Tentang Uni Soviet

nyamuknet

New member
Ada yang tahu nggak gimana sejarahnya Uni Soviet bisa bubar alias hancur? kalah dalam 'Cold War' melawan AS dan sekutunya?
 
uni soyet berubah jadi rusia pada tanggal 25 december 1992 pada masa pemerintahan mikhael gorbachev. ini juga akibat campur tangan america.
ckck dasar amerika suka mencampuri urusan negara lain.
 
Iya... bagaimana sebabnya Soviet bisa hancur? maksud gw apa sebabnya?
Atau lebih tepatnya lagi, apa yang dilakukan CIA dan MI sehingga soviet bisa bubaran?
 
uni sovyet adalah salah satu negara super power setelah perang dunia kedua, selain amerika. mereka berdua saling berlomba mengembangkan kekuatan militernya, baik dari nuklir, pesawat, kapal perang dll.

memang di era perang dingin militer sovyet terlihat lebih OK, senjata AKA 47, nuklir yg hebat, dan angkatan tempur yang kuat. tapi hal tersebut tidak diimbangi oleh dasar2 ekonomi yang kuat. terlalu sibuk mengurusi kekuatan militer membuat ekonomi negara menjadi rapuh.

di awal2 90an, terjadi krisis ekonomi yang dahsyat di sovyet, hal ini juga ikut mempengaruhi politik. akhirnya banyak negara2 bagian yang melepaskan diri.

sekarang tinggal satu negara adi daya AMERIKA.

tapi sekarang sisa2 sovyet,RUSIA, walau belum sekuat sovyet dulu, tetap berusaha menyaingi amerika. sering putusan2 DK PBB amerika di veto oleh Rusia.

lumayan, biar amerika ga seenak2nya memainkan peranannya di dunia ini.
 
Back
Top