Ini Dia Trik Efektif Merawat Lantai Kayu, Den dan Non

writinglover

New member
Den dan Non, rumah dengan lantai kayu sekarang sudah jadi pilihan kebanyakan orang di era modern ini. Karena fungsinya tidak hanya untuk memperhalus lantai rumah, juga untuk meningkatkan nuansa dekorasi interior yang bagus. Bahkan, sebagian rumah mewah sekarang ini sudah menggunakan lantai kayu di beberapa ruangannya seperti kamar tidur, teras juga dapur.

Tapi, perlu diingat juga, dalam merawat lantai kayu ada beberapa trik yang harus diperhatikan agar tidak rusak karena kesalahan-kesalahan kecil. Nih trik nya :

• Selalu membersihkan alas kaki menggunakan keset
Karena seringkali, aktifitas di luar ruangan menyebabkan alas kaki tertempel kerikil kecil dan pasir-pasir halus. Benda-benda kecil ini memiliki tekstur yang kasar sehingga ini dapat menyebabkan goresan pada lantai kayu. Biasanya ini terjadi pada alas kaki anak-anak. Usahakan meletakkan keset di ruangan-ruangan yang sering dilalui, seperti pintu depan, dapur, dan pintu belakang rumah. Ini bertujuan mencegah terjadinya gesekan-gesekan pada lantai kayu karena benda kasar. Selain itu, jangan lupa letakkan keset di pintu kamar mandi agar air yang ada di kaki tidak merembes di lantai kayu. Ini bisa merusak bagian finishing lantai kayu itu sendiri.

• Memasang alas perabotan
Khususnya di bagian kaki yang menahan perabotan. Contohnya, saat lo meletakkan 1 set sofa dan meja, lo perlu pasang alas yang terbuat dari karet atau aluminium lembut. Ini bertujuan untuk mencegah gesekan kaki perabotan pada lantai yang sama-sama terbuat dari kayu. Gesekan yang terjadi hanya mengikis lantai kayu secara perlahan.

• Jangan pernah merekatkan karpet pada lantai kayu
Sering kali, ketika merekatkan karpet pada lantai kayu, karpet akan melekat dengan keras. Hal ini dapat merusak lapisan paling luaar dari lantai kayu ketika karpetnya dibuka kembali. Untuk itu, hindari perekatan karpet pada lantai kayu yang juga dapat memperburuk tampilan dari lantai kayu itu sendiri.

• Jangan pernah membersihkan dengan terlalu banyak air
Ini adalah salah satu cara untuk merawat lantai kayu agar tidak rusak. Air yang terlalu banyak akan terserap ke dalam sela-sela lantai kayu dan akan menyebabkan bagian kayu pada lantai jadi rapuh. Bayangin saja deh, jika air yang masuk terlalu banyak, lantai kayu akan mudah retak dan rusak jika terkena tekanan yang berat dariperabotan atau berat tubuh.

• Memotong kuku hewan peliharaan
Ini dikarenakan kuku hewan dapat menyebabkan goresan pada lantai kayu. Lagipula, lo tidak akan membiarkan hewan peliharaan merusak bagian-bagian ruangan lain dengan kukunya yang panjang.

sumber : popeti
 
Back
Top