Isoc Resmi Kelola Domain Org

irigster

New member
Tanggal: 16 Oct 2002
Sumber: Sigit Widodo


NamaDomain.com, Otoritas nama domain internasional, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), hari ini secara resmi mengumumkan terpilihnya Internet Society (Isoc) sebagai pengelola baru domain .org. Demikian diberitakan Reuters, Selasa (15/10/2002).

Sejatinya, kemenangan Isoc sudah diprediksi sejak Agustus 2002 lalu. Saat itu, tim yang ditugasi untuk meneliti proposal-proposal bakal calon pengelola domain .org telah merekomendasikan organisasi nirlaba beranggotakan sebelas ribu pakar internet di seluruh dunia itu.

Selama ini domain org dikelola oleh Verisign Inc, sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. Pada 2001 lalu, Verisign setuju untuk melepaskan domain .org mulai 1 Januari 2003 dengan konpensasi perusahaan tersebut tetap mengelola nama domain.com.

Untuk mencari institusi pengganti Verisign, ICANN membuka penawaran pada April 2002. Hasilnya, pada Agustus lalu Isoc direkomendasikan sebagai pengelola domain .org.

Domain .org saat ini tercatat memiliki jumlah nama domain nomor lima terbanyak di dunia dengan jumlah 2,3 juta domain. Peringkat pertama diduduki .com dengan 21,2 domain, di bawahnya berturut-turut domain .net, domain .de milik Jerman dan domain .uk milik Inggris.
 
Back
Top