Matius 6:33

revey

New member
Adalah mutlak setiap umat beragama mengenal pribadi Tuhannya, mengenal namaNya yang kudus, supaya dapat bersyukur, berdoa, memuji, menyembah, dan memuliakan DIA dalam ibadah, menikmati dan merasakan jamahan / kehadiran Nya yang agung, memasyurkan nama Nya yang kudus untuk menjadi berkat bagi semua orang. (Mazmur 8:10 ; 18:50, Matius 6:9) marilah kita mencari kerajaanNya beserta ?kebenaranya? (Matius 6:33), ada waktunya Tuhan kembali melawat umatNya untuk memperbaiki yang keliru, memulihkan dan menyempurnakan ( Kisah 14 : 16 , 17 : 30 ; Daniel 12 : 4 & 9 ; Kolose 1 : 26 ; 1 Korintus 13 : 10 ; Kisah 3 : 21 )
Pergumulan Intern Umat Kristen di Indonesia Tentang Nama Tuhan adalah sbb:
1. Bolehkah manusia menerjemahkan / merobah nama TUHAN di sesuaikan dengan budaya bahasa setempat ?.
? Yeremia 2:10 -11 Menyeberang sajalah ke tanah pesisir orang Kitim dan lihatlah; suruhlah orang ke Kedar dan perhatikanlah dengan sungguh-sungguh! Lihatlah apakah ada terjadi yang seperti ini: pernahkah suatu bangsa menukarkan allahnya meskipun itu sebenarnya bukan allah? Tetapi umat-Ku menukarkan Kemuliaannya dengan apa yang tidak berguna
? Keluaran 3:15 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: YHWH, Tuhan nenek moyangmu, Tuhan Abraham, Tuhan Ishak dan Tuhan Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun
? Imammat 24:22 Satu hukum berlaku bagi kamu, baik bagi orang asing maupun bagi orang Israel asli, sebab Akulah YHWH, Tuhanmu."
2. Apa nama Pribadi Tuhan yang asli / sahih ? Siapa yang memiliki otoritas untuk menyatakan nama pribadiNya ? Manusia atau Tuhan sendiri?.
(Perhatikan Kamus Alkitab terbitan LAI pada bagian akhir dari Alkitab mengenai kata TUHAN atau di Kamus Alkitab elektronik versi 2.0.0 )
? Yeremia 16:21 "Sebab itu, ketahuilah, Aku mau memberitahukan kepada mereka, sekali ini Aku akan memberitahukan kepada mereka kekuasaan-Ku dan keperkasaan-Ku, supaya mereka tahu, bahwa nama-Ku YHWH."
? Yeremia 33:2 "Beginilah firman YHWH, yang telah menjadikan bumi dengan membentuknya dan menegakkannya ? YHWH ialah nama-Nya --:
? Amsal18:10 Nama YHWH adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat.
? 1 Raja - raja18:39 Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: "YHWH, Dialah Tuhan! YHWH, Dialah Tuhan!"
? Yesaya 42 : 8 ; 45 : 5
3. Kontroversi tentang nama ?YHWH? (tetragamon) sebutannya ?YAHWEH?, betulkah itu nama Tuhan orang Kristen yang asli atau sesat ?
? Keluaran 34:6 Berjalanlah YHWH lewat dari depannya dan berseru: " YHWH, YHWH, Tuhan penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,
? Keluaran15:11 Siapakah yang seperti Engkau, di antara para illah, ya YHWH; siapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, Engkau pembuat keajaiban
? Imammat19:12 Janganlah kamu bersumpah dusta demi nama-Ku, supaya engkau jangan melanggar kekudusan nama Tuhanmu; Akulah YHWH..
? Wahyu 15 : 3-4

4. YAHWEH Tuhan Israel, kita orang Kristen Indonesia tidak perlu memanggil namaNya, panggil Tuhan sesuai konteks Indonesia, sebab bahasa bangsa-bangsa juga dari Tuhan?.. Benarkah?
? Mazmur 33 : 12 ; Mikha 4 : 5 ; Zakharia 14 : 16-18 ; Yesaya 2 : 3.

5. Nama tidak penting, yang penting hati menuju ke atas walaupun nama Tuhan di sebut dengan nama apa saja sesuai bahasa dan budaya ?.benarkah?
? Keluaran 20 : 7 ; Hosea 4 : 6 ; Keluaran 3:15 ; Matius 15 : 9
6. Banyak nama dari Tuhan orang Kristen, karena penerjemahan ke berbagai bahasa bangsa ? bangsa , apakah hal itu di jamin tetap Valid?
? Yeremia 23 : 27 ; Galatia 1: 6-10
7. Bolehkah orang Kristen menukar TuhanNya (atau menggantinya dengan Tuhan dari agama lain?)?..
? Yehezkiel 8 : 9-12,14,16 ; Yeremia 2 : 8 ? 11 ; Keluaran 23 :13 ; Imammat 24 : 22
8. Akar atau asal iman Kristen dari mana? (Syria, Arab, Yunani, Romawi, atau Israel, atau dari dunia yang mana?. ?)
? Yesaya 2 : 3-4 ; Ibrani 7 : 14 ; Yohannes 4 : 22 ; Roma 3 : 1 ? 2 ; 11 : 17 ? 23 ; Efesus 3 : 6
9. Bolehkah manusia menolak YHWH ?
? Maleakhi 2 : 1 ? 6 ; Yesaya 63 : 10
10. Umat pengagum / penyembah YHWH apakah ? sekte yang harus di hindari? atau ? pemberani yang mengungkap kebenaran Firman Tuhan ? ?.
? Hosea 4 : 6 ; Zakharia 2 : 1 ? 6 ; Imammat 24 : 16 ; Wahyu 14 : 1

Latar Belakang Sejarah terjadinya penyesatan
Mengapa nama Tuhan YAHWEH di lupakan ?

1. Penyesatan oleh Nabi Pemandu Spiritual : nabi dengan dalih mendapat Inspirasi / wahyu kemudian mereka ? bernubuat ? dan merancang supaya umat Tuhan meninggalkan nama YAHWEH, muncullah argumentasi bahwa nama Tuhan YAHWEH bisa di rubah. (Yeremia 23 : 25 ? 27)
2. Penyesatan yang di lakukan oleh pemimpin spiritual (Imam) :
- Pada tahun 1450 sebelum Kristus, Imam HArun mengijinkan Penyembahan berhala dengan lembu emasnya akibatnya Dua Loh Firman YAHWEH di pecahkan.
- Tahun 680 sebelum Kristus kepada Nabi Yehezkiel telah di wahyukan oleh Tuhan, akan terjadi penyesatan di israel di bait suci (Yehezkiel 8 : 9 ? 16). Ibadah sudah bukan kepada YAHWEH tapi penyembahan kepada yang lain, hingga menimbulkan murka YAHWEH.
3. Penyesatan yang di lakukan oleh pemimpin sekuler (raja). Paganisme di Israel telah di mulai sejak zaman Salomo ( Penyembahan Dewa & dewi : Asytoret, Molok, Milkom, Kamos),Kemudian Yerobeam (lembu Emas), dan raja ? raja israel selanjutnya (1 Raja-raja 11 : 4 ? 11). Akibatnya kerajaan Israel tercabik ? cabik bangsa Israel di tawan
4. Tahun 250 SM ada 72 Rabi YAhudi di Alexandria Mesir Utara, menerjemahkan kitab ? saptuaginta ? terjemahan pertama ini, YHWH di tulis dalam Palaeo Hebrwe (huruf Ibrani kuno)tetapi 400 tahun kemudian saptuaginta menjadi permulaan penggantian kata YAHWEH ?Ke? atau ?Ky? bentuk singkat dari kata Kurios, yang seterusnya nama Tuhan di ubah ? ubah di sesuaikan dengan budaya dan bahasa bangsa ? bangsa di dunia, yang bertentangan dengan Keluaran 3 : 15 dan Wahyu 22 ? 18 ? 19.


Latar belakang Teologis kebenaran nama Tuhan YAHWEH

? Sesuai suara Tuhan kepada nabi Daniel sekitar Tahun 536 Sebelum Masehi (Daniel 12 :4 , 9), orang kudus pada akhir jaman akan menyelidiki dengan teliti tentang kebenaran Firman YAHWEH dan mereka akan menerima pewahyuan (pembukaan rahasia tersembunyi). Umat YAHWEH percaya dan telah membuktikan bahwa nama YAHWEH dalam Tetra-gramaton di tulis YHWH adalah nama diri Pribadi Tuhan yang sesungguhnya dan sudah terakta sejak 3450 tahun lalu (1445 BC + 2004 AD, dalam Kitab Sci Kristiani bahasa asli Ibrani Perjanjian Lama yang di sebut ?Tanakh?, dan juga dalam naskah Kitab Suci Perjanjian baru yang di sebut ?Besorah? (bre?et Hadasha / Haverit Hadasha) tercatat nama Tuhan ?Yahweh? lebih 6900 kali di sebutkan dan kata Elohim (bahasa Ibrani) yang artinya ?sesembahan Yang Maha Tinggi? 2500 kali di sebutkan. YAHWEH Tuhan Sang Pencipta berkomunikasi dan menyatakan kehendak-Nya serta berbicara melalui para nabi menggunakan bahasa Ibrani. Penggantian nama diri pribadi Tuhan YAHWEH yang kita sembah dalam YESUS Kristus Sang Juruslamat, tidak pernah di rekomendir Bapa YAHWEH baik dalam Tenakh (PL) dan juga dalam BESORAH (PB) (Keluaran 3:15; 34 :5-6 ; Yohannes 14 : 9-11; 17 ? 11; Wahyu 22 : 18 -19).
? Perubahan nama YAHWEH menjadi Kurios adalah hasil terjemahan usaha manusia, bukan hasil inspirasi / wahyu dari ROH KUDUS. Mengapa nama YAHWEH diganti ? adalah usaha para Rabbi untuk menghindari menyebutkan / menuliskan YAHWEH.
Pertama : KArena ribuan orang Israel yang di buang di Babel mereka telah terkontaminasi Paganisme / Heatenisme Culture Babel. Kecuali Misael Hananayah, Azaryah, dan Daniel, (di babel mereka di berikan nama lain. Daniel 1 : 7). Sekembalinya dari pembuangan di Babel bangsa Israel merasa tidak layak lagi menyebut / memanggil nama yang kudus YAHWEH. Dalam literatur Yahudi pra Mesias, yaitu Misnah di katakana sbb: [??di tempat suci, seseorang mengucapkan Sang Nama sebagaimana tertulis, namun di luar tempat itu, harus dengan bentuk euphemisme? [Misnah Sotah 7:6; Berakhot Sotah 38b; Misnah Tamid 7:2] Setelah penghancuran Yerusalem pada tahun 70 Ms, mazhab Yahudi Prushim [Farisi] melarang penggunaan nama itu. Berdasarkan ?halakha? [keputusan rabinik], mereka menyatakan bahwa nama itu ?tersembunyi? [Berakhot Pesakh 50a] dan ?harus dirahasiakan? [Berakhot Kiddush 71a][f1]. Kedua : salah implementasi ayat kitab suci Keluaran 20 : 7, telah salah di pahami sehingga nama YAHWEH tidak di sebut sama sekali, sehingga telah terjadi pergantian nama Tuhan. Pada hal nama YAHWEH harus di panggil, di serukan , di masyurkan di semua tempat bahkan jangan diganti dengan nama lain.
(Yesaya 12 : 4, 24 : 14-15, Mazmur 105 : 1-3, 1 Tawarikh 16 : 8, Mazmur 34 : 4.).
Dari Kurios, seterusnya perubahan / penggantian karena terjemahan terjadi, yaitu selanjutnya dengan Deus, Dominius (latin), Heere, Got, (belanda), God (inggris), Allah (Indonesia).
? Pewahyuan / Inspirations kebenaran Kitab Suci adalah tidak pernah salah, tidak cacat, tidak dapat di persalahkan, karena sesuatu yang dari Tuhan tidak pernah salah , tetapi Penulisan / terjemahan dari manusia bisa kelirukarena manusia tidak luput dari keterbatasan pengetahuan, Contohnya nats Alkitab Yehezkiel 34 : 16 dalam bahasa asli (IBRANI) maupun bahasa inggris, mengatakan ???? ?but I will destroy the fat and the strong;???.? (??..yang gemuk dan yang kuat akan ku hancurkan???..), dalam terjemahan versi LAI sekarang, ayat 16 tersebut kata Kuhancurkan (I will destroy), telah diganti dengan kulindungi.
Kata Allah, adalah nama Tuhan umat muslim yang tertulis di Alqur?an, tidak ada sama sekali dalamm kitab suci Kristen bahasa asli. Mengapa itu bisa ada dal;am kitab suci kta sekarang?...... nama itu bukan ada karena Wahyu dari Tuhan, tetapi di hasilkan oleh terjemahan?..
Ada waktunya Tuhan kembali melawat umatnya untuk memperbaiki yang keliru, memulihkan, menyempurnakan.


Latar Belakang Biblikal ?YAHWEH? Tuhannya orang Kristen

Kutab Suci Perjanjian Lama (TaNaKH) memberikan kesaksian yang kokoh bahwa YAHWEH adalah :
? Nama Pencipta Langit dan Bumi
-Kitab suci mengatakan : Ezri meim Yahweh osheh shamayim wa arets?, yang artinya ?pertolonganku ialah dari YAHWEH yang menjadikan langit dan bumi?.(sefer Tehilim / Kitab Mazmur 121 : 2 ) ..??..elohei olam Yahweh bore qetsot ha?arets? yang artinya ? YAHWEH elohim kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung? ( Safer Yesayahu/ Kitab Yesaya 40 : 28 ).
? Nama Yang Maha Kuasa (Elohim / Tuhan)
- Kitab Suci mengatakan ?Ani Yahweh wein od zulati ein Elohim?.? Yang artinya Akulah YAHWEH dan tidak ada yang lain kecuali aku tidak ada Elohim??? (Sefer YesaYah / Kitab Yesaya 45 : 5)
? Nama Sesembahan Abraham, Iskak dan Yakub.
Kitab suci mengatakan, ?.. Yahweh, Elohei avetakem, Elohei Avraham, Elohei Yitshaq we Elohei Yaaqov shelakhmi aleikhem, ze syemi le olam, we ze zekrei ledor dor? yang artinya YAHWEH Elohim nenek moyang mu, Elohim Abraham, Elohim Ishak, dan Elohim Yakub, telah mengutus Aku kepada mu, inilah nama-Ku untuk selama-lamanya dan inilah pengingat-Ku turun-temurun. (dari generasi yang satu ke generasi selanjutnya adalah ?permanent? tisak boleh di ubah oleh siapapun) Safer Shemot / Kitab Keluaran 3:15.
? Nama Bapa Surgawi
- Kitab suci mengatakan We atta Yahweh abinu?.? yang artinya, ? Engkaulah YAHWEH Bapa kami?? (Safer YesaYAh / Kitab Yesaya 64 : ; ?Abinu syebas hamayim yitkadas semekha? artinya ?Bapa kami di dalam surga di kuduskanlah nama-Mu (Safer Matiyahu / Kitab Matius 6 : 9)
? Nama Sesembahan yang benar
- Kitab Suci Mengatakan ? Wa Yahweh Elohim emet?? yang artinya , ? dan YAHWEH adalah Elohim yang benar?.? (Sefer YermiYah / Kitab Yeremia 10 : 10)
? Nama yang harus di panggil
- ?hodu la Yahweh yiqru bi shemo? yang artinya : bersyukurlah pada YAHWEH, panggilah nama-Nya ? 1 Tawarikh 16 : 8
? Nama Tuhan Juruselamat
?Ani Yahweh we ein od Elohim mibalada El tsadiq uMoshia eyin zulati? yang artinya ?Akulah YAHWEH, tidak ada Elohim lain selain Aku Elohim yang adil dan juruselamat, tidak ada yang lain. Sefer Yesayahu 45:21
* Kitab Perjanjian Baru (Besorah) memberikan kesaksian yang kokoh bahwa nama YAHWEH adalah :
- Nama Bapa Surgawi (matius 6:9)
- Nama yang di berikan oleh YAHWEH kepada Yahshua / Yeshua (Yoh 17:6)
- Nama sang pencipta yang telah menyatakan diriNya kepada manusia dengan rupa manusia melalui firmanNya yang menjadi manusia oleh perantaraan Roh Kudus ( Matiyah / Matius 1 : 18 ; Yokhanan / Yohannes 1:1,14; I timotius 3 : 16)

Latar Belakang Akademis
? Bukti Alkitabiah menyatakan bahwa Tuhan Yesus dan para Murid bertutur dalam bahasa Ibrani Kisah 26 : 14 ; Yohannes 20 : 16 ; Kisah 21 : 40
? Yesus / Yahsua berkhotbah mengajar umat, juga Paulus, selalu mengutip ayat dari perjanjian lama yang adalah bahasa Ibrani.
? Dukungan Literature yang menyetujui beberapa bagian dalam perjanjian baru di tulis dalam bahasa Ibrani, antara lain :
1. DC Mulder, Pembimbing Perjanjian Baru, BPK Gunung Mulia, 1970
2. Drs. B.f. Brewes, Satu Injil Tiga Pekabar, BPK Gunung Mulia, 1989
3. DR. C Groenen OFM, Pengantar dalam Perjanjian Baru, Kanisius, 1929
4. F. Bruce, dokumen ? dokumen Perjanjian Baru, BPK Gunung MUlia 1933
5. Matthew Black, An Aramic Approach at the Gospel and Act
6. Prof. CF. Burney, The Aramic Original of The Fourth
7. Dr. James Scott Trimm, The Semitik Original of the New Testament
8. R.B.Y Scott, The Original Language of the Apocalypse
? KESAKSIAN BAPA_BAPA GEREJA
-Yosepus : Sarjana Yahudi yang tidak dapat berbahasa Yunani dan bangsa sejamannya di abad pertama (30-100M) menulis : ?i have also taken a great deal of pains to obtain the learning of the Greek, and understanding the element of the Greek language although i have so long accustomed my self to speak our own language that I can't pronounce Greek with sufficient extantness for our nation does not encourage those that learn language of many nation.?(antiquites,20:11:2)
-Papias : Bapa Greja yang berhubungan dengan para Rasul (150-170M) mengatakan : ?Matthew composed the words in the Hebrew dialect and reach translated as he was able?. (Eusebius Eccleciastical History, 3:39)
-Rabinic Yahudi (para Rabbi) dalam kesaksian tulisannya mengatakan bahwa, mereka berusaha memusnahkan Kitab injil milik sekte Nasrani, namun di dalamnya tertulis nama YHWH yang tertulis sangat sacral.
-Dr. James Trimm menulis, ?it has long been recognized that the New Testament is written in very poor Greek grammar , but in very good Semitic grammar? (Introduction The Hebraic Root Version, New Testament, 2001. p.xvii)
Juga Dr. james Trimm telah menerjemahkan dan menerbitkan naskah perjanjian baru semitik ke dalam bahasa Inggris dengan judul ?The Hebraic Root Version New Testament? , terjemahan ini di dasarkan pada Naskah Kuno Perjanjian Baru Semitik, seperti teks MAtius versi Muster, Du Tillet, Sem Tob dan Crauford, serta PESITA perjanjian Baru, juga Old Syriac.
- David Bivin & Roy Blizzard Jr Menjelaskan : ?many scholars in Israel are now convinced that the spoken and weitten language of the jews in the land of Israel at time of Jesus was indeed Hebrew, and that the synoptic Gospel were drived from original Hebrew sources?. (Understanding the Difficult Word Of JESUS, Destiny Image Publisher,2001,p.17)
Pernyataan Bapa Gereja , para sejarawan, termasuk para teolog yang menyatakan ?bahwa perjanjian baru di tulis pada mulanya dalam bahasa Ibrani, Transileration selanjutnya dan pengkanonannya di tulis dalam bahasa Yunani.? Yang di kenal dengan nama Saptuagint, jadi kalau Perjanjian BAru awalnya di tulis dalam bahasa Ibrani berarti nama Tuhan adalah YAHWEH, tidak mungkin nama Tuhan memekai nama ?Kurios? atau gelarnya ?Theos?. INGAT? KELUARAN 3:15 nama Tuhan YAHWEH bersifat kekal dan tidak bisa diganti oleh siapapun.
? Kesaksian Dictionary, Commentary, Lexicon.
Sebahagian besar para Teolog mempercayai dan membuktikan bahwa nama YAHWEH adalah nama Sang Pencipta yang tertulis dalam naskah Kitab Suci. Pernyataan mereka tersusun dalam berbagai buku, dictionary, commentary, antara lain :
- Jewish Encyklopedia : ?Rabinical Literatur? ? The name YAHWEH is considered the Name proper? (Vol IV,p.162)
- Seventh Day Adventist Bibble Commentary : And the name above all other that was looked upon as the name, the personal name of God, was ?YAHWEH? (vol 1, p.172)
- Alkitab terbitan LAI : pada kamus Alkitab halaman 343 dari perjanjian baru pada Alkitab terbitan LAI Jakarta 1987, TUHAN, Salinan dari nama Allah Israel, Yahweh.
- Wycliff Bible Encyklopedia : ?The name par excellence for the creator of Israel is YAHWEH, found 6.823 times in the Old Testament (VolII,1975, P.690)
- Encyklopedia Judaica : ?The true pronunciation of the name ?YHWH? was neve lost, Several early Greek writers of the Christian Church letify that the name was pronounced ?YAHWEH? (Vol VII, 1972, p.680)
- The Random House Dictionary of the English Language : ?YAHWEH? a name of god, transliterated by scholar from Tetragramaton and commonly rendered Jehovah. (by Jess Stain, Laurance Urdang. Copyright 1969 by Random House Ink P.1652)
- Unger?s Bible Dictionary : ?YAHWEH?, the Hebrew Tetragramaton (YHWH) traditionally pronounced ?Jehovah? is Known to be correctly vocalized ?YAHWEH? (Meril F. Unger, 1957, p.1177)

Setelah para Rasul YESUS (ibr. Yahushua / Yeshua) naik ke surga, eksistensi nama ?YAHWEH? masih di akui dan tetap di ketahui serta di panggil dalm komunitas ibadah Kekeristenan, jelas dalam translitetrasi di bawah ini. Sejarha mencatat bahwa :
- Clement dari Alexandria : (meninggal thn 212M) menyebutkan dengan ?Iaove? atau ?Iovai? (dalam beberapa manuskrip, ?Iaov?).
- Origenes (meninggal thn 254M) menyebut denga ?Ian?
- Ephipanius (Meninggal thn 404M) menyebut dengan ?Iabe? (dalam manuskrip ?Iave?)
- Theodoret (meninggal thn 457M) menuliskan bahwa orang ? orang Samaria menyebutnya dengan ?Iabe? (atau ?Iapa?) [the encyclopedia Britannica, Ed 11. Vol 12}
Jadi sampai Tahun 457 nama YAHWEH di ucapkan orang Kristen walaupun vokalisasinya ada perobahan, namun tetap merujuk pada pribadi Yang Maha Kuasa yaitu ?YAHWEH?.


MATIUS 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Tuhan dan ?kebenarannya?, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
 
Back
Top