah cukup banyak ko.

Maksud gw dengan ngadain kegiatan / event itu bukannya event yang gede2, tapi lebih kepada kegiatan yang terfokus untuk aktivitas ?learning?. Seperti yang gw katakan sebelumnya, organisasi (maksudnya yang di sekolah/kampus) harus punya dua tujuan yang harus terpenuhi, yaitu pewarisan ilmu dan skill.

Nah, untuk ilmu, pertama2 bisa dikenalkan kepada mereka alat2 dasar PA, seperti tas carrier, misting, parafin, tenda, ponco, jaket penahan dingin, sleeping bag, korek anti basah, kompas tembak, sepatu lapangan yang safety, harnes, karabiner, jumaring, pelampung, perahu karet, de el el.

Kalo mau beli alatnya jangan banyak2, satu ajah cukup toh buat pengenalan. Ato minjem aja, mbak eg pasti punya banyak temen kan. Bisa juga dikenalkan terori IMPK (Ilmu medan peta dan kompas), teknik nyari kayu bakar yang bagus, pembelajaran tentang lingkunagna hidup, dll

Untuk skill, bisa dengan diajarkan cara bikin tenda, bifak solo, cara make carrier yang bener, konfigurasi packing yang bagus, ato praktek IMPK real di lapangan (harus di daerah pengunungan si biar enak, tapi di kota juga bisa, asal petanya ada susunan gedung-gedung bertingkat yang ada disitu ---- >>> yang ini mana ada?), trus diajarin cara bikin api jaman baheula (tanpa korek), teknik P3K untuk luka ringan, teknik penyebrangan basah, teknik nanem pohon yang bener, rappling, dll.

Trus kalo udah tau apa aja yang mau dilakuin, mbak egha tinggal nyusun time line jangka panjangnya dulu, misal kira-kira untuk waktu satu tahun kedepan:

Bulan januari: materinya pengenalan organsiasi secara umum
Februari: pengenalan kelompok keahlian (kk), dan penjelasan masing-masing kk
Maret: pengenalan alat dasar umum
April: materi fokus pada teori kk gunung hutan
Mei: materi nya praktek (mengetahui teknis pengerjaan) kk gunung hutan
Juni: materi fokus pada kk rock climbing
Juli: materi nya praktek kk RC
Agustus: fokus ama kk arung jeram
September: materi nya praktek kk arung jeram
Oktober: fokus materi ama kk lingkungan hidup
November: praktek kk lingkungan hidup
Desember: Evaluasi overall, dan perencanaan perekrutan anggota

Nah trus kalo udah, mbak egha bikin juga time line jangka pendeknya, misal bwt bulan januari:
Minggi 1: Materinya tentang Pentingnya Organisasi
Minggi 2: -------------------- Organisasi sebagai wadah pengembangan diri
Minggi 3: -------------------- Kepemimpinan dan manajemen konflik organsiasi
Minggi 4: Targetnya mengadakan Latihan Kepemimpinan Organsiasi ataupu Manajemen Organisasi, atau apalah, yang penting dalam bentuk training.

De el-el de



Untuk nyusun time line ini waktunya harus disesuain dengan agenda-agenda lainnya agar tidak bentrok ataupun terhambat. Pokoknya banyak banget de kalo kita mau berinovasi mbak eg??.

Sorry de kalo jawabannya terlalu panjang tapi nggak nyambung N memuaskan,?
 
BuwSet?!!! banyak bener nih.. Wah tokcer bangat dah postingan Nyamuk

Btw gw sering banget punya rencana bikin event dengan kerjasama sponsor,tapi mumpung belom punya iLmunya,ide-ide itu cuma jadi angan-angan semata. gw pengen banget nih dapet iLmunya...

Ajarin dong..!
 
Om jamil tinggal dimana?
Kalo dijakarta pasti punya anak UI kan? nah, pasti salah satunya ada yang anggota mapala. Pinjem aja bukunya disitu...
Soalnya kalo belajar ginian mah (setau gue) nggak ada buku yang bisa dibeli di toko. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, biasanya organisasi-organisisasi PA punya buku "Primbon" yang mereka susun sendiri untuk keperluan kaderisasi dan pembinaan... Pinjem aja bukunya dari situ. Trus praktekin, jangan baca tinggal baca ngak pernah dipraktekin soalnya ntar cepet ilang ilmunya Om jamil... Ok
 
Back
Top