Album Indonesia yang paling Laris Sepanjang Masa

resepmasakanindo

New member
2013-06-21_01184.jpg

Sebelum berubah menjadi era digital, industri musik tentu berpikir panjang untuk menjalankan strategi dalam meningkatkan angka penjualan album. Sebelum internet begitu massal digunakan, angka penjualan album menjadi hal yang sangat prestisius dan membanggakan. Sayangnya, hal tersebut makin jarang dijumpai di era musik saat ini.

Tak hanya luar negeri, di Indonesia juga tercatat beberapa nomor album yang begitu meledak dan terjual dengan angka yang cukup fantastis. Hal tersebut terjadi saat penikmat dan penggemar mengapresiasi masih mengapresiasi musik dengan cara membeli rilisan fisik dari musisi bersangkutan. Sebuah hal yang sulit ditemukan saat ini.

Nah, penasaran dengan siapa saja musisi Indonesia yang berhasil menorehkan sejarah penjualan album dengan angka tertinggi? Yuk, ada baiknya kita langsung simak halaman berikut ini 5 Album Musisi Indonesia yang paling Laris Sepanjang Masa seperti dilansir musik.kapanlagi:

1. Padi - 'SESUATU YANG TERTUNDA'
Band asal kota Surabaya ini berhasil menempatkan nama mereka di jajaran band dengan penjualan album paling laris di Indonesia. Album SESUATU YANG TERTUNDA yang dirilis tahun 2001 silam berhasil terjual sebanyak 1,8 juta kopi.

Dirilis di bawah label kenamaan, Sony Music Indonesia, dua single Kasih Tak Sampai dan Semua Tak Sama mampu menjadi hits sepanjang tahun 2001. Dalam tempo 2 minggu, album tersebut sudah terjual sebanyak 450.000 kopi. Sebuah pencapaian fantastik untuk sebuah band yang baru merilis dua album saat itu.

2. Jamrud - 'NINGRAT'
Berikutnya adalah band rock yang menikmati masa kejayaannya di akhir era 90-an, Jamrud. Album NINGRAT mereka yang dirilis tahun 2000 silam terjual sama banyaknya dengan yang ditorehkan padi, 1.8 juta kopi.

Prestasi Jamrud ini bisa dibilang cukup fenomenal. Sebagai band rock, mereka mampu mengalahkan rekor senior mereka, God Bless dalam urusan penjualan album. Tercatat, angka tertinggi penjualan album God Bless hanya 400.000 kopi.

3. Peterpan - 'BINTANG DI SURGA'
Kedatangan Peterpan memang menjadi suatu fenomena tersendiri di belantika musik Indonesia. Dalam waktu yang cukup singkat, Ariel dan kawan-kawan sudah mampu meraih perhatian publik secara luas.

Hal itu juga yang membuat album BINTANG DI SURGA menorehkan angka penjualan yang sangat fantastis. Untuk regional Indonesia saja, album Peterpan yang rilis tahun 2004 ini berhasil meraih angka penjualan sebesar 3 juta kopi. Promosi gila-gilaan yang dilakukan pihak Musica selaku label sangatlah jitu saat itu.

4. Nike Ardilla - 'BINTANG KEHIDUPAN'
Album legendaris dari sang penyanyi legendaris. Nampaknya itu adalah caption paling pas untuk menggambarkan sosok Nike Ardilla dan albumnya yang rilis thaun 1990 tersebut. Album ini juga yang menjadi modal dominasi awal Nike Ardilla di ranah industri musik tanah air.

Terjual sebanyak 4 juta kopi, album BINTANG KEHIDUPAN membuat kehidupan Nike Ardilla mulai berubah. Semakin populer membuat karya-karyanya makin banyak tersebar dan tawaran untuk membintangi beberapa nomor film menjadi prestasi tersendiri bagi Nike Ardilla.

5. Nike Ardilla - 'SANDIWARA CINTA'
Yang terakhir masih dipegang oleh lady rocker legendaris tanah air. Ya, siapa lagi kalau bukan Nike Ardilla. Setelah album sebelumnya, BINTANG KEHIDUPAN, laku keras di pasaran hingga mampu terjual sebanyak 4 juta kopi, ternyata Nike masih belum puas.

Di tahun 1995, ia kembali menelurkan album bertajuk SANDIWARA CINTA. Album ini sukses mengalahkan rekor penjualan album terdahulu milik Nike sendiri. Sebanyak 5 juta kopi SANDIWARA CINTA laris manis di pasaran.

Namun, kecelakaan tragis yang merenggut nyawa Nike Ardilla juga turut membuat penjualan album ini terus melonjak. Hal itu pula yang membuat album ini sampai mendapatkan penghargaan terbanyak dan paling bergengsi sepanjang sejarah industri musik Indonesia.

Sumber : Musik Paling Laris Sepanjang Masa
 
aku suka padi... tu album kenangan banget... dlu tuh lagi jaman-jamannya dikejar cwo nyebelin ampe di ajak ke pantai dan di buntutin ama dia... sepanjang jalan aku dengerin lagi padi aja....hahahaha
 
Back
Top