Emas Mingguan Turun Lagi, Rapat The Fed Beri Harapan

adidananto

New member
emas1.jpg



Harga emas spot di akhir perdagangan pekan i lalu terpantau ditutup di teritori positif, berhasil keluar dari fase penurunan yang telah terjadi selama 9 sesi berturut-turut (16/3). Pada penutupan perdagangan tersebut harga emas menguat meskipun dollar AS terpantau masih lanjutkan rally. Para pelaku pasar tampaknya menahan diri untuk melakukan aksi jual jelang pertemuan Fed pekan depan.

Pekan lalu harga emas kembali membukukan penurunan mingguan. Harga logam mulia terkena aksi jual besar-besaran setelah laporan dari sektor tenaga kerja AS minggu lalu lebih baik dari perkiraan. Kondisi tersebut menimbulkan spekulasi bahwa Fed akan mulai menaikkan suku bunga acuan lebih cepat dari perkiraan. Fokus pasar selanjutnya adalah pertemuan FOMC yang akan dilangsungkan pada tanggal 17 dan 18 Maret mendatang.

Nilai tukar dollar yang terus menguat terhadap euro membawa kemungkinan mata uang ini mencapai paritas terhadap rivalnya dari Eropa tersebut. Kenaikan nilai tukar dollar berpotensi untuk menimbulkan tekanan yang lebih besar pada harga emas.

Harga emas spot pada akhir perdagangan lalu ditutup pada posisi 1155,15 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut melemah sebesar 1,85 dollar atau 0,1 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1153,50 dollar per troy ons.

Harga emas berjangka Comex pada penutupan perdagangan terakhir pekan lalu juga turut mengalami kenaikan yang lumayan. Harga emas berjangka untuk kontrak April mengalami kenaikan 50 sen dan ditutup pada posisi 1152,40 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG akan kembali membukukan penurunan, meskipun saat ini sedang berada dalam pola rebound. Harga emas sulit untuk mempertahankan pergerakan rebound dengan solid di tengah kenaikan nilai tukar dollar akibat potensi kenaikan suku bunga acuan Fed. Potensi rebound teknikal sudah terbuka tetapi belum cukup kuat.

Pada perdagangan hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1160 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1166 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan melemah lanjutan harga akan mengetes level support pada posisi 1145 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1140 dollar.


sumber http://commodity-academy.co.id/2015/03/16/emas-mingguan-turun-lagi-rapat-the-fed-beri-harapan/
 
Back
Top