Naiknya Harga Batubara Didukung Kenaikan Mantap Minyak Dunia

adidananto

New member
coal4-700x357.jpg




Harga batubara Rotterdam pada akhir perdagangan Jumat dini hari tadi kembali berhasil membukukan peningkatan yang cukup signifikan (10/7). Harga batubara acuan global untuk kontrak Agustus mulai naik untuk 2 sesi berturut-turut setelah 5 sesi melemah.

Kenaikan harga batubara untuk sesi kedua ini didukung juga oleh kinerja harga minyak mentah yang cukup mengesankan. Harga minyak ditutup menguat tajam setelah bursa saham Tiongkok membaik. Potensi permintaan bahan bakar minyak di Amerika Serikat juga meningkat jelang musim mengemudi di musim panas.

Harga batubara terpukul mundur selama 5 sesi sebelumnya akibat anjloknya harga minyak mentah. Kebangkrutan Yunani dan ketidakjelasan mengenai kelanjutan perundingan mengenai program nuklir Iran telah mengakibatkan harga minyak terjun bebas. Anjloknya harga minyak mentah membebani pergerakan harga batubara yang merupakan komoditas sumber energi alternatif.

Akan tetapi di akhir perdagangan dini hari tadi harga batubara kembali memperoleh dukungan menguat. Batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Agustus ditutup pada posisi 58,40 dollar per ton. Harga komoditas tersebut membukukan kenaikan sebesar 0,20 dollar atau setara dengan 0,34 persen dari posisi penutupan


 
Back
Top