7 Tips Memangkas Biaya Perbaikan Mobil

mitraca991

New member
Pemeliharaan kendaraan merupakan langkah penting untuk memperpanjang usia mobil. Tak hanya itu, banyak praktisi otomotif menilai, pemeliharaan merupakan 'jantung' dalam keselamatan berkendara.

Kendati terbilang penting, namun banyak pemilik mobil yang memilih enggan membawa kendaraan mereka ke bengkel untuk perawatan. Padahal jika masalah pada mobil sudah bertumpuk, butuh biaya besar yang menguras kantong untuk memperbaikinya.

Agar terhindar dari biaya besar saat perbaikan mobil, rupanya ada beberapa tips yang patut diperhatikan sang pemilik. Menurut laporan MSN Money, Rabu 3 September 2014, ada tujuh hal yang dapat memangkas biaya perawatan mobil. Apa saja itu? Berikut tips-tipsnya:

1. Periksa oli

Oli sangat penting untuk kehidupan mesin mobil. Penggantian oli secara teratur rupanya merupakan pertahanan terbaik untuk memperpanjang usia mobil.

Penggantian oli sebaiknya dilakukan setelah menempuh perjalanan sejauh 3.000 mil. Selain mengikuti saran standar, pemilik mobil sebaiknya kerap memeriksa warna oli, termasuk mengecek volume oli.
Jika kurang dari volume oli yang disarankan, sebaiknya anda segera melakukan penambahan.

Selain oli, tekanan ban dan tingkat pendingin mesin juga wajib menjadi perhatian pemilik kendaraan. Apalagi ketika musim atau perubahan suhu terjadi. "Tekanan udara dalam ban biasanya turun satu sampai dua pound untuk setiap 10 derajat perubahan suhu," kata Goodyear.

2. Servis rutin
Pemeliharaan berkala merupakan hal yang dapat memangkas biaya perbaikan mobil. Jika servis dilakukan secara rutin, masalah pada mobil akan berkurang, karena terpantau oleh pemiliknya.

Untuk mengetahui kapan mobil sebaiknya diservis, lihatlah jadwal rutin yang tertera pada buku manual. Sebaiknya, servis dilakukan pada jarak interval yang dianjurkan.

Terkadang, buku seringkali sulit ditemukan pemilik. Jika itu tidak berhasil ditemukan, lihatlah situs terpercaya yang menyebutkan perawatan berkala sesuai dengan jenis kendaraan, tahun pembuatan, dan jarak tempuh yang dianjurkan.

3. Perhatikan tanda aneh
Sama seperti halnya dengan memeriksakan volume oli, atau tekanan ban. Pemilik sebaiknya juga memperhatikan hal-hal lain pada mobil, seperti mendengar bunyi getaran, mencium bau bahan bakar bocor, dan lain sebagainya.

Kepekaan terhadap hal-hal itu dianggap penting untuk mendiangnosa masalah pada mobil sebelum dibawa ke bengkel.

Dengan begitu, setidaknya masalah-masalah kecil pada mobil akan cepat tertangani dengan cepat. Sifat mengabaikan dikatakan wajib dibuang jauh-jauh, agar kerusakan, kebocoran, dan bunyi-bunyi yang tidak enak didengar segera dapat diatasi.

4. Mekanik terpercaya
Memiliki mekanik yang baik merupakan hal penting untuk kesejahteraan mobil Anda. Dengan mekanik terpercaya dan andal, sudah pasti menjaga pengeluaran besar di kemudian hari.

Hal ini penting bagi mobil-mobil model tua yang tidak lagi dalam garansi. Dengan memiliki mekanik terpercaya, kita bisa lebih mudah melakukan konsultasi dan langkah perbaikan.

Untuk menemukan mekanik andal, tanyakan kepada teman, serta rekan-rekan yang mengerti kendaraan. Periksa pula di dunia maya terkait rekam jejaknya, apakah orang tersebut bermasalah saat mengerjakan perbaikan mesin.
Cari tahu pula apakah mekanik tersebut memiliki pengalaman memperbaiki kendaraan yang kita miliki. Jika tidak puas dengan hasilnya, carilah mekanik lain yang telah direkomendasikan orang-orang di sekitar kita yang dapat dipercaya.

5. Suku cadang asli
Penggunaan suku cadang palsu alias abal-abal sama halnya dengan membunuh kendaraan secara perlahan. Biasanya, suku cadang palsu mudah ditemukan di toko-toko kecil yang ada di pinggiran jalan.

Meski harganya sedikit mahal, pemilik sebaiknya menggunakan suku cadang asli yang dikeluarkan pabrikan mobil. Ini juga terbilang penting, karena biasanya, garansi mobil akan berlaku jika kita menggunakan suku cadang yang disarankan.
Jika tidak mengindahkan hal tersebut, bisa saja garansi tidak berlaku untuk kendaraan kita.

Sejumlah perusahaan membuat bagian-bagian yang dirancang untuk fungsi yang sama. Untuk mengetahuinya, disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik terpercaya.

6. Cek harga
Pengecekan harga merupakan hal penting yang wajib ditempuh. Terkadang, banyak bengkel yang membanderol harga mahal untuk setiap pengerjaan. Padahal, harga mahal belum tentu menghasilkan hal terbaik.

Untuk kondisi ini, sebaiknya tanyakan kepada teman-teman serta rekan anda tentang begkel rekomendasi mereka yang menawarkan harga terjangkau dengan pelayanan yang mumpuni.

7. Cari diskon
Agar pengeluaran perbaikan mobil tak tekor, carilah diskon. Banyak saat ini bengkel bagus yang mengeluarkan beragam diskon untuk para konsumennya.


Mari hidup dengan suransi sekarang juga.... Jangan biarkan resiko kehilangan kendaraan mengintai. Dengan berasuransi tidak perlu khawatir pencurian karena sudah ada yang siap memberikan penggantian. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sharon di nomor 0821 9820 7682 atau Gaby Yong di 0856 7177 30 atau kunjungi web Welcome - Mitra ACA | Asuransi Mobil Terbaik atau Info Asuransi Mobil
 
Last edited:
Back
Top