Nasdaq Rebut Domain Plesetan

irigster

New member
Tanggal: 11 Oct 2001
Sumber: Teguh B. Santoso


NamaDomain.com, Masih ingat kasus klickbca.com Kasus hampir mirip terjadi di AS sana. Nasdaq, pasar bursa terbesar kedua di dunia, risih nama domainnya disamai oleh sebuah perusahaan Kanada. Seperti disebut Internet Reports, Rabu (10/10/2001), mereka menggugat dan menang.

Grup yang digugat itu adalah Green Angel. Perusahaan ini memiliki 4 nama ?plesetan? nasdaq. Maisng-masing nasdaqstockexchanges.com, nasdaqstockmarket.com, nasdaqamexstockexchange.com and nasdaqexchanges.com. Beberapa diantaranya digunakan untuk situs penjualan buku.

Jengah dengan domain plesetan seperti ini, Nasdaq pun mengajukan gugatan ke arbitrase di Jenewa Swiss. Dalilnya, mereka merasa dirugikan karena beberapa costumer-nya tersesat setelah menuliskan nama domain yang salah. Nasdaq pantas geram karena situsnya memiliki hits 50 juta pengunjung sehari.

Ternyata Michael Swinson, orang Australia yang menjadi pimpinan majelis arbitrase setuju. Green Angel dianggap telah melanggar hak atas kekayaan intelektual. Green Angel diminta menyerahkan 4 nama domain tersebut kepada Nasdaq paling lambat sepuluh hari. Tak disebutkan apakah juga dikenakan denda.

Bila dibandingkan Indonesia, kasus sama, penyelesaian berbeda.(tbs)
 
Back
Top