Ini Dia 7 Negara dengan Tradisi Unik Saat Ramadhan

satunusa28

New member
Di negara-negara ini memiliki tradisi berbeda-beda untuk mengisi aktivitas sepanjang Bulan Ramadan. Berikut beberapa fakta unik Ramadan di berbagai negara;

1. Turki
turki.jpg

Lokasinya yang strategis di persilangan dua benua, menjadikan budaya Turki merupakan campuran budaya Timur dan Barat yang unik yang sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua buah peradaban. Selama Ramadan, hiburan malam masih diizinkan untuk beroperasi.

2. Amerika Serikat
amerika-serikat.jpg

Masjid-masjid di Amerika justru berhias di masa Ramadan, sebutlah saja Masjid Nurul Mustafa, di pinggir Kota Johnston County, North Carolina yang selalu diberi hiasan lampu warna-warni untuk menyemarakkan suasana.

3. Australia
australia.jpg

masjid favorit yang paling sering dikunjungi adalah Masjid Lakemba. Anda harus datang lebih awal, sebab parkir mobil di masjid ini selalu penuh.

4. Rusia
rusia.jpg

menjalani puasa di negeri ini mungkin perlu lebih banyak perjuangan. Jika di negara-negara lain puasa hanya berlangsung kurang lebih 13-15 jam, di Rusia bisa menjcapai 17 jam. Di negera ini kini terdapat 8 ribu masjid dengan 20 umat muslim yang 2 juta di antaranya tinggal di Ibu Kota Rusia, Moscow.

5. Antartika
antartika.jpg

penduduk Antartika memerlukan aplikasi khusus untuk mengingatkan mereka saatnya beribadah, umumnya berbuka dan bersahur.

6. Arab Saudi
arab-saudi.jpg

tradisi kebersamaan umat Muslim di negara ini sangat kental. Di Masjidil Haram, Kerajaan Saudi saat berbuka biasanya digelar taplak-taplak meja panjang untuk jamuan berbuka bersama.

7. Mesir
mesir.jpg

Di Mesir terdapat sebuah meriam tua di dataran tinggi Moqattam dekat Citadel yang digunakan sebagai penanda Bulan Ramadan tiba. Tiap waktu imsak dan buka puasa, meriam ini disulut hingga mengeluarkan bunyi dentuman yang keras. Meriam ini dikenal penduduk setempat dengan nama Hajjah Fatimah.

sumber
 
Back
Top