Cara Melatih Kecepatan Jari Tangan Dalam Bermain Gitar

Permainan gitar yang cepat memang memicu decak kagum dari penontonnya. Bahkan penonton yang ga paham tentang teknik gitar saja pasti menganggap permainan yang cepat adalah permainan yang ber-skill tinggi. Nyatanya untuk bisa bermain dengan kecepatan jari yang tinggi tidak mudah, dibutuhkan latihan terus menerus hingga jarimu luwes untuk berdansa di atas senar gitar. Ada beberapa tips buat kamu yang ingin meningkatkan skill level permainan gitarmu.

Sebelum masuk ke teknisnya, ada baiknya kamu panaskan jari-jari sebelum bermain gitar agar tidak kaku dan kram saat digunakan untuk latihan. Latihlah kedua tanganmu dengan teknik bermain gitar tangan kanan dan kiri, hal ini perlu dilakukan karena gitar dimainkan oleh kedua tangan. Jadi latihan bagaimana caranya memegang pick yang benar sama pentingnya dengan melatih jari memainkan papan fret dengan kecepatan tinggi.

Komitmen untuk berjuang berlatih diperlukan di sini. Ada kalanya kamu mungkin akan merasa frustrasi karena belum mencapai target yang kamu inginkan. Itulah gunanya kesabaran dan kegigihan dalam berlatih kecepatan jari. Latihan setiap hari selama beberapa jam akan membiasakan jarimu memainkan senar gitar.


Gunakan teknik tangan kiri seperti pull-off, hammer-on, dan tapping. Lalu gunakan teknik tangan kanan seperti alternate picking, economy picking, sweep picking, string skipping. Gunakan alat bantu seperti mentronome untuk mengukur tingkat kecepatan yang kamu peroleh, atau bisa juga menggunakan alat bantu lainnya seperti finger exercizes. Perlu diingat bahwa akurasi nada lebih penting daripada kecepatan, jadi latih juga ketepatan nada kamu selain melaih kecepatan jari.

Siapkan alat perekam baik video maupun audio untuk merekam kemajuan latihan permainan jarimu. Dengan merekamnya kamu bisa menganalisa kekurangan dan kesalahanmu sendiri sehingga tau mana yang mesti diperbaiki dan ditingkatkan.

Sumber : www.penelusuranartikel.com
 
Back
Top