Registrar dan Administrator TLD Eropa Boikot ICANN

irigster

New member
Tanggal: 21 Jan 2002
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Registry Top Level Domain (TLD) negara-negara Eropa termasuk Nominet, administrator dari TLD Inggris yaitu .uk menolak untuk melakukan pembayaran tahunan kepada Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Penolakan pembayaran ini dilakukan oleh beberapa registrar dan registry TLD dikarenakan mereka melihat bahwa ICANN gagal dalam memberikan jaminan dalam menjaga kestabilan server nama domain.

"Kami tidak tahu apa saya yang mereka lakukan di sana," kata pengelola Nominet, William Black yang juga merupakan kepala dari Dewan Registry TLD Eropa.

Perlakuan ini merupakan lanjutan pertikaian yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu antara beberapa administrator TLD dengan organisasi ICANN.

Pertikaian pertama terjadi akibat ICANN telah melakukan penerimaan administrator TLD baru seperti .biz, .info, .name, .aero, .museum, .coop dan .pro yang mereka lihat pemilihan ini tidaklah jujur.

Black mengatakan bahwa Dewan Registry Eropa sangat memperhatikan prihal kestabilan server nama domain mengingat fungsinya sebagai penyambung dari beberapa root server yang akan menghubungkan server satu dengan yang lainnya. Apabila antara server-server ini mengalami masalah maka para peselancar tidak akan dapat melihat lokasi internet yang diinginkannya.

Saat ini internet memiliki 13 root server yang memiliki permintaan sebanyak 272 juta untuk setiap harinya. Yang paling mengkhawatirkan adalah administrator dari beberapa root server ini adalah sukarelawan. Melihat kondisi inilah maka Black menyarankan ICANN untuk membuat suatu perjanjian kerja dengan beberapa administrator root server yang intinya untuk dapat memberikan jaminan agar beberapa root server ini akan tetap bekerja dengan baik walaupun dari beberapa sukarelawan ini mengundurkan diri.

ICANN sendiri menanggapi dengan dingin permintaan dari Black ini dengan mengemukakan bahwa tingkat kestabilan dari root server nama domain dapat dilakukan melakukan kerjasama antar beberapa organisasi dan ini tidak dapat dilakukan dari organisasi ICANN. ICANN juga mengemukakan bahwa ICANN sudah tidak turut campur dalam kinerja root server selama 15 tahun.

Mendengar jawaban dari ICANN inilah makanya Black dan beberapa rekan registry dari Eropa melakukan boikot.

"Saya sangat heran kenapa ICANN tidak berusaha untuk melakukan kontrak kerjasama dalam meningkatkan pelayanan kepada publik," katanya kembali.
 
Back
Top