Manfaat Tomat

urhee

New member
Tomat mengandung:

Vitamin C - ada antioksidannya yang berguna untuk membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

Tomatine - berkhasiat anti radang, karoten dan asam sitrat. Jika tomat digosokkan di wajah, kandungan asam sitrat tersebut dapat membantu mengangkat kotoran dan lemak, sehingga bisa dipakai obat jerawat alamiah hanya dengan menggosokkannya secara perlahan di wajah.

Karbohidrat - bila dikonsumsi secara teratur dapat menjadi tambahan sumber energi bagi tubuh yang diperlukan untuk kinerja berbagai fungsi tubuh, seperti memacu otak dan otot-otot tubuh. GOOD News kan buat para dieter yang sedang diet Low carb. Karbohidrat dari buah lebih mudah dicerna & lebih baik daripada karbohidrat dari nasi/mi/roti.

Lemak - nah ini justru yang penting bagi para dieter yang sedang mengurangi asupan makanan. Lemaknya pun mengandung asam lemak essensial yang memberi manfaat bagi kulit dan bagian tubuh lain. Selain itu berfungsi juga untuk melarutkan vitamin A, D, E, K yang baik untuk mata & peredaran darah (TIPS Bagus ni, kalo minum suplemen vitamin, perlu juga mengkonsumsi lemak. Karena kalo tidak, vitamin akan dibuang begitu saja dari tubuh karena gak ada temenannya untuk mencerna vitamin-vitamin itu - ttg ini akan dibahas at another topic, ok!).

Protein - di dalam tubuh menjadi sumber asam amino yang digunakan tubuh untuk membangun dan mengganti sel-sel yang rusak.

Tomat menjadi andalan untuk melakukan detoksifikasi tubuh melalui terapi jus. Bahkan menurut penelitian Ohio State Univ, tomat dapat membantu penanganan kanker prostat, berkat zat antioksidan (lycopene) yang dikandungnya.

So makanlah banyak tomat biar sehat!! Ayo Indonesia, go healthy... =b=
 
Senjata ampuh di dalam tomat berupa bahan aktif yang disebut likopen. Zat ini merupakan senyawa antioksidan golongan karotenoid dan paling banyak terdapat pada tomat berwarna merah. Dalam tubuh manusia, senyawa ini disimpan dalam testis, kelenjar adrenal, dan prostat. Hasil penelitian di Italia membuktikan bahwa konsumsi likopen dosis tinggi bisa menurunkan risiko terkena kanker perut dan usus.

Menurut Dr. Ida Gunawan, MS, sebenarnya likopen tidak mempunyai aktivitas provitamin A. Hanya saja, kekuatannya sebagai antioksidan dua kali dari betakaroten (provitamin A) dan sepuluh kali lipat daripada vitamin E. Jadi reaksi likopen sebagai antioksidan di dalam tubuh jauh di atas vitamin A, C, E, maupun mineral lain. Berbagai penelitian dibuktikan manfaat likopen. Ia sangat baik untuk mencegah kanker, terutama kanker sel epitel seperti kanker prostat, paru, kolon (usus besar), ovarium, dan payudara.

Penelitian terhadap manfaat likopen telah pula dilakukan Dr. Ida di FKUI Jakarta. Subjek penelitiannya adalah perokok ringan. "Sebelum diberi zat likopen, kerusakan DNA likositnya sangat tinggi. Namun, setelah saya beri likopen, perubahannya besar sekali. Hari pertama saja sudah ada perbaikan sebesar 43,2 persen. Likopen tersebut berasal dari jus tomat," kata dosen Akademi Perawat RS St. Carolus, Jakarta ini.

Kandungan tomat tentu tidak hanya likopen, tapi ada pula serat, fosfor, kalium, betakaroten, vitamin C, dan lainnya. Yang terbanyak memang likopen, yakni 56,6 persen. Karena itu ia menganjurkan untuk mengonsumsi jus tomat sekitar 400-600 gr per hari. Proses pemasakan tidak akan merusak likopen. Justru dengan dimasak likopen jadi lebih mudah diserap tubuh, apalagi jika ditumis dengan sedikit minyak zaitun.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat likopen secara maksimal, menurutnya, dengan mengukus tomat sekitar 5-10 menit hingga kulit luarnya terkelupas. Tujuannya supaya matrik yang menempel pada kulit luar itu terlepas. Dengan demikian, likopen yang terikat dengan matrik bisa dilepaskan secara mudah.

Setelah dikukus, tomat diblender kurang lebih 2,5 menit. Baru kemudian disaring dan diminum. "Minumnya sehabis makan, supaya dapat tambahan lemak dari makanan yang kita asup. Berdasarkan penelitian saya, minum jus tomat olahan 350 gr sehari sudah mampu memperbaiki kerusakan DNA sampai hampir 50 persen," tuturnya.

Bagi mereka yang sulit menghentikan kebiasaan merokok, ia menganjurkan untuk mengonsumsi jus tomat olahan secara rutin. Perokok mengalami serangan radikal bebas yang besar sekali. Padahal, radikal bebas dari rokok juga mengakibatkan kerusakan DNA. Itu artinya perokok sangat berpotensi terkenal serangan jantung, kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan. Dengan mengonsumsi jus tomat olahan, kerusakan DNA dapat diperbaiki.

Likopen pada prinsipnya merupakan pigmen yang berwarna merah kekuningan. Buah, sayuran, dan daging hewan yang berwarna merah kekuningan pasti mengandung likopen. Selain pada tomat, likopen bisa ditemukan pada lobster dan ikan salmon.
 
memakan tomat dengan teratur juga dapat mengatasi sembelit dan wasir
 
bagus jga c manfaatnya lihat aja klo dah gk sehat pasti merasakan akibatnya lo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
 
bener banget semua yg dibilang diatas ttg manfaat tomat.itu gue alami sendiri sejak 2 bulan terakhir ini mengkonsumsi jus tomat tiap pagi.manfaat di dlm tubuhnya sih emang gak keliatan,kerasa,iya! plus manfaatnya ke kulit gue keliatan banget.kulit gue tambah kenceng aja.yg dulunya sering banget muncul komedo di muka gue,sekarang ga tau deh komedonya lari kemana padahal ga gue apa2in cuman minum jus tomat aja tiap pagi.jadi gue anjurin nih untuk siapapun yg baca blog ini...minumlah jus tomat tiap pagi.percaya deh...manfaatnya gede banget...dirasa maupun dilihat! ;)
 
aku sih baru 2 hari ini konsumsi tomat
abis rasanya kurang sip tapi yach di paksain aja klo inget manfaatnya
 
kulit saya jadi halus dan segar .....karena saya setiap hari minum jus tomat 2 buah.......bener loh!
 
Saya coba jus tomat karena buah ini gampang banget dicari dan harga msh terjangkau..dan setiap hari saya selalu sempatkan minum jus tomat, hasilnya...saya jarang sariwan, kulit halus dan tidak berjerawat...coba deh
 
iya dech gua mau coba, tapi usiaku sudah 50 tahun kira-kira bisa nggak kelihatan seperti 30 tahunan bila minum jus tomat tiap hari???
 
Back
Top