Harga Emas Rebound Teknikal; Data Ritel AS Penyebabnya

adidananto

New member
xau-1-800-540-700x3571.jpg



Harga emas di akhir perdagangan Jumat dini hari berhasil keluar dari fase penurunan yang telah terjadi selama 8 sesi berturut-turut (13/3). Pada penutupan perdagangan tersebut harga emas rebound seiring dengan koreksi yang dialami oleh dollar AS. Aksi beli teknikal juga menjadi faktor penyebab kenaikan harga logam mulia tersebut.

Nilai tukar dollar AS mengalami lonjakan hingga nyaris ke level 12 tahun tertinggi pada perdagangan sebelumnya. Malam tadi kurang memuaskannya data penjualan eceran bulan Februari di Negeri Paman Sam mengakibatkan para pelaku pasar menahan diri untuk melanjutkan aksi beli dollar. Retreat dollar AS membuat harga emas bisa bergerak naik.

Harga emas spot pada akhir perdagangan dini hari tadi ditutup pada posisi 1153,50 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut mengalami penurunan sebesar 0,1 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Harga emas sempat mengalami lonjakan hingga mencapai posisi 1166,40 dollar AS. Akan tetapi harapan mengenai kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat yang diperkirakan akan terjadi pada bulan Juni mendatang membuat kenaikan harga emas tidak mampu bertahan

Harga emas berjangka Comex pada penutupan perdagangan dini hari tadi mengalami kenaikan yang lumayan, berlawanan dengan pergerakan harga emas spot. Harga emas berjangka untuk kontrak April mengalami kenaikan 1,30 dollar dan ditutup pada posisi 1151,90 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG akan kembali membukukan penurunan, meskipun saat ini sedang berada dalam pola rebound. Harga emas sulit untuk mempertahankan pergerakan rebound dengan solid di tengah kenaikan nilai tukar dollar akibat potensi kenaikan suku bunga acuan Fed. Potensi rebound teknikal sudah terbuka tetapi belum cukup kuat.

Pada perdagangan hari har ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1160 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1166 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan melemah lanjutan harga akan mengetes level support pada posisi 1150 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1145 dollar.



sumber
 
Back
Top