Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)

Status
Not open for further replies.

Kalina

Moderator
Di thread ini, kalian bisa membaca, dan mengetahui, apa saja kandungan gizi, nutrisi dalam berbagai macam makanan dan minuman, juga manfaatnya untuk kesehatan..
Misalnya dalam daging sapi, daging ikan, daging ayam, buah-buahan, sayuran, daun-daunan, hingga biji-bijian. Semoga bermanfaat ya..


Maaf, thread ini bukan untuk bertanya/konsultasi..
Jika kalian ingin berkonsultasi, silahkan ke Klinik II dot Com

attachment.php
 

Attachments

  • 4sehat5sempurna.jpeg
    4sehat5sempurna.jpeg
    228.1 KB · Views: 1,425
Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

Apel

attachment.php

Di dalam satu buah apel mengandung..

1% Vitamin A
5% Vitamin B6
14% Vitamin C
1% Calcium
1% Iron
2% Magnesium
5% Potassium 195mg
8% Karbohidrat
19% Gula
1% Protein 0.5mg

Buah apel mengandung berbagai vitamin dan mineral yang semuanya bekerja sama untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap sistem tubuh manusia agar sehat dan terlindungi dengan baik.

Apel mengangung flavonoid, polifenol dan vitamin C yang bertindak sebagai anti-oksidan untuk melindungu tubuh dari bakteri dan virus yang mengancap kesehatan. Kandungan beta-karoten (Vitamin A) di dalamnya mampu melawan sel kanker dan menurunkan kolesterol. Terdapat pula turunan vitamin B komplek seperti tiamin, riboflavin dan piridoksin untuk memperkaya khasiat dari buah apel.

1. Mencegah Kanker
Apel bersifat sebagai anti-kanker yang tentunya sangat efektif untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker.

Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research sepakat memberi pernyataan bahwa konsumsi flavonoid yang tersimpan banyak dalam buah apel dapat membantu menurunkan risiko terhadap penyakit kanker pankreas mencapai 23 persen.

Di dalam kulit apel juga terdapat senyawa bernama triterpenoid yang melengkapi kinerja flavoanoid untuk mencegah pertumbuhan tiap sel kanker, potensi tersebut telah diidentifikasi oleh para peneliti dari Cornell University. Maka dari itu ketika hendak konsumsi apel, jangan buang kulitnya karena bagian tersebut juga memberikan khasiat pada kesehatan.

Karena buah apel juga kaya akan serat (sekitar 4 gram) dalam ukuran sedang, penyakit kanker kolorektal dapat dikalahkan cukup rutin makan buah ini tiap harinya.

2. Menurunkn Kolesterol
Apel sangat kaya akan serat larut yang fungsinya bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut akan mengakibatkan penurunan penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat dan melebihkan produksi atau penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik yang sangat diperlukan tubuh. Dengan demikian memberi kesimpulan dengan sendirinya bahwa apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbanyak jumlah kolesterol yang baik.

3. Meningkankan Sistem Kekebalan Tubuh
Apel mengandung anti-oksidan yang dikenal dengan flavonoid dan quercetin, terutama pada apel dengan kulit merah. Salah satu antioksidan tersebut, tepatnya quercetin akan meningkatkan sistem imun manusia untuk membangun tameng alami dari virus penyebab penyakit.

Ditambah dengan kandungan vitamin C dan serat yang bersifat sebagai anti-inflamasi sehingga peranan quercetin sedikit diringankan oleh kedua nutrisi ini. Karena hal ini banyak ahli yang menganggap apel sebagai buah pemacu imunitas tinggi.

4. Mencegah Alzheimer
Satu cangkir jus apel yang Anda minum ketika cuaca terik dapat memperbaiki sel-sel saraf pada otak yang mengalami kerusakan, ini berkat peranan flavonoid sebagai antioksidan kuat. Jika begini terus, keistimewaan apel yang akan tubuh rasakan adalah terhindar dari penyakit Alzheimer.

5. Mengobati Asma
Masalah pernapasan yang terjadi akibat rusaknya fungsi utama dari paru-paru ini telah mengidap banyak orang, karena itu asma dikatakan sebagai penyakit umum.

Untuk mengurangi gejala asma dan mengobati secara perlahan, Anda bisa memanfaatkan buah apel karena kandungan fitokimia dan polifenol nya membantu tubuh memulihkan asma.

Para peneliti mengatakan bahwa anak-anak yang terbiasa minum jus apel secara teratur tiap harinya menunjukkan terjadinya penurunan risiko terhadap serangan asma dan masalah pernapasan lain. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa apel adalah buah yang ditakuti oleh penyakit asma anak.

6. Mengendalikan Gula Darah
Buah apel akan membantu menepis radikal bebas oksigen yang berpotensi besar menyebabkan diabetes. Ini dikarenakan tingginya kandungan serat larut dan pektin yang memiliki peranan sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat.

Wanita yang setiap hari setidaknya makan satu buah apel dapat memperkecil kemungkinan terserang penyakit diabetes tipe 2 hingga 28 persen dibandingkan dengan mereka (para wanita) yang tidak konsumsi apel.

7. Mencegah Batu Empedu
Batu empedu terbentuk karena dalam empedu menyimpan terlalu banyak kolesterol sehingga mengalami pengerasan, hal ini sangat identik pada orang yang kelebihan berat badan.

Untuk menghambat pembentukan batu empedu, dokter menyarankan mereka yang gemuk untuk melakukan diet tinggi serat agar kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuhnya terkontrol. Dalam mengendalikan kolesterol tubuh, serat pektin juga berkontribusi dalam mengurangi penyerapan LDL.

8. Menetralkan Irritable Bowel Syndrome
Irritable Bowel Syndrome adalah suatu kondisi medis yang diindikasikan dengan nyeri perut dan kram, serta ada perubahan pola buang air besar. Erat pula terhadap diare dan sembelit.

Untuk mengontrol gejala tersebut, dokter merekomendasikan tiap orang untuk menghindari susu dan makanan berlemak dan menggantinya dengan asupan tinggi serat yang terdapat dalam buah apel.

9. Mengeluarkan Racun
Makanan dan minuman yang dikonsumsi tiap hari selalu menyisakan racun dalam hati yang mana bila dibiarkan menumpuk akan merusak fungsi hati, bahkan merembet mempengaruhi organ tubuh lain.

Salah satu langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah makan buah-buahan yang tinggi vitamin, mineral dan serat seperti apel untuk membantu mendetoksifikasi racun dari dalam hati Anda, jika racun sudah disapu bersih Anda tidak perlu khawatir akan penyakit yang mungkin menyerang Anda akibat rusaknya hati.

10. Mencegah Katarak
Dalam sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini (merupakan jangka panjang) menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan makan buah-buahan yang kaya antioksidan seperti apel dapat memperkecil kemungkinan mengalami kerusakan mata seperti katarak sebanyak 10 sampai 15 persen.

11. Mencegah Wasir
Penyakit wasir disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami pembengkakan pembuluh darah akibat adanya tekanan berlebih yang membebani panggul dan dubur. Meskipun wasir bukan penyakit mematikan, rasa sakit yang dihadirkan dapat mengganggu keseharian Anda. Untuk membantu meringankan wasir Anda bisa makan buah tinggi serat seperti apel.

12. Menurunkan Berat Badan
Apel adalah buah yang banyak mengandung serat dan rendahnya kalori dapat Anda jadikan makanan untuk menunda rasa lapar. Hal ini berpotensi besar terhadap penurunan berat badan karena lemak dalam tubuh ikut terbakar.

13. Memutihkan Gigi
Menggigit daging apel sama seperti menggosok menggunakan sikat dan pasta gigi, yang menjadikan apel lebih hebat dari kedua alat dan bahan untuk memutihkan gigi tersebut karena membantu meningkatkan sekresi air liur dalam mulut sehingga mencegah terjadinya kerusakan gigi.

Buah apel merupakan sikat dan pasta gigi alami yang juga merupakan rahasia gigi putih para dokter, jadi jika Anda ingin memiliki gigi yang putih berseri seperti para dokter, rajin-rajinlah makan buah apel saat waktu santai.

14. Mencegah Kanker Kulit
Apel juga membantu memelihara kondisi kesehatan kulit dari dalam sehingga tampilan pesona yang terpancar sangat menakjubkan, salah satu kehebatannya adalah mencegah kanker kulit.

Apel merupakan sumber vitamin A yang menurut dokter membantu mengurangi risiko terhadap kanker kulit. Satu buah apel ukuran besar dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian pada pria sampai 5% dan wanita sampai 4%.

15. Menghilangkan Kantung Mata
Mata yang digunakan untuk melihat objek terlalu lama tanpa diberi waktu istirahat sejenak dapat mengakibatkan timbul kantung di bawah mata serta lingkaran hitam di area mata.

Jika Anda terpaksa untuk begadang, sebelum tidur lakukan perawatan dengan masker mata. Iris buah apel dan letakkan diatas kedua mata, pastikan agar kelopak juga tertutupi. Atau, Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan sari apek dengan kentang parut untuk menutupi mata dengan memberi alas kain hangat. Setelah itu biarkan mata dirileksasi selama 10 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

16. Mengtasi Kulit Berjerawat, Kendur dan Berminyak
Campuran antara bubur apel mentah dan cuka sari apel yang dioleskan pada wajah dapat mengatasi masalah kulit wajah berminyak yang memicu timbulnya jerawat. Apel juga menyetarakan tingkat pH kulit yang menurunkan tingkat produksi minyak pada kulit wajah.

Untuk mengencangkan kulit wajah dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh lapisan kulit Anda bisa mengoleskan cuka sari apel pada wajah menggunakan kapas yang dibentuk bulat seperti bola. Perawatan ini sama halnya seperti toner.

17. Mengangkat Kotoran Yang Menempel Pada Kulit
Wajah (terutama) dan kulit tubuh lain tidak bisa dipisahkan oleh debu jalanan, tugas Anda sebagai pemiliknya adalah merawatnya agar tetap bersih dan sehat. Cobalah membuat masker dari buah apel yang telah dimasukkan ke dalam lemari es selama satu jam atau lebih, kemudian balurkan pada seluruh kulit tubuh, terutama wajah.

18. Melindugi Kulit Dari Sinar Matahari
Terlalu sering terpapar teriknya sinar matahari dapat mengakibatkan kulit terbakar, kering, kusam bahkan mengalami pengelupasan. Untuk itu apabila Anda lebih sering bekerja di bawah terpaan matahari, mengolesi tubuh dengan pasta apel yang sudah dicampurkan dengan satu sendok teh gliserin dan pulp dan membiarkannya selama 15 menit dapat memberikan perlindungan lebih terhadap sinar ultraviolet.

19. Melindungi Kulit Kepala dan Rambut Agar Tetap Sehat
Apabila Anda sedang dihadapkan dengan masalah kesehatan rambut, sepertinya buah apek cocok dijadikan bahan perawatan untuk mengurus masalah terkait rambut seperi kerontokan, kepala kering, berketombe dan rambut beruban.

source
 

Attachments

  • Sunpride-Fruit-fuji-apple-2.jpg
    Sunpride-Fruit-fuji-apple-2.jpg
    90.8 KB · Views: 1,708
Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

IKAN BANDENG

attachment.php

Bandeng merupakan sumber protein hewani yang tinggi, menyediakan vitamin B kompleks, dan selenium, tetapi juga banyak mengandung lemak, lemak jenuh, kolesterol dan kalori. Berikut ringkasan kandungan gizinya :
Makronutrisi

Ikan bandeng sebanyak 3 ons yang dimasak dengan panas kering mengandung 162 kalori, 22,4 g protein, 7,3 g lemak, 2,9 g lemak jenuh, 78 mg sodium, dan 57 mg kolesterol. Protein adalah kandungan makronutrisi tertinggi, yaitu sekitar 55 persen dari kalori dan lemak 45 persen.
Kandungan vitamin

Porsi yang sama, bandeng menyediakan 116% vitamin B, yaitu 12, 44% niacin , 24% vitamin B6, dan 15 persen asam pantotenat. Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine merekomendasikan untuk orang dewasa untuk seri ng mengkonsumsinya. Keempat vitamin jenis vitamin yang disebutkan diatas adalah dari anggota vitamin B kompleks, yaitu jenis vitamin larut dalam air, yang berperan penting untuk metabolisme, fungsi sistem saraf pusat, kesehatan kulit, dan DNA, hormon dan pembentukan sel darah merah. Bandeng juga mengandung jejak riboflavin, asam folat, dan vitamin A. Namun ikan bandeng ini tidak banyak mengandung vitamin C, D, E, dan vitamin K.
Kandungan mineral

3 ons jumlah sajian ikan bandeng menawarkan sebesar 25% fosfor dan selenium, yang harus dikondsumsi oleh orang dewasa setiap hari. Fosfor adalah mineral penting yang menjadi bagian integral dari oksigenasi sel darah merah, sementara itu selenium sangat penting untuk kelenjar tiroid dan fungsi kekebalan tubuh. Bandeng juga mengandung jejak mineral penting lain yaitu kalsium, zat besi, kalium dan seng.
Perlu dipertimbangkan

Satu porsi bandeng mengandung sekitar 20% lemak jenuh, 19 % kolesterol, dan 9% dari total lemak, dan MayoClinic.com menyarankan bagi orang dewasa untuk membatasi konsumsinya setiap hari. Meskipun bandeng mengandung lebih banyak lemak, namun yang 60%nya adalah lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, termasuk asam lemak omega-3, yang terkait dengan penurunan kadar trigliserida darah, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan gejala atrithis.
Saran mengolah bandeng

Untuk menurunkan kadar lemak dan kalori, metode memasak yang dibutuhkan adalah menggoreng dengan sedikit minyak, termasuk mengukus dan memanggang.
Peringatan

Bandeng adalah jenis ikan yang sama seperti semua ikan pada umumnya, merupakan tambahan yang bagus untuk setiap diet. Namun hanya mengkonsumsi ikan saja setiap hari bisa menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral. JIka Anda merencanakan diet menurunkan berat badan, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi Anda.

source
 

Attachments

  • 11702465_f520.jpg
    11702465_f520.jpg
    63.3 KB · Views: 779
Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

KACANG PANJANG

Kacang-Panjang-1.jpg

Kacang Panjang adalah sumber protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan.
Nilai gizi kacang panjang (mentah) per 100 g (3.5 oz)
Energi 196 kJ (47 kcal)
Karbohidrat 8 g
Diet serat 3,6 g
Lemak 50 g
Protein 200 g
Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa. Sumber: USDA Nutrient database

Dalam ukuran porsi 100 gram kacang terdapat 47 kalori, 50 gram lemak total, kolesterol 0 mg, natrium 4 mg (0% nilai harian), 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian), dan 3 gram protein (nilai harian 5%). Ada juga 17% DV vitamin A, 2% DV besi, 31% DV vitamin A, dan 5% DV kalsium. (Persen nilai harian berdasarkan diet 20000 kalori nilai harian individu bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori masing-masing.)

wikipedia
 
Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

BAWANG PUTIH
attachment.php

Kandungan gizi bawang putih adalah sebagai berikut..
  • Vitamin C
  • Mineral P. Ca dan K
  • Fe dan Vitamin B

Berikut manfaatnya bagi kesehatan..


  1. Mengobati Diabetes. Bawang putih sangat bermanfaat untuk mengontrol jumlah kadar gula pada darah. Oleh sebab itu, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang ini.
  2. Melancarkan peredaran darah. Salah satu manfaat bawang putih adalah melancarkan peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.
  3. Mengontrol berat badan. Bawang putih memiliki kandungan yang dapat membantu menekan nafsu makan kita. Di samping itu, bawang ini akan membantu kita dalam memacu metabolisme sehingga kalori dalam tubuh akan dibakar dan hasilnya akan membantu menurunkan berat badan.
  4. Menyembuhkan penyakit kulit. Bawang putih sudah terbukti memiliki khasiat anti radang, karena mampu melawan infeksi dan bakteri. Oleh sebab itu, bawang putih berguna mengurangi terjangkitnya penyakit pada kulit.
  5. Mengobati radang. Bawang putih mengandung anti peradangan, bagi anda yang sedang demam dan mengalami radang tenggorokan, dengan mengunyah bawang ini akan melancarkan tenggorokan.
  6. Mengatasi keracunan. Bawang putih mengandung Antidioksida yang mampu untuk membantu menyingkirkan racun yang ada didalam tubuh.
  7. Meredakan nyeri. Manfaat bawang putih yang lain adalah dipercaya dapat meredakan nyeri pada otot dengan cara mengompreskannya ke bagian yang terasa nyeri. Terutama bagi anda penderita arthritis.
  8. Menyembuhkan luka. Orang-orang jaman dahulu sering menggunakan bawang sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan luka-luka, dengan cara menaruh bawang yang sudah dihancurkan di atas luka tersebut dan dibalut dengan perban.
  9. Menghilangkan gatal karena jamur. Dengan merendam bagian tubuh yang terserang jamur kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan cincangan bawang putih. Bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur.
  10. Menyembuhkan sariawan. Kandungan suplemen yang dimiliki bawang putih dapat membantu proses penyembuhan sariawan, dengan sifat alaminya yang anti inflamasi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sariawan.
  11. Pertolongan pertama pada keracunan merkuri. Bawang putih sangat berguna untuk meringankan keracunan merkuri. Namun, itu semua hanya untuk pertolongan pertama saja, untuk selanjutnya segera lakukan perawatan intensif dari dokter.
  12. Menghilangkan jerawat. Bawang putih adalah obat alami yang dapat menghilangkan jerawat di wajah, karena memiliki anti oksidan yang mampu membunuh bakteri. Gosokkan bawang putih perlahan-lahan ke bagian jerawat dengan rutin maka jerawat anda akan berkurang.
  13. Menyuburkan rambut. Kandungan alicin yang tinggi yang ada pada bawang putih dipercaya dapat mengatasi masalah pada rambut rontok. Caranya adalah menggosokkan irisan bawang putih ke kulit kepala dan pijat hingga merata.

source
 

Attachments

  • khasiat-bawang-putih.jpg
    khasiat-bawang-putih.jpg
    14.8 KB · Views: 634
Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

PARE​

attachment.php

Pare adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pare mengandung energi sebesar 29 kilokalori, protein 1,1 gram, karbohidrat 6,6 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 45 miligram, fosfor 64 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Pare juga terkandung vitamin A sebanyak 180 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 52 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Pare, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 77 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Pare :

Nama Bahan Makanan : Pare
Nama Lain / Alternatif : Paria
Banyaknya Pare yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Pare yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 77 %
Jumlah Kandungan Energi Pare = 29 kkal
Jumlah Kandungan Protein Pare = 1,1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Pare = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Pare = 6,6 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Pare = 45 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Pare = 64 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Pare = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Pare = 180 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Pare = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Pare = 52 mg
Khasiat / Manfaat Pare : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : P
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :
Riset/penelitian pada Pare yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Pare ini. Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Pare ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih.






Organisasi.org
 

Attachments

  • karela_1kg.jpg
    karela_1kg.jpg
    61.6 KB · Views: 772
Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

JAHE

attachment.php

Manfaat jahe yang merupakan rempah pilihan para ibu untuk dijadikan bumbu masak bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan senyawa berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin di malam hari.

Jahe (Zingiber officinale) adalah salah satu rempah berbentuk rimpan yang mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia dengan berbagai varietas seperti:

  • Jahe Gajah: Dinamakan seperti demikian karena bentuk rimpang yang besar namun rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas layaknya jahe jenis lain. Daging jahe berwarna kuning hingga putih. Jahe gajah atau jahe badan merupakan varian jahe yang banyak diminati oleh masyarakat dunia.
  • Jahe Kuning: Merupakan jenis jahe yang lebih sering dijadikan bumbu masakan untuk masyarakat lokal. Hasil masakan yang diberi bumbu jahe akan memberikan aroma dan rasa yang cukup tajam. Ukuran rimpang lebih kecil dibanding jahe gajah dan memiliki warna kuning.
  • Jahe Merah: Jahe jenis ini menyimpan kandungan minyak atsiri paling banyak dibanding jenis lain, karena rasanya yang pedas dari jahe merah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat. Rimpang berukuran paling kecil dengan balutan kulit berwarna merah serta menyimpan serat yang lebih banyak dibanding jahe biasa.

jahe_gajah.jpg

Jahe Gajah

khasiat-dan-manfaat-jahe.jpg

Jahe Kuning

jenis-jenis-jahe-merah.jpg

Jahe Merah

Khasiat Tanaman Jahe untuk Kesehatan

Tanaman jahe yang telah dibersihkan juga sering dikonsumsi bapak-bapak dalam bentuk air seduhan untuk menghangatkan tubuh, misalnya ketika mendapat tugas ronda di kampung. Dari situ banyak industri yang meneliti lebih jauh tentang jahe agar bisa dikemas berbentuk produk seperti kopi jahe atau wedang jahe bermerek.

Pada akhirnya para ahli pengobatan tradisional ikut melakukan serangkaian riset terhadap rimpang ini sebagai tumbuhan obat karena mendengar banyaknya khasiat dibalik rasa pedas jahe bagi kesehatan. Dan terbukti akan manfaat jahe untuk menangani banyak penyakit.

Manfaat Jahe

Berikut ini merupakan bahasan mengenai manfaat jahe selain menghangatkan tubuh:

1. Menurunkan berat badan
Di dalam tubuh jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi TOGA ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai andil besar untuk menaikkan berat badan.

2. Menjaga kondisi jantun
Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hubungannya dengan manfaat jahe karena di dalam tubuh memegang sebuah peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

3. Mengatasi mabuk perjalanan
Dengan minum wedang jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual.

4. Mengatasi gangguan pencernaan
Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid dapat ditepis dengan minum air jahe secara rutin.

5. Mengatasi morning sickness
Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

6. Mencegah kanker usus
Salah satu universitas yang terdapat di Amerika Serikat mengabarkan bahwa rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).

7. Mengobati sakit kepala
Seharian bekerja dapat memicu stres berlebih yang berisiko terserang penyakit lain. Maka dari itu sepulang ngantor coba santai di taman sambil menikmati hangatnya wedang jahe dan roti bakar, otak jadi lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.

8. Mengobati alergi
Manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.

9. Menghilangkan mual dan mengobati masuk angin
Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung gunakan obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.

10. Mengobati penyakit rematik
Caranya dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik. Itulah manfaat jahe untuk mengobati rematik.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tubuh akan kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antiobodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.

Manfaat Lain dari Jahe:



  • Obat radang sendi.
    Pengontrol gula darah yang baik untuk penderita diabetes.
    Menghilangkan gatal pada tenggorokan.
    Melancarkan sistem peredaran darah
    Membasmi bakteri atau zat berbahaya yang menginap dalam tubuh, khususnya bagian perut, usus dan lambung.
    Menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan kuat.
    Obat kompres untuk menurunkan suhu tubuh.
    Mengobati migrain (sakit kepala sebelah).
    Menghilangkan batuk berdahak dan kering.
    Mengatasi masalah perut kembung akibat usus terkena iritasi.
    Mengobati sakit gigi dengan cara berkumur.
    Meringankan rasa nyeri ketika datang bulan.
    Meredakan rasa nyeri pada otot akibat mengangkat beban berlebihan.
    Mengatasi jerawat dengan mengaliri atau mengoleskan pada wajah.
    Mencegah peradangan sehingga bermanfaat bagi penderita arthritis dan osteorarthritis.
    Mengobati luka terkena bisa ular.

Sumber
 

Attachments

  • jahe.JPG
    jahe.JPG
    38.3 KB · Views: 756
Last edited:
Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

Pepaya

pepaya.jpg

Pepaya Indonesia

3786822_pepayacallina.jpg

Pepaya Callina (Pepaya Kalina)

attachment.php

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat pepaya bagi kesehatan penting sekali terutama untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis, telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti pepaya, mengurangi risiko kesehatan, bahkan mendukung kecantikan kulit seperti berikut :

1. Anti inflamasi

Manfaat papaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.

2. Menguatkan sistem imun

Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

3. Menyehatkan tulang

Kekurangan asupan vitamin K banyak dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi, pada masalah patah tulang. Penting untuk mengkonsumsi buah pepaya, untuk mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Pada sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin meningkatkan gula darah, lipid dan insulin. Dengan 1 buah pepaya ukuran sedang, menyediakan sekitar 4,7 gram serat.

5. Mencegah Penyakit jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin dalam pepaya membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium, yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium , merupakan perubahan pola makan yang paling penting, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolesterol dan membantu mencegah gejala penyakit jantung.

6. Pencernaan

Manfaat pepaya yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, jika anda susah BAB, pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan. Selain itu, juga dapat berguna untuk melunakkan daging. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut, sangat baik dalam pencegahan sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga menyehatkan saluran pencernaan.

7. Mencegah Degenerasi Makula

Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan, akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika pepaya digunakan secara topikal dengan menumbuk buahnya, terlihat bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.

9. Pencegahan Asma

Risiko untuk mengembangkan asma, akan lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang banyak terkandung dalam pepaya. Seperti yang juga terdapat pada manfaat brokoli, manfaat melon, labu dan manfaat wortel.

10. Mengurangi Berat Badan – Penelitian para ahli menunjukkan di dalam pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pada pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.
Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan

Selain memberikan efek yang baik terhadap kesehatan fungsi tubuh, terdapat beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan seperti berikut :

Daging buah pepaya yang berfermentasi, membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.
Penelitian membuktikan bahwa, pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.

Potensi Resiko Kesehatan di Dalam Buah Pepaya

Meskipun manfaat bauah pepaya ini cukup melimpah, namun terdapat resiko kesehatan yang harus diwaspadai. Seseorang yang alergi terhadap bahan lateks, mungkin akan alergi terhadap pepaya karena pepaya mengandung chitanases, yang sering menyebabkan reaksi silang terhadap lateks atau pada makanan yang mengandung zat tersebut

Asupan diet keseluruhan atau pola makan secara keseluruhan adalah hal yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Tentu saja, mengkonsumsi bahan makanan yang beragam, akan lebih baik daripada berkonsentrasi pada jenis makanan tertentu, sebagai kunci kesehatan yang seimbang.

sumber
 

Attachments

  • pepaya.JPG
    pepaya.JPG
    38.3 KB · Views: 644
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Jahe & Pepaya)

DURIAN

71durian.jpg


attachment.php

Fakta dan Mitos Durian

Buah durian adalah buah tropis yang memiliki julukan raja buah ini biasanya menjadi favorit jika musim panennya tiba. Beberapa orang mungkin tidak menyukai durian karena baunya yang sangat kuat, tapi sebagian orang yang lain justru menantikan kehadiran buah ini pada setiap musimnya. Bagi mereka yang menyukainya, biasanya cenderung sulit untuk berhenti mengkonsumsinya. Banyak mitos kesehatan yang berkembang sekitar buah yang berduri ini, diantaranya ada yang mengatakan bahwa buah durian tinggi kolesterol, meningkatkan lib*do, dsb. Benarkah?…

Berikut Fakta dan mitos buah durian
Fakta

Fakta #1 : Durian dapat menyebabkan penambahan berat badan

Rata-rata durian dengan berat yang mendekati 1 kg akan memberikan sekitar 1.350 kalori. Makan satu buah durian sudah mencukupi sekitar 68% dari kebutuhan kalori yang disarankan untuk orang dewasa rata-rata yaitu 2.000 kalori. Satu biji durian saja, yang memiliki berat sekitar 40 g, memiliki sekitar 54 kalori. Jadi bagi orang yang sedang diet menurunkan berat badan, maka durian bisa menggagalkan tujuan Anda.

Fakta #2 : Durian kaya akan nutrisi

Durian adalah sumber yang secara alami kaya akan kalium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Dengan demikian raja buah-buahan ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan menjaga tekanan darah, mencegah kesulitan BAB, dan menyehatkan kulit. Hal ini juga mendukung sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh yang baik, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Fakta #3 : Orang dengan diabetes harus membatasi makan durian

Jika Anda dengan diabetes serta harus menghitung asupan karbohidrat Anda, maka Anda tidak bisa makan banyak-banyak buah durian karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Durian mengandung jenis gula sederhana, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa.

Fakta #4 : Durian cepat membangkitkan energi

Karena mengandung karbohidrat yang tinggi, maka durian bisa membantu mengisi kembali energi yang rendah dengan cepat (pada orang sehat). Kandungan kalium yang tinggi pada buah ini juga bisa membantu mengurangi kelelahan dan mengurangi stres dan kecemasan .
Mitos

Mitos #1 Durian sangat tinggi kolesterol

Hal ini sama sekali tidak benar. Durian mengandung 0 (nol) kolesterol. Kolesterol adalah zat yang ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Perlu diketahui bahwa semua buah-buahan, sayuran, bijian, atau makanan dari sumber tanaman tidak mengandung kolesterol. Durian justru menyediakan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat menyehatkan jantung, bahkan membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

Mitos #2 : Jika makan durian, makan harus makan manggis untuk mengurangi panas dalam yang ditimbulkannya

Menurut kepercayaan, manggis adalah buah yang bersifat mendinginkan, sehingga akan mengurangi tingkat panas dalam yang mungkin bisa ditimbulkan oleh durian. Tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung kepercayaan ini. Kebiasaan makan durian dan manggis secara bersama-sama mungkin karena dua buah ini selalu panen pada waktu atau musim yang sama.

Mitos #4 : Makan durian dan minum bir menyebabkan kematian

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kedua makanan ini merupakan perpaduan yang mematikan. Namun kombinasi ini bisa menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan ketidaknyamanan, karena hati harus bekerja lebih keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam durian dan alk*hol pada bir, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Mitos #5 : Makan durian dapat meningkatkan lib*do Anda

Panas dari buah durian memang bisa menyebabkan suhu tubuh naik, tapi hal ini bukanlah afrodisiak.
Underline :

Walaupun banyak mitos yang berkembang disekitar buah durian, tapi yang jelas itu adalah buah yang bergizi. Dan jika dimakan dalam jumlah yang cukup, durian akan memberikan bagi tubuh kita vitamin, mineral, dan lemak sehat. Namun beberapa hal harus diperhatikan, sebagai berikut :

  1. Makan 2 atau 3 biji saja sudah cukup memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan, dan apapun jika berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping yang buruk.
  2. Jangan mengkonsumsi buah durian yang sudah terlalu matang, karena akibat fermentasi, buah ini menjadi mengandung alk*hol. Jadi, hal ini menjadikan durian sebagai salah satu makanan yang perlu diwaspadai oleh wanita hamil dan orang dengan tekanan darah yang tinggi.



Sumber
 

Attachments

  • durian.JPG
    durian.JPG
    34.5 KB · Views: 702
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Jahe & Pepaya)

DURIAN

71durian.jpg


attachment.php

Fakta dan Mitos Durian

Buah durian adalah buah tropis yang memiliki julukan raja buah ini biasanya menjadi favorit jika musim panennya tiba. Beberapa orang mungkin tidak menyukai durian karena baunya yang sangat kuat, tapi sebagian orang yang lain justru menantikan kehadiran buah ini pada setiap musimnya. Bagi mereka yang menyukainya, biasanya cenderung sulit untuk berhenti mengkonsumsinya. Banyak mitos kesehatan yang berkembang sekitar buah yang berduri ini, diantaranya ada yang mengatakan bahwa buah durian tinggi kolesterol, meningkatkan lib*do, dsb. Benarkah?…

Berikut Fakta dan mitos buah durian
Fakta

Fakta #1 : Durian dapat menyebabkan penambahan berat badan

Rata-rata durian dengan berat yang mendekati 1 kg akan memberikan sekitar 1.350 kalori. Makan satu buah durian sudah mencukupi sekitar 68% dari kebutuhan kalori yang disarankan untuk orang dewasa rata-rata yaitu 2.000 kalori. Satu biji durian saja, yang memiliki berat sekitar 40 g, memiliki sekitar 54 kalori. Jadi bagi orang yang sedang diet menurunkan berat badan, maka durian bisa menggagalkan tujuan Anda.

Fakta #2 : Durian kaya akan nutrisi

Durian adalah sumber yang secara alami kaya akan kalium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Dengan demikian raja buah-buahan ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan menjaga tekanan darah, mencegah kesulitan BAB, dan menyehatkan kulit. Hal ini juga mendukung sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh yang baik, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Fakta #3 : Orang dengan diabetes harus membatasi makan durian

Jika Anda dengan diabetes serta harus menghitung asupan karbohidrat Anda, maka Anda tidak bisa makan banyak-banyak buah durian karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Durian mengandung jenis gula sederhana, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa.

Fakta #4 : Durian cepat membangkitkan energi

Karena mengandung karbohidrat yang tinggi, maka durian bisa membantu mengisi kembali energi yang rendah dengan cepat (pada orang sehat). Kandungan kalium yang tinggi pada buah ini juga bisa membantu mengurangi kelelahan dan mengurangi stres dan kecemasan .
Mitos

Mitos #1 Durian sangat tinggi kolesterol

Hal ini sama sekali tidak benar. Durian mengandung 0 (nol) kolesterol. Kolesterol adalah zat yang ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Perlu diketahui bahwa semua buah-buahan, sayuran, bijian, atau makanan dari sumber tanaman tidak mengandung kolesterol. Durian justru menyediakan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat menyehatkan jantung, bahkan membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

Mitos #2 : Jika makan durian, makan harus makan manggis untuk mengurangi panas dalam yang ditimbulkannya

Menurut kepercayaan, manggis adalah buah yang bersifat mendinginkan, sehingga akan mengurangi tingkat panas dalam yang mungkin bisa ditimbulkan oleh durian. Tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung kepercayaan ini. Kebiasaan makan durian dan manggis secara bersama-sama mungkin karena dua buah ini selalu panen pada waktu atau musim yang sama.

Mitos #4 : Makan durian dan minum bir menyebabkan kematian

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kedua makanan ini merupakan perpaduan yang mematikan. Namun kombinasi ini bisa menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan ketidaknyamanan, karena hati harus bekerja lebih keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam durian dan alk*hol pada bir, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Mitos #5 : Makan durian dapat meningkatkan lib*do Anda

Panas dari buah durian memang bisa menyebabkan suhu tubuh naik, tapi hal ini bukanlah afrodisiak.
Underline :

Walaupun banyak mitos yang berkembang disekitar buah durian, tapi yang jelas itu adalah buah yang bergizi. Dan jika dimakan dalam jumlah yang cukup, durian akan memberikan bagi tubuh kita vitamin, mineral, dan lemak sehat. Namun beberapa hal harus diperhatikan, sebagai berikut :

  1. Makan 2 atau 3 biji saja sudah cukup memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan, dan apapun jika berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping yang buruk.
  2. Jangan mengkonsumsi buah durian yang sudah terlalu matang, karena akibat fermentasi, buah ini menjadi mengandung alk*hol. Jadi, hal ini menjadikan durian sebagai salah satu makanan yang perlu diwaspadai oleh wanita hamil dan orang dengan tekanan darah yang tinggi.



Sumber

ga tahan baru liat isinya aja, jd pengen
#glek
 
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Durian)

BUAH KECAPI

1650490313.jpg

Kecapi adalah salah satu jenis buah yang memiliki nama lain sentul atau ketuat. Buah kecapi ini memiliki nama ilmiah Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr. Buah ini diduga berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Kemudian buah kecapi ini masuk ke India, Indonesia (Borneo, Maluku), Mauritius, dan Filipina hingga saat ini sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Penanaman pohon kecapi bertujuan untuk mendapatkan buahnya yang manis namun ada rasa masamnya. Buah kecapi memiliki bentuk bulat pipih dengan ukuran diameter mencapai 5-6cm dengan warna kulitnya kuning keemasan, memiliki bulu halus.

Daging buah di bagian luarnya agak tebal dan memiliki warna merah dengan rasa masam, sedangkan daging buah yang ada di dalam relatif lunak dengan warna putih, rasanya asam hingga manis. Pada umumnya, daging buah kecapi yang tebal sering digunakan untuk manisan.

Apabila Anda pertama kali memakan buah kecapi memang agak susah. Dimana kulitnya begitu liat dan kuat sehingga ketika memakannya ada yang susah sampai harus dijepitkan di pinggiran pintu. Walaupun demikian ada banyak sekali manfaat yang didapat dari mengkonsumsi 100 g buah kecapi. Dalam setiap 100 gram buah kecapi yang bisa dimakan terkandung 247 kJ, air 83.9 g, protein 0.7 g, lemak 1 g, karbohidrat 13.7 g, serat 1.1 g, abu 0.7 g, kalsium 11 mg, fosfor 20 mg, besi 1.2 mg, kalium 328 mg dan vitamin C 14 mg.

Ada banyak manfaat dari tanaman kecapi ini, mulai dari akar, buah hingga daunnya bisa kita manfaatkan.

  1. Akar buah kecapi dapat dimanfaatkan untuk obat antidiare, meredakan kekejangan, mengeluarkan angin dari perut, obat sakit perut.
  2. Buah kecapi dapat diolah menjadi manisan, ‘chutney’, selai, jeli ‘marmelade’. Dapat juga diawetkan dalam hidangan-hidangan sebagai pengharum alami.
  3. Daunnya yang segar jika digosokkan pada kulit dapat berguna sebagai peluruh keringat, dan rebusannya dapat digunakan untuk obat demam. Serbuk kulit batangnya sangat mujarab untuk pengobatan cacing gelang.
  4. Kayunya digunakan untuk konstruksi bangunan, kerajinan kayu, dan untuk membuat perabotan rumah tangga serta peralatan lainnya.

Demikian sekilas mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah kecapi. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.
 
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Durian)

TOMAT

congresso-a-pomodoro-e1429211729353.jpg


attachment.php

Kandungan nilai gizi pada buah tomat segar dari tiap 100 g buah menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1972) sebagai berikut :

  • Karoten ( vitamin A ) ------------ 1500 S.I.
  • Thiamin (vitamin B ) ------------- 60 μg
  • Riboflavin (vitamin B2) --------- -
  • Asam askorbat ( vitamin C ) ----- 40 mg
  • Protein --------------------- 1 g
  • Karbohidrat -------------------- 4,2 g
  • Lemak ------------------------ 0,3 g
  • Kalsium ( Ca ) ----------------- 5 mg
  • Fosfor ( P ) ------------------- 27 mg
  • Zat Besi ( Fe ) ----------------- 0,5 mg
  • Bagian yang dapat dimakan (Bdd) -- 95 %

Tomat banyak digemari oleh masyarakat. Keistimewaannya dibanding buah lain terletak pada rasa, manfaat, bentuk, dan warna. Bentuk tomat sendiri bervariasi. Ada yang bulat seperti apel, bulat pipih, dan ada yang seperti bola lampu.

Berdasarkan bentuk / penampilannya buah tomat digolongkan seperti berikut ini :

Tomat Biasa ( Lycopersicum commune )
Bentuknya bulat pipih dan tidak beraturan.
Tomat Apel ( Lycopersicum pyriforme )
Bentuknya bulat, kokoh, sedikit keras menyerupai buah apel.
Tomat Kentang ( Lycopersicum grandfolium )
Bentuknya bulat, besar, padat, menyerupai buah apel hanya agak kecil sedikit dan daunnya lebar-lebar.
Tomat Keriting ( Lycopersicum validium )

Bentuknya agak lonjong, keras seperti alpukat atau pepaya yang dikenal sebagai tipe Roma. Tomat ini banyak disenangi, karena kulitnya tebal.

Gizi dan Manfaat Tomat

Dalam buah tomat banyak terkandung zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia. Zat-zat yang terkandung di dalamnya antara lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B2, B3, dan C, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, serat, dan air. Tomat mengandung karoten yang berfungsi sebagai pembentuk provitamin A dan Lycoppen yang mampu mencegah kanker.

Sebagai bahan pengobatan alami tomat berkhasiat untuk :

Mencegah dan mengobati radang usus buntu
Membantu penyembuhan penyakit rabun senja
Mengobati penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin C
Mengobati gigi dan gusi
Menjaga stamina
Mempercepat penyembuhan luka
Mengobati jerawat
Mencegah batu empedu pada saluran kencing, lever, encok, TBC asma
Dan lain-lain

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh dokter Michael Avira, kepala Lipid Research Laboratory di Technision Institute of Technology dan Rabam Medical Centre, Haifa, Israel membuktikan bahwa pemberian 60 mg lycoppen selama 3 bulan terhadap 30 orang, bisa mengurangi 14% kepadatan plasma kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) di dalam pembuluh darah.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Dr. A. Vaket Rao, Professor dari Department of Nutritional Sciences, Faculty of Medicine, University of Toronto, Kanada, menyatakan bahwa penerapan pola makan dengan jus tomat, spaghetti saus tomat, dan ekstrak lycoppen dari tomat kepada 19 orang sehat selama seminggu terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol LDL.

Waktu Mengkonsumsi

Buah segar merupakan makanan yang berkadar air tinggi, nutrisi, dan umumnya pembentuk sifat basa kecuali tomat masak. Karena itulah tomat yang masak lebih baik dikonsumsi setelah makan / saat perut tidak dalam keadaan kosong karena jika dikonsumsi pada saat perut kosong dapat mengakibatkan asam dalam lambung semakin banyak sehingga memicu penyebab penyakit maag.

sumber
 

Attachments

  • tomat.JPG
    tomat.JPG
    52.6 KB · Views: 529
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Durian)

PETAI / PETE

buah-petai-dapat-membantu-merawat-kencing-manis-secara-tradisional.jpg

18 Manfaat Buah Pete Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Pete - Untuk beberapa orang pete ( peuteuy ) barangkali jadi salah satu makanan yang di jauhi, tak tahu dikarenakan bau atau rasanya. namun siapa sangka pete ( peuteuy ) yang banyak penggemarnya ini mempunyai manfaat yang luar biasa. pete, petai, atau peuteuy didalam bahasa latinnya mlanding ( parkia speciosa ) adalah pohon tahunan tropika dari suku polong polongan ( fabaceaee ), anak suku petai petaian( mimosoidae ). pete ( peuteuy ) terhitung tumubhan kacang kacangan.

Buah pete bukan sekedar popular di sini, penduduk amerika juga mengenalnya. mereka umumnya menyebut buah tersebut dengan kata-kata the most horrible food in the world atau makanan yang sangat mengerikan didunia. orang amerika menyebut dengan kata-kata tersebut karena bau pete yang menusuk. tumbuhan ini menyebar di nusantara bagian barat. bijinya yang di sebut pete juga di konsumi saat tetap muda, baik fresh ataupun di rebus.

Pohon pete tumbuh menahun, tingginya bisa meraih 20m serta kurang bercabang, daunnya majemuk, tersusun sejajar, bunga majemuk, tersusun serta bongkol ( khas mimosoide ) bunga pete umumnya nampak di dekat ujung ranting. buahnya besar, memanjang, betipe buah polong, dari satu bongkol bisa di dapatkan dampai belasan buah. didalam satu buah ada sampai 20 biji, yang berwarna hijau saat tetap muda serta terbalut oleh slaput agak tidak tipis berwarna cokelat terang. buah pete dapat jadi kering bila masak serta melepas biiji - bijinya.

Pete
Dan inilah 18 Manfaat buah pete untuk kesehatan :

1. Manfaat buah pete untuk menghindar defresi
menurut survey yang di kerjakan mind, di antara pasien pasien depresi, banyak orang yang jadi tambah baiksetelah makan pete. perihal ini berlangsung dikarenakan pete memiliki kandungan tryptophhan, sejenis protein yang di ganti tubuh jadi serotonin, yang dapat bikin si pengonsumsi rileks, melakukan perbaikan mood, san dengan umum seseorang lebih bahagia.

2. Pms ( pre menstrual syndrome )
bila alami pms atau bad mood waktu menstruasi, cukup tangani dengan makan pete. vit. b6 yang di kandung pete mengatur kandungan gula darah yang bisa menolong mood.

3. Menghindar anemia
dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete bisa merangsang produksi sel darah merah serta menolong jika berlangsung anemia.

4. Perangi tekanan darah tinggi
buah tropis ini amat tinggi kalium, namun rendah garam hingga amat prima memerangi tekanan darah. demikian tingginya, hingga fda amerika mengizinkan perkebunan pete untuk lakukan klaim resmi tentang kekuatan buah ini saat menurunkan efek tekanan darah serta stroke.

5. Mendorong kekuatan otak
200 siswa inggris di twickenham ( middlesex ), inggris, tertolong didalam ujian sekolah berkenaan mengonsumsi pete pada waktu sarapan, istirahat serta makan siang. riset sudah menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi bisa menolong studi membantu siswa makin waspada.

6. Manfaat buah pete untuk penajaga saluran pencernaan
kandungat seat ( dietary fibers ) yang tinggi bikin pete amat baik untuk saluran pencernaan. pete dipakai sebagai makanan untuk menjaga penceranaan dikarenakan struktur nya yang lembut serta halus. buah ini juga dapat menetralkan asam lambung serta kurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.

7. Obat mabuk
di antara cara sangat cepat untuk mengobati penyakit mabuk yaitu milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. pete dapat menolong menenangkan perut serta dengan pertolongan madu dapat menambah kandungan gula darah yang jatuh, namun susu dapat menenangkan serta kembali melakukan perbaikan kandungan cairan didalam tubuh.

8. Kurangi rasa kenyang
pete mempunyai dampak antasid pada tubuh, hingga apabila dada merasa panas disebabkan umumnya makan, coba makan pete untuk kurangi sakitnya.

9. Hindari mual pagi
makan pete di antara jam makan dapat membantu menjaga kandungan gula serta hindari muntah.

10. Tangani gatal gigitan nyamuk
sebelum saat menggapai cream gigitan nyamuk, cobalah gosok tempat yang terkena gigitan dengan bagian didalam kulit pete. banyak orang sukses mengatasi rasa gatal serta bengkak lewat cara ini.

11. Manfaat buah pete untuk Hindari kegemukan
penelitian di institut of psychology, austria mendapatkan bahwa tekanan pada waktu kerja banyak orang yang menggapai makanan yang menenangkan layaknya coklat serta keripik. dengan sample 5. 000 pasien di tempat tinggal sakit, peneliti mendapatkan bahwa umumnya orang jadi gemuk dikarenakan tekanan kerja yang tinggi. laporan menyimpikan bahwa untuk hindari nafsu ngemil ini, kita perlu mengendalikan kandungan gula didalam darah dengan ngemil makanan tingggi karbohidrat pete tiap-tiap dua jam sekali untuk menjaga kadarnya terus.

12. Manfaat buah pete untuk netralkan luka lambung
pete dipakai sebagai makanan untuk menjaga penceranaan dikarenakan teksturnya yang lembut serta halus. pete hanya satu buah mentah yang daoat di makan tanpa mengakibatkan stress didalam sebagian masalah yang kronis. buah ini juga dapat menteralkam asam lambung serta kurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.

13. Mengatur suhu tubuh
banyak kebudayaam lihat pete sebagai buah dingin yang dapat turunkan suhu tubuh serta emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. di belanda contohnya, ibu hamil dapat mengonsumsi pete untuk meyakinakan si bayi lahir dengan suhu tidak tingg. walau di indonesia. ada larangan untuk mengonsumsi waktu hamil untuk menghindar baunya air ketuban.

14. Bantu seasonal affective disoder ( penyakit emosional yang kacau )
pete bisa menolong pasien sad dikarenakan memiliki kandungan pendorong mood alami tryptophan.

15. Hindari merokok
pete bisa mendorong orang yang pingin berhenti merokok. vit. b6 serta b12 yang di kandungnya, berbarengan dengan kalium serta magnesium, menolong tubuh cepat pulih dari dampak penghentian nikotin.

16. Hindari stress
kalium yaitu mineral mutlak, yang menolong unutk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen keotak serta mengatur keseimbangan cairan tubuh. saat kita stress, kecepatan metabolisme kita dapat meningkat, hingga dapat kurangi kandungan kalium didalam tubuh. perihal ini bisa kembali di seibangakan dengan makan pete yang tinggi kalium.

17. Manfaat buah pete untuk turunkan efek stroke
menurut riset didalam the new england journal of medicine makan pete sebagai bagian dari makanan 1 hari hari dapat turunkan seriko kematian dikarenakan stroke hingga 40%.

18. Obat awet muda
kemungkinan di sebabkan kandungan proteinnya, pete dapat meregenerasi kulit, petani pete indonesia telah mengekspor ke jepang untuk di buat jadi di antara bahan kosmetik.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang manfaat pete. Semoga bermanfaat

Sumber
 
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Kecapi, Pete, dan Tomat))

DAUN MAHKOTA DEWA

59daun-mahkota-dewa-800x600.jpg

Pohon Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Asalnya dari Papua/Irian Jaya.

Buah mahkota dewa mengandung beberapa zat aktif seperti:

Alkaloid, bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh
Saponin, yang bermanfaat sebagai:
  • sumber anti bakteri dan anti virus
  • meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • meningkatkan vitalitas
  • mengurangi kadar gula dalam darah
  • mengurangi penggumpalan darah
Flavonoid
  • melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah
  • mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah
  • mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner
  • mengandung antiinflamasi (antiradang)
  • berfungsi sebagai anti-oksidan
  • membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan
Polifenol
  • berfungsi sebagai anti histamin (antialergi)

Tanaman atau pohon mahkota dewa seringkali ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batang utama hingga ke ranting.

Untuk memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa, dapat dilakukan pengawetan dengan beberapa cara antara lain pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut, dengan kata lain dapat memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa tersebut. Kondisi pengeringan yang tepat akan menentukn mutu hasil pengeringan yang tinggi.

Bagi yang gak tau apa itu Daun Mahkota Dewa, nih ada nama lainnya:

  • Makuto Rojo
  • Makuto Ratu
  • Obat Dewa
  • Pau (Obat Pusaka)
  • Crown of God
  • Boh Anggota Dewan
  • Simalakama (bahasa malayu)

(wikipedia)

Manfaat Daun Mahkota Dewa Untuk Kesehatan Anda

Mahkota dewa adalah tanaman yang asalnya dari Papua, sehingga tidak banyak orang tahu akan bentuk dan warna dari tanaman ini. Padahal jika anda mengetahuinya, kandungan nutrisi yang ada didalam tanaman mahkota dewa sangat banyak sekali manfaat dan kasiatnya. Buah mahkota dewa sendiri berbentuk bulat sedang dengan diameternya mencapai 4 cm, waranya hijau jika dalam keadaan mentah dan merah saat masak.

Nah, daun dari buah mahkota dewa sendirilah yang memiliki banyak sekali kasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah, bagi anda yang penasaran akan kandungan nutrisi serta manfaat daun mahkota dewa sendiri, anda bisa simak terus kelanjutan artikel berikut. Perlu diketahui, bahwa tanaman ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat China untuk pengobatan. Anda pasti sudah tahu bukan kalau negara China memang sangat ahli dalam ilmu pengobatan.

Kandungan Zat Dalam Daun Mahkota Dewa

Daun dari tanaman mahkota dewa memiliki sifat tunggal dan rantingnya saling berhadapan. Daun mahkota dewa ini bertangkai pendek dan cenderung menjorong dan lanset. Dibagian ujungnya serta pangkal daunnya akan terlihat runcing dengan tepian daun merata.
Mulailah hidup sehat dari sekarang. Pantau kondisi kesehatan Anda dengan alat kesehatan yang akurat, dapatkan di Glorya Medica.

Untuk permukaannya sendiri, daun mahkota dewa ini cenderung licin dan berwarna hijau tua. Untuk panjang daunnya, memiliki lebar 2 hingga 5 cm dan panjangnya 7 hingga 10 meter. Nah, sebelum mengetahui akan manfaat daun mahkota dewa akan lebih baik jika kita tahu dulu akan kandungan nutrisi yang ada didalam daun mahkota dewa itu sendiri. Kandungan zat yang ada didalam tanaman daun mahkota dewa diantaranya yaitu saponin, antihistamin, alkaloid, dan lignin/polifenol.

Kesemua zat yang terkandung didalam daun mahkota dewa sangat berperan aktif dalam mengobati segala macam penyakit. Nah, untuk memperjelas akan manfaat dari daun mahkota dewa, berikut akan diperjelas untuk anda.

Khasiat Daun Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui akan kandungan zat aktif yang ada didalam daun mahkota dewa, tidak diragukan lagi bahwa daun mahkota dewa memang sangat berkasiat untuk menyembuhkan penyakit yang ada didalam tubuh anda. Nah, untuk manfaat daun mahkota dewa sendiri diantaranya yaitu:

1. Dapat dijadikan obat untuk antibakteri

2. Meningkatkan kekebalan tubuh dna vitalitas

3. Mengurangi terjadinya kadar gula yang berlebihan

4. Mengurangi terjadinya penggumpalan darah

5. Sebagai anti alergi

6. Dapat dijadikan obat untuk melawan penyakit syahwat, tumor, alergi, disentri, dll

7. Mengobati penyakit tinggi, lever, kanker dan jantung

Selain penyakit diatas masih banyak lagi penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun mahkota dewa tersebut. Itulah wacana dan informasi mengenai manfaat daun mahkota dewa untuk kesehatan, semoga wacana dan informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.

SUMBER
 
Last edited:
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Daun Mahkota Dewa))

MANGGA

totapuri-mango-slices--dices36.jpg


attachment.php


Sejarah Buah Mangga
Buah Mangga atau dalam bahasa latinnya "mangifera indica" berasal dari daerah bombay, India dan daerah sekitar kaki gunung himalaya. Dari sanalah buah ini kemudian menyebar luas ke indonesia, bahkan kemudian ada yang tersebar sampai ke daerah eropa, termasuk juga afrika dan asia.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bisa dijadikan sebagai pencegah penyakit Kanker.
Mampu menurunkan kadar kolestrol yang tidak baik untuk tubuh kita
Membantu meberikan nutrisi yang baik dan sehat untuk mata
Bisa melindungi pencernaan anda karena memiliki banyak serat yang akan membantu memperlancar pencernaan.
Dapat menjaga tubuh sehingga selalu dalam kedadaan fit dan meningkatkan daya tahan imun kita dari serangan berbagai macam penyakit jahat,
Buah mangga juga sangat baik dan bermanfaat bagi ibu hamil, apalagi buah mangga sudah tidak asing lagi sering dicari oleh ibu yang sedang ngidam
Dapat membantu meningkatkan kadar insulin.
Mengandung kadar glikemk yang rendah, sehingga apabila penderita diabetes mengkonsumsi buah mangga tidak akan membahayakan.
Dengan meminum jus mangga akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan mengurangi rasa letih tubuh.
mampu menurunkan panas dalam tubuh
Dapat digunakan sebagai desinfektan bagi tubuh.
Dapat membantu membersihkan darah
Mampu menghilangakan bau badan yang berlebih pada tubuh
Dapat membantu menstabilkan denyut jantung
Mengaktifkan Kontraksi pada otot
Membantu tekanan radah pada tubuh
Bisa juga dipakai untuk menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan
Mengobati penyakit influenza
Asma
Gusi berdarah
Peradangan pada tenggorokan
Mengobati dan mengurangi dampak karena cacingan
Mengoabati gangguan menstruasi
Hernia
Rematik
dan bahkan masih banyak lagi khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

2. Manfaat Buah Mangga untuk kesehatan

Mampu membantu dalam proses pengobatan penyakit kulit seperti bisul, borok dll
Bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini karena buah mangga mengandung anti oksidan yang mampu membantu mencegah datangnya tanda penuaan seperti keriput dll. sehingga wajah tetap awet muda.
Mampu membantu mencerahkan kembali kulit yang sudah terbakar oleh matahari
Bisa dijadikan sebagai masker buah alami untuk menjaga kulit sensitif
Membantu membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan segar
Mengobati komedo yang ditumpuk ditubuh
Bisa dikonsumsi pada saat diet karena mampu membantu dalam program diet anda
Mampu mempercepat infeksi khususnya yang diakibatkan oleh jerawat
Dapat membantu mempercepat pengengkatan sel kulit mati atau membantu regenerasi pada kulit
Menjaga kulit agar tetap terjaga keelastisannya
Membantu melembutkan kulit

Wah tak disangka sangka ya ternyata Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan sangat banyak sekali. Maka dari itu sering - seringlah mengkonsumsi buah mangga. Tapi inga boleh makan banyak tapi secukupnya saja. Karena segala sesuatu yang sifatnya berlebihan pasti kurang baik untuk tubuh.

SUMBER
 

Attachments

  • mango.JPG
    mango.JPG
    41 KB · Views: 285
Last edited:
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Daun Mahkota Dewa & Buah Mangga))

KESEMEK


attachment.php


attachment.php



17 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan



manfaat-buah-kesemek-2Manfaat buah kesemek memang cukup banyak. Buah kesemek sendiri mempunyai kandungan nutrisi yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Bahkan bila kandungan nutrisi buah buah kesemek ini sama seperti manfaat buah apel. Buah kesemek mengandung serat yang tinggi. Kandungan seratnya dua kali lebih banyak daripada buah apel. Selain rasanya yang manis, buah kesemek kaya akan manfaat. Manfaat dari mengkonsumsi buah kesemek dapat dirasakan oleh tubuh.

Berikut 15 manfaat kesemek untuk kesehatan tubuh

  • Mencegah pembuluh darah menjadi keras
  • Menstabilkan tekanan darah
  • Mencegah penyakit kanker
  • Memperlambat penuaan dini
  • Menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga tekanan darah tetap normal
  • Menjaga kesehatan organ paru-paru
  • Memperkuat limpa
  • Melangsingkan tubuh bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan
  • Mencegah penyakit makula pada orang tua
  • Meningkatkan produksi sel-sel darah merah sehingga kebutuhan sel-sel akan oksigen dan sari-sari makanan akan terpenuhi dengan baik
  • Menjaga kesehatan organ jantung
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh
  • Anti-tumor
  • Mengatasi hipertensi

Manfaat Buah Kesemek dalam Bidang Kuliner

Meski disebut ‘apel jawa’, buah kesemek memiliki tekstur daging buah yang berbeda. jika daging buah apel bertekstur keras, tidak dengan tekstur daging buah kesemek. Tekstur daging buah kesemek lebih lembut dan lebih banyak mengandung air. Rasanya juga jauh berbeda dengan rasa daging buah apel. Daging buah apel memiliki rasa manis-asam, sedang daging buah kesemek rasanya sangat manis. Jadi tetap nikmat rasanya apabila buah kesemek dimakan langsung alias tanpa diolah menjadi jus atau jenis olahan buah kesemek lainnya. Rasa daging buahnya yang manis juga bisa dijadikan topping kue-kue seperti manfaat buah ceri.

Di daerah tertentu di Indonesia, buah kesemek disebut dengan buah genit karena kulit buah kesemek berwarna putih seperti buah yang diberi bedak. Warna putih yang menempel pada kulit buah kesemek ini adalah serbuk putih. Bentuknya yang mirip seperti apel menjadikan buah kesemek ini diberi nama apel jawa.

Sumber
 

Attachments

  • kesemek.JPG
    kesemek.JPG
    38.6 KB · Views: 219
  • kesemekbuah.jpg
    kesemekbuah.jpg
    62 KB · Views: 197
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Buah Kesemek)

SAWO

su-co-tieu-dung-hong-xiem-giaoduc.net_.vn_.jpg


attachment.php


Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

1. Membantu pembentukan sel darah merah

Sawo memiliki kandungan yang bernama zat besi yang berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Kekurangan darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia yang membuat tubuh mudah lemas dan pusing. Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi juga disarankan bagi ibu hamil supaya terhindar dari anemia yang berbahaya.

2. Menjaga kesehatan tulang

Sawo memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan kalsium dan fosfor yang bagus dalam menjaga tulang kita hingga tua nanti. kesehatan tulang merupakan salah satu aset penting untuk kita tua nanti.

3. Mengatasi radang mulut

Cara menggunakan sawo untuk mengatasi radang mulut dapat digunakan dengan mencincang sawo lalu rebus selama 10 menit dengan 2 gelas air bersih. Gunakan air rebusan dari sawo tersebut untuk berkumur.

4. Sebagai obat diare

Cara menggunakan sawo sebagai obat diare adalah dengan menggunakan 15 tetes getah sawo yang masih muda. Seduh menggunakan setengah gelas air panas. Anda dapat meminumnya setelah airnya hangat atau dingin. Selain itu, anda juga dapat menggunakan sawo sebagai obat diare dengan cara mencuci sawo hingga bersih lalu parut dan peras. Air perasan sawo dapat anda campurkan dengan air matang lalu minum 2 kali sehari.

5. Bagus untuk kesehatan mata

Sawo mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Menjadikan sawo sebagai buah favorit merupakan pilihan tepat untuk menjaga mata anda tetap sehat dan terhindar dari gangguan mata.

6. Bagus untuk pertumbuhan

Sawo mengandung protein yang bagus untuk pertumbuhan terutama bagi mereka yang masih dalam tahap perkembangan.

7. Mencegah kanker usus

Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat di dalam sawo juga membantu mengatasi sembelit sekaligus mencegah terjadinya kanker usus.

8. Mengatasi sariawan

Buah sawo mengandung banyak vitamin yang berguna dalam mengatasi radikal bebas penyebab penyakit dimana salah satunya sariawan. Untuk mencegah datangnya sariawan, ada baiknya anda menjaga kesehatan mulut anda dengan baik dimana salah satunya adalah dengan cara rutin menggosok gigi 2 hingga 3 kali dalam sehari. Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin C supaya sistem kekebalan tubuh meningkat.

9. Mencegah terjadinya penuaan dini

Vitamin E yang terdapat dalam sawo juga bagus untuk menghindari penuaan dini atau terjadinya keriput pada kulit terutama pada wajah.

10. Untuk mengobati disentri

Untuk mengobati disentri, anda dapat mengambil sawo yang masih muda lalu haluskan dan campur menggunakan garam secukupnya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari. lakukan hingga sakit anda berkurang.

11. Menjaga kecantikan kulit

Sawo mengandung vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin E membuat kulit kita tetap lembab dan tampak lebih bersih.

12. Mencegah terjadinya infeksi

Sawo memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Vitamin A berperan dalam menyehatkan kulit dan vitamin C memiliki berperan dalam melawan jenis penyakit yang berbahaya serta mencegah adanya infeksi.

13. Melancarkan sistem pencernaan

Sawo memilki kandungan inflamasi yang bagus untuk melancarkan pencernaan di usus. Selain itu sawo juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan tubuh anda. Pencernaan yang baik menghindarkan anda dari susah BAB dan gejala sembelit.

14. Bagus untuk kesehatan gigi

Buah sawo bagus untuk kesehatan tulang serta gigi. Buah yang satu ini memiliki kandungan berupa fosfor dan kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang maupun gigi. Tulang yang kuat dan sehat menghindarkan anda dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

15. Mengatasi radang mulut

Bukan hanya buahnya, namun daun dari pohon sawo juga dapat dijadikan sebagai obat salah satunya adalah untuk mengatasi radang mulut. Langkahnya cukup mudah yaitu dengan mencuci bersih daun sawo lalu rebus selama 10 menit. Gunakan rebusan dari daun sawo untuk berkumur. Dalam mengatasi radang mulut, anda juga dapat menggunakan sawo mentah sebagai solusi pengobatannya.

16. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil

Vitamin C di dalam buah sawo dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil supaya tidak mudah sakit. Selain itu, buah sawo juga bagus untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti halnya sembelit yang banyak dialami oleh ibu hamil. Konsumsi secukupnya supaya nutrisi dan vitamin bisa dengan sempurna terserap oleh tubuh.

17. Mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil

Kebaikan sawo dapat pula kita temukan dalam kandungan manfaat vitamin B nya yang bagus dalam mengurangi dampak morning sickness pada kehamilan. Konsumsi buah sawo secukupnya dan hindari pengonsumsian yang berlebihan supaya aman bagi ibu dan janin.

18. Mengandung karbohidrat

Buah sawo juga mengandung manfaat karbohidrat yang berperan sebagai penambah energi terutama untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari.

19. Obat untuk pendarahan

Sawo memiliki kandungan kalium yang mampu menghentikan pendarahan Pada bagian tubuh yang terluka.

Sumber
 

Attachments

  • sawonutritions.JPG
    sawonutritions.JPG
    37.6 KB · Views: 266
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Buah Kesemek & Buah Sawo)

REBUNG

attachment.php


attachment.php


Rebung adalah salah satu makanan khas wilayah Asia. Namun demikian, banyak juga orang yang tidak menyukai makanan ini, mungkin karena aroma dan teksturnya yang cukup unik. Padahal rebung menawarkan banyak manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.
Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika kita mengkonsumsi rebung adalah sebagai berikut :

Menurunkan berat badan
Rebung bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini berkat kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, rebung juga mengandung serat yang tinggi sehingga akan membuat perut ada cepat kenyang ketika mengkonsumsinya.

Menurunkan kolesterol
Dalam setiap 100 gram porsinya, rebung mengandung gula sebesar 2,5 gram. Sementara itu, kandungan lemak tak jenuh dan lemak jenuhnya sekitar 0,49 gram. Kedua hal tersebut membuat rebung menjadi makanan yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan menyehatkan jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Rebung juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, thiamine, riboflavin, dan niasin. Rebung juga mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi masalah pernapasan
Rebung mengandung asam amino dan merupakan sumber protein yang baik. Hal ini membuat rebung memiliki potensi untuk mengatasi masalah pernapasan seperti pilek, batuk, atau hidung tersumbat.

Menyehatkan pencernaan
Rebung dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu, rebung juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati cacingan.

Melawan kanker
Rebung mengandung fitosterol seperti flavone, amilasi, dan klorofil yang dapat membantu melawan kanker.

Menurunkan tekanan darah
Tingginya kandungan kalium di dalamnya, membuat rebung menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaganya agar tetap normal. Mengkonsumsi rebung juga dikaitkan dengan penurunan depresi, penyakit mental, dan kecemasan.

Melancarkan siklus menstruasi
Apabila siklus menstruasi anda tidak lancar, cobalah untuk mengkonsumsi rebung. Hal ini karena rebung mengandung bahan alami yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi serta dapat mengurangi nyeri.

Menyembukan bisul dan luka
Berdasarkan penelitian terbaru, rebung mempunyai sifat anti inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul dan luka.

Memperlancar proses kelahiran
Rebung termasuk tanaman jenis uterotonika yang mampu membantu meningkatkan kontrasi rahim sehingga dapat memperlancar proses kelahiran.

Sumber
 

Attachments

  • 8315879555_165a5de3ff.jpg
    8315879555_165a5de3ff.jpg
    86.8 KB · Views: 216
  • bambooshootnutr.JPG
    bambooshootnutr.JPG
    34.6 KB · Views: 308
Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Rebung)

JAMUR KANCING

mantar%C4%B1n-faydalar%C4%B1-ve-zararlar%C4%B1-800-x-600.jpg


attachment.php


Manfaat Jamur Kancing. Begitu membaca judul diatas, pastinya pembaca memiliki gambaran akan hal apa yang akan penulis ulas dalam informasi kali ini. Ya tentu saja penulis akan memaparkan beberapa hal yang berkaitan dengan jamur kancing. Pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar kata jamur kancing ? Banyak orang memiliki gambaran bahwa jamur ini berbentuk menyerupai bentuk kancing yang bulat, betul ? Bentuk bulat dari jamur ini yang membuat masyarakat menjuluki tanaman ini sebagai jamur kancing. Namun tahukah Anda bahwa dalam jamur kancing yang imut ini terdapat banyak kegunaan seperti seperti halnya pada jenis jamur lain, yaitu jamur merang, jamur kuping dan juga jamur tiram. manfaat jamur kancing salah satunya adalah sebagai zat yang mampu mencegah kanker dalam tubuh.

Sedangkan fungsi jamur kancing pada umumnya sering digunakan dalam hidangan tertentu, namun sampai saat ini tidak banyak orang yang mengkonsumsi jamur kancing. Mungkin dikarenakan karena terbatasnya pasokan dan juga kekurangtahuan masyarakat mengenai sejumlah khasiat jamur kancing. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut penulis sajikan beberapa manfaat jamur kancing untuk kekebalan tubuh yang bisa menjadi sarana pengobatan herbal atau untuk pencegahan penyakit tertentu yang telah kami rangkum dari sumber polahidupsehat.web.id, beserta beberapa penjelasan mengenai kandungan penting yang terdapat dalam jamur kancing.


Manfaat Jamur Kancing

1. Mencegah kanker
Untuk Anda yang mungkin terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji pasti memiliki kekhawatiran mengenai munculnya penyakit kanker. Jika Anda menemui masalah seperti ini, Anda cukup mengatasinya dengan salah satu jalan yang cukup sederhana yaitu dengan mengkonsumsi jamur kancing. Jamur yang memiliki tekstur kenyal ini memiliki nutrisi seperti magnesium, thiamin, zinc yang mampu mempertahankan kekebalan tubuh sehingga tubuh mampu melawan zat karsinogenik penyebab penyakit kanker. Terlebih jamur kancing juga mampu mencegah penyakit tumor. Cara mengkonsumsi jamur kancing pun beraneka ragam, Anda bisa memasaknya dalam berbagai olahan.

2. Makanan sehat saat diet
Bagi perempuan yang sedang dalam masa penurunan berat bada, Anda perlu memasukan jamur kancing sebagai menu sehat pendukung rencana diet sehat Anda. Dalam satu buah jamu kancing memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan tubuh namun tidak akan memberikan efek buruk bagi kenaikan berat bada, dalam hal ini jamur kancing menyuplai protein dan zat besi yang baik untuk sirkulasi darah dan sistem pencernaan, sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh pun berjalan optimal.

3. Memiliki banyak serat
Didalam satu buah jamur kancing yang mungil ini, ternyata terdapat serat yang sangat baik untuk proses pencernaan dalam tubuh, terutama dalam usus manusia. Oleh karena itu mengkonsumsi jamur kancing amat baik bagi Anda, namun Anda juga harus memperhatikan kondisi jamur yang akan dimasak. Perhatikan kebersihan dan kelayakan jamur kancing.

4. Kaya akan potasium
Sebagian orang telah mengetahui bahwa salah satu zat potasium tertinggi terletak pada tanaman kentang. Namun pada bahasan kali ini, pembca harus tahu bahwa dalam satu buah jamur kancing juga terdapat zat potasium yang cukup banyak sehingga membantu tubuh dalam menormalkan tekanan darah, sehingga bagi Anda yang gemar mengkonsumsi jamur kancing akan jauh dari tekanan darah tinggi dan penyakit stroke.

5. Antioksidan tinggi
Hal inilah yang menjadi alasan mengapa jamur kancing banyak dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit berat yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Misalnya saja penderita AIDS yang memang dianjurkan untuk mengkonsumsi jamur kancing, karena antioksidan dalam jamur kancing mampu melawan racun dari virus ataupun bakteri yang telah menyerang tubuh. Namun akan lebih baik jika Anda mencegah beberapa penyakit tersebut dengan mengkonsumsi jamur kanci sebagai menu olahan.


Demikian adalah ulasan penulis mengenai manfaat jamur kancing untuk kesehatan dalam proses pencegahan beberapa penyakit dan untuk ibu hamil. Akan lebih bijak bila sebelum Anda mengkonsumsi makanan yang berasal dari jamur, Anda memperhatikan proses pembuatannya, karena ada beberapa nutrisi penting yang memang tidak bisa bertahan dalam kondisi panas saat jamur kancing dimasak.

Sumber
 

Attachments

  • jamur kancing nutri.JPG
    jamur kancing nutri.JPG
    38.5 KB · Views: 216
Status
Not open for further replies.
Back
Top