Maliq & D 'Essentials: Bertahan Berkarya dalam Format Digital dan Fisik

digibeat

New member


Pasang surut industri musik membuat semua artis pencipta musik dipaksa untuk memutar otak mencari solusi agar mereka tetap bisa berkarya dan bertahan di industri musik. Dalam mencari solusi tersebut, mereka melakukan proses yang mungkin bisa dikatakan analisa yang melibatkan 'trial and error'. Salah satu dari artis yang mencoba hal ini adalah grup pop asal Jakarta, Maliq & D'Essentials, mereka menganalisa apa yang sedang terjadi di pasaran musik Indonesia, dimana tren bentuk musik fisik sedang naik daun dan juga tren dari artis-artis yang mulai memanfaatkan merchandise untuk tetap bertahan dan berkarya.

Bentuk penerapan solusi ini adalah pada perilisan album "Musik Pop" yang dirilis pada tahun 2014 lalu, Maliq & D' Essentials merilis album tersebut dalam 4 bentuk, antara lain: CD, digital, kaset, dan vinyl. Keputusan untuk merilis album tersebut dalam format analog; kaset dan vinyl, diambil karena melihat dari tren mengkoleksi format musik analog yang mulai bergairah lagi pada tahun 2013-2014. Kolektor-kolektor ini bukan hanya orang-orang 'tua' yang membeli kaset karena alasan nostalgia, namun kini sudah 'menular' ke anak-anak muda yang juga senang mengkoleksi vinyl dan kaset rilisan lama maupun rilisan baru. Karena, tidak sedikit juga artis-artis baru yang mengeluarkan album dalam format kaset dan vinyl.

Pada kasus album "Musik Pop" dari Maliq & D' Essentials, mereka merilis vinyl dan kaset dalam jumlah terbatas, yaitu hanya 300 keping. Tentu keputusan ini bukan tanpa alasan, mereka merilis dalam jumlah yang terbatas agar format musik yang mereka rilis menjadi barang 'rare item' (barang langka). Untuk bentuk kaset mereka rilis dalam bentuk bundle, dimana didalam bundle ini terdapat juga merchandise lain seperti: kaos yang desainnya dikerjakan oleh seniman-seniman lukis terkenal (Sir Dandy, Darbotz, dan Ykha Amel), dan Pouch Bag yang ber-artwork dari masing-masing seniman tersebut.



Untuk format lain, Maliq & D' Essentials juga tetap merilis album dalam bentuk CD, dan untuk mengikuti perkembangan zaman, Maliq & D' Essentials juga merilis dalam format digital, dimana fans dapat berlangganan pada layanan digital streaming untuk bisa menikmati album-album diskografi dari Maliq & D' Essentials dan juga artis-artis lain yang tersedia. Album terbaru dari Maliq & D' Essentials "Musik Pop" dan "Sri Wedari", album ke-5 yang dirilis pada 2013 kini sudah tersedia di layanan Digibeat, dimana kamu bisa menikmati ribuan musik dari puluhan artis secara gratis! dan yang paling penting, legal! dimana dengan ini, kamu sudah mendukung artis-artis kesayanganmu dengan tidak melakukan pembajakan. Digibeat juga menyediakan playlist-playlist yang bisa menemani kegiatan sehari-harimu; mulai dari bangun pagi, berangkat sekolah atau bekerja, saat sedang beraktivitas, santai sore, tidur, bersenang-senang, hingga berlibur. Fitur lain dari Digibeat yaitu Exclusive Content, dimana kamu bisa menikmati konten-konten yang hanya tersedia di Digibeat. Untuk saat ini kamu bisa menikmati layanan Digibeat pada perangkat Android, kamu bisa mendownload Digibeat di Google Play Store, dan dalam waktu dekat, Digibeat dapat dinikmati di platform lain: Windows Phone, iOS, dan Windows Desktop.

Info:
Website: http://www.digibeat.co.id
Twitter: @Digibeat_ID
Download aplikasi Digibeat di Google Play Store
 
Back
Top